Bandung Bogor via Bis dari Leuwipanjang

Sudah lama UC mau tulis ini, tapi terlewat terus. Maklum, hanya punya 1 foto yang disimpan. Kira-kira 6 bulan lalu lah ini diambil fotonya. Waktu itu kebetulan ke Bandung untuk suatu urusan. Memang, perginya via mobil Cipaganti. Alternatif utama saat ini, yaitu mobil travel sekelas Cipaganti atau Day Trans. Nyaman, cepat dan tak menunggu lama.

Namun saya penasaran, dan tiba-tiba (bad habit) ingin, jalan-jalan saya lebih hemat,  dan memang penasaran dengan “nasib” bis bandung-bogor yang sepuluh tahun lalu berjaya. Saya ingat, perjalanan via Puncak untuk mencapai Bandung. Empat Jam. Pulangnya, sama.

Sekarang, sejak ada tol Cipularang yang bablas langsung Jakarta-Bandung, bis-bis yang mangkal di Bogor pun merubah rutenya, masuk tol Jagorawi (persis di depan terminal Baranangsiang) langsung via tol menuju Bandung.

Ternyata, dari sekitaran Dago menuju Leuwipanjang lumayan lama. Harus menunggu bis Damri pula. Padahal, travel-travel Cipaganti dkk itu “mangkal” diseputaran sana. Intinya ditengah kota-lah. Kurang lebih setengah jam baru sampai ke Leuwipanjang.

Langsung saya cari Bis menuju Bogor. Yup ada ternyata. Langsung deh saya naik. Menunggu kurang lebih setengah jam, terasa benar perbedaannya dengan sepuluh tahun lalu. Dulu, langsung ya lumayan penuh. Sekarang, sudah setengah jam baru lima orang terisi.

Bis pun berangkat. Rupanya walau sepi, tetap ada aturan waktu dari mereka (timer dan sopir). Setengah jam harus berangkat, paling lama 45 menit. Saya belum merasakan 1 jam sih.

Di jalan, saya pikir akan bertambah banyak. Namun hanya ada tambahan 2 penumpang saja. Kalau dibandingkan 10 tahun lalu berbeda sekali. Selain itu, televisinya tidak ada. Dulu, full video klip Sunda hehe..

Saking sepinya, saya malah was-was jangan-jangan sopir mengantuk soalnya perjalanan panjang.

Bis Bandung-Bogor sudah sangat sepi

 

Harganya? Rp 35rb kalau ngga salah, atau Rp 40rb. Berbeda lumayan dengan Cipaganti yang Rp 65rb (kalau ngga salah ya maaf ingetan saya emang parah kalau masalah duit #eaaaa).

Selain itu, di terminal banyak sekali penganan oleh-oleh yang bisa dibeli. Di toko-toko, asal bisa tawar-tawar. Dulu, sepuluh tahun lalu saya langsung menyantap Masakan Sunda di seberang terminal, prasmanan khas dengan lalapan dan sambal yang luar biasa pedas.

Bedanya lagi, memang via terminal artinya “muter” dan gak praktis. Sebab kalau via travel, Anda bisa nongkrong di Dago, Buah Batu, Cihampelas dan sekitar itu lah.  Bisa jalan-jalan dulu paginya kalau siangnya berangkat pulang ke Jakarta atau Bogor.

Tiba di Terminal Baranangsiang, langsung nyebrang, naik angkot 17 dan tadaa… langsung di depan rumah hehe..

Demikian update blog ini semoga berkenan!

Apa Pendapatmu?

66 Comments

  1. Rico says:

    Kang kalo dari bogor ke bandung tepat a ke BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA naik bis apa ya?

  2. leli says:

    akang punten mau tanya,
    kalo dari baranangsiang mau ke balitsa lembang(jl. Tangkuban Perahu) rutenya gimana ya akang?
    nuhun.

  3. chandra adiyaksa says:

    kang mau tanya bis bogor bandung 24 jam?

  4. koez says:

    kang kalo bis ke bogor yg berangkat pagi dari leuwipanjang jam berapa ya, saya mau ke cimande caringin bogor kalo dari terminal baranang siang naik apa yah hatur nuhun infona.

  5. koez says:

    kang mau tanya kalo bis yg ke bogor yg pertama berangkat pagi sekali jam berapa ya dari leuwi panjang terus saya mau ke cimande caringin bogor naik apa dari terminal baranang siang thanks infonya.

  6. ivada says:

    Kang,mau nanya kalo dari bandung mau ke ciawi ada yang langsung?naik bis apa?saya mau ke spn lido,bisa minta tolong infonya kang naik apa dari ciawi?nuhun kang

  7. husein says:

    mo nanya, kalo dari bandara jakarta , mau ke ciawi …..gimana ya caranya…? naik bis ke bogor dulu atau ke bandung dulu, baru lanjut ke ciawi ? atau ada yg langsung bandara jakarta ke ciawi ?

  8. Nita says:

    mau tanya dong,,
    klo dr leuwi panjang mw ke bogor itu naek bis apa ya yg lewat terminal baranang siang???
    klo bisa sih yg nyampe warung jambu langsung,,,
    mksh…

  9. Khusni says:

    Kang kalo dari lwi pnjang mau k cibinong pke bis apa ya.?
    Ongkosnya brapa., trus byarnya d loket apa lngsung sma kondekturnya :D

  10. Ardhiansyah masian says:

    Numpang tanya kang, Bandung – citereup bogor berapa lama ya?

    • kebud says:

      kalo lancar dr masuk toll bandung sampai keluar toll citeureup ga spi 2 jam bis MGI Bandung- Cibinong

  11. Adhye says:

    Ass. punten bade naroskeun.. sy dr gunung putri bogor, pengen ke tangkuban perahu bandung tpi blm pernah ksana.. Rencana sih mw pke mbil pribadi.. Mohon pencerahannya. Haturnuhun kang

    • nununuy musa says:

      w3. sy dr bdg.untuk sekarang2 mending jangan dl karena statusnya blm terlalu aman

  12. awan says:

    mw nanya kang? kalo dr trminal baranang siang ke daerah kedung halang naek angkot/angkutan apa? kbtulan sya ada rencana ke bogor.. mksh infonya

  13. ai nurapifah says:

    Mo nanya ni kang,kbtulan ada rencana ke bogor dlm wkt dkt…klo dr leuwi pnjng bis paling pg jam brp y?bis yg nyaman ada apa aja?? Kbtulan pp. ..ntr dr bogor bis yg k bandung paling akhir biasa ny jam brp y?nuhun

  14. deny says:

    kang mau tanya,klo dari terminal baranangsiang ke cilebut naik angkot/kendaraan apa ya??nuhun

  15. adi says:

    kang saya mau ke bandung tp ke terminal cicaheum nya, caranya gimana yah?
    sya dr Bogor
    nuhun!

  16. Hendra Setiawan says:

    punten, mau tanya nih
    dari bandung mau ke Unpak Bogor naik apa aja ya yang cepat?nuhun..

  17. Mahend says:

    Kang, kalo bis ke Bogor dari bandung paling pagi jam berapa ya?

  18. Fairus says:

    Kang mau tanya *ikut2an yg lain tanya rute haha*
    Saya kebetulan mau ke PT. Boehringer Ingelheim di Bogor (JL. Lawang Gintung No. 89). Kebetulan saya dari Bandung. Saran akang naik apa ya dari leuwi panjang sampai ke Jl. Lawang Gintung? (kalau lihat di google map dekat dengan daerah Tajur, Bogor)
    makasi kang :)

  19. klo yg dari sekitaran Taman Safari, mau ke Bandung pake bis apa ya?
    trus yg paling malem jam berapa ya?
    thx.. :)

  20. intanpratiwi says:

    kang mau tanya, klo ke bandung, cepet lewat cipularang atau via puncak ya?
    hatur nuhun..

  21. Irene says:

    Punteun Kang mau tanya kalau dari Terminal Baranangsiang ke daerah Wangun bawah-Sindangsari naik angkutan apa ya? Hatur Nuhun.

  22. hendra says:

    maap mau tanya dari bogor ke bandung tepat nya ke jalan Restoran Kopitiam Oey Jl. Braga No 45 Bandung turun nya dmna trima kasih

  23. wirid says:

    kalau dari safari garden mau ke bandung itu naik apa ya yang paling cepat? nuhun sebelumnya

  24. herman says:

    Mau tanya kang.., setelah dari Terminal Bogor sampai Terminal Leuwipanjang Bandung dilanjut ke Cihampelas….., naik apa yah..? Hatur nuhun

  25. v-pradja says:

    Kang,punten mau tanya,kalo dari terminal baranangsiang ke pool bus damri bogor teh naek apa ya? Bingung nih.. Nuhun ya kang.

  26. Abi Rafa says:

    Kang, kalo yang dari leuwipanjang-bogor itu lewat puncak-cianjur ga ? dulu waktu bis masih mampir UKI , saya bandingin lebih cepat sampe meski tetep nyambung omprengan buat nyampe Bogornya .. cuma waktu nyobain yang langsung Bogor (via puncak) lumayan beda jauh euy nyampe bogornya ..

  27. rhachabundpaph says:

    maaf, mau tanya nih, aq berencana ke kampus s1 ipb yang di darmaga, cmannya aq ga tau hrs naik apa aja klo dari leuwipanjang sampe sana, mhon bantuannya ia….

  28. Agus Muhaemin says:

    All : pengen tanya donk,

    kalo dari bandung pengen ke ciawi bogor naik bis apa ya ?

    kira-kira harga tiketnya berapa sekarang ?

  29. rena says:

    Bandung ke bogor via bus yg lewat cipularang berapa jam ‎​ݪªª?trus skrg ongkosnya berapa?

  30. Sate Kabayan says:

    nuhun ah inpona :)

  31. agus says:

    wah..thanks ya info dan ceritanya…:)

  32. unggulcenter says:

    Jaket sih masuk akal.. la sarung? hihi.. apek lagi tu sarung

  33. Miftahgeek says:

    Kalo saya biasa naek GMI ke Bandung kalo dari Bogor kang, cuman AC nya itu lho, dingin banget. Biasanya ga lupa bawa jaket ama sarung buat mengatasinya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Intellectuals Networked

Iseng Dijual by UC

Fast & Most Reliable Domain Hosting Services!
Toko Online Gratis

My Books

Intellectual Visits

free counters

free web counter

Tweet with UC

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Switch to our mobile site