Bandung Bogor via Bis dari Leuwipanjang
23/07/2011 By [email protected]
Uncategorized

Sudah lama UC mau tulis ini, tapi terlewat terus. Maklum, hanya punya 1 foto yang disimpan. Kira-kira 6 bulan lalu lah ini diambil fotonya. Waktu itu kebetulan ke Bandung untuk suatu urusan. Memang, perginya via mobil Cipaganti. Alternatif utama saat ini, yaitu mobil travel sekelas Cipaganti atau Day Trans. Nyaman, cepat dan tak menunggu lama.

Namun saya penasaran, dan tiba-tiba (bad habit) ingin, jalan-jalan saya lebih hemat,  dan memang penasaran dengan “nasib” bis bandung-bogor yang sepuluh tahun lalu berjaya. Saya ingat, perjalanan via Puncak untuk mencapai Bandung. Empat Jam. Pulangnya, sama.

Sekarang, sejak ada tol Cipularang yang bablas langsung Jakarta-Bandung, bis-bis yang mangkal di Bogor pun merubah rutenya, masuk tol Jagorawi (persis di depan terminal Baranangsiang) langsung via tol menuju Bandung.

Ternyata, dari sekitaran Dago menuju Leuwipanjang lumayan lama. Harus menunggu bis Damri pula. Padahal, travel-travel Cipaganti dkk itu “mangkal” diseputaran sana. Intinya ditengah kota-lah. Kurang lebih setengah jam baru sampai ke Leuwipanjang.

Langsung saya cari Bis menuju Bogor. Yup ada ternyata. Langsung deh saya naik. Menunggu kurang lebih setengah jam, terasa benar perbedaannya dengan sepuluh tahun lalu. Dulu, langsung ya lumayan penuh. Sekarang, sudah setengah jam baru lima orang terisi.

Bis pun berangkat. Rupanya walau sepi, tetap ada aturan waktu dari mereka (timer dan sopir). Setengah jam harus berangkat, paling lama 45 menit. Saya belum merasakan 1 jam sih.

Di jalan, saya pikir akan bertambah banyak. Namun hanya ada tambahan 2 penumpang saja. Kalau dibandingkan 10 tahun lalu berbeda sekali. Selain itu, televisinya tidak ada. Dulu, full video klip Sunda hehe..

Saking sepinya, saya malah was-was jangan-jangan sopir mengantuk soalnya perjalanan panjang.

Bis Bandung-Bogor sudah sangat sepi

 

Harganya? Rp 35rb kalau ngga salah, atau Rp 40rb. Berbeda lumayan dengan Cipaganti yang Rp 65rb (kalau ngga salah ya maaf ingetan saya emang parah kalau masalah duit #eaaaa).

Selain itu, di terminal banyak sekali penganan oleh-oleh yang bisa dibeli. Di toko-toko, asal bisa tawar-tawar. Dulu, sepuluh tahun lalu saya langsung menyantap Masakan Sunda di seberang terminal, prasmanan khas dengan lalapan dan sambal yang luar biasa pedas.

Bedanya lagi, memang via terminal artinya “muter” dan gak praktis. Sebab kalau via travel, Anda bisa nongkrong di Dago, Buah Batu, Cihampelas dan sekitar itu lah.  Bisa jalan-jalan dulu paginya kalau siangnya berangkat pulang ke Jakarta atau Bogor.

Tiba di Terminal Baranangsiang, langsung nyebrang, naik angkot 17 dan tadaa… langsung di depan rumah hehe..

Demikian update blog ini semoga berkenan!

Apa Pendapatmu?

Write your comment here ...

Leave a Reply

67 comments

  1. kang saya mau tnya kalo dari bandung dari terminal peti kemas mau ke bogor pasar cisarua gmana ya cranya,,?dan naik mobil bis apa,,?

    Reply Edit
  2. Kang kalo dari bogor ke bandung tepat a ke BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA naik bis apa ya?

    Reply Edit
  3. akang punten mau tanya,
    kalo dari baranangsiang mau ke balitsa lembang(jl. Tangkuban Perahu) rutenya gimana ya akang?
    nuhun.

    Reply Edit
  4. chandra adiyaksa

    kang mau tanya bis bogor bandung 24 jam?

    Reply Edit
  5. kang kalo bis ke bogor yg berangkat pagi dari leuwipanjang jam berapa ya, saya mau ke cimande caringin bogor kalo dari terminal baranang siang naik apa yah hatur nuhun infona.

    Reply Edit
  6. kang mau tanya kalo bis yg ke bogor yg pertama berangkat pagi sekali jam berapa ya dari leuwi panjang terus saya mau ke cimande caringin bogor naik apa dari terminal baranang siang thanks infonya.

    Reply Edit
  7. Kang,mau nanya kalo dari bandung mau ke ciawi ada yang langsung?naik bis apa?saya mau ke spn lido,bisa minta tolong infonya kang naik apa dari ciawi?nuhun kang

    Reply Edit
  8. mo nanya, kalo dari bandara jakarta , mau ke ciawi …..gimana ya caranya…? naik bis ke bogor dulu atau ke bandung dulu, baru lanjut ke ciawi ? atau ada yg langsung bandara jakarta ke ciawi ?

    Reply Edit
      1. Kang numpang nanya,kalo dari Bogor ke Bandung bisnya ada jam berapa aja ya? Berhentinya dimana ya? Terus dari tempat berhentinya ke kampus Unpad Jatinangor naik apa? Mohon jawabannya Kang…

        Reply Edit
  9. mau tanya dong,,
    klo dr leuwi panjang mw ke bogor itu naek bis apa ya yg lewat terminal baranang siang???
    klo bisa sih yg nyampe warung jambu langsung,,,
    mksh…

    Reply Edit
    1. kalau bis berbeda2, ada 2 nama kalau ga salah, saya lupa salah satunya MGI, Gagak Rimang dsj. Yang pasti di Leuwi Panjang, semua yang ke Bogor tempatnya sama kok, mereka gantian aja berangkatnya. Jadi 1 berangkat yang belakang maju kedepan. Jadi semua sama regardless nama bisnya.

      Kalau ke Wr Jambu ngga ada, sebab keluar tol langsung ke Baranang Siang (tujuan akhir). Kamu bisa naik angkot 09, 08 yang ke Wr Jambu, or saran saya, naik aja bis kecil (sejenis miniarta) ke arah Depok, Pasar Minggu atau Kp Rambutan yang ngetem di dekat jembatan penyeberangan dekat KFC. Cari aja KFC.

      Reply Edit
  10. Kang kalo dari lwi pnjang mau k cibinong pke bis apa ya.?
    Ongkosnya brapa., trus byarnya d loket apa lngsung sma kondekturnya :D

    Reply Edit
    1. kalo mau cepet; di termonal ada bis yg jurusan bekasi,jonggi, lewat gunung putri nah itu lewat toll keluar di gerbang ciyeureup/cibinong wajtu bbm belum naik rp 4000

      Reply Edit
  11. Ardhiansyah masian

    Numpang tanya kang, Bandung – citereup bogor berapa lama ya?

    Reply Edit
    1. kalo lancar dr masuk toll bandung sampai keluar toll citeureup ga spi 2 jam bis MGI Bandung- Cibinong

      Reply Edit
  12. Ass. punten bade naroskeun.. sy dr gunung putri bogor, pengen ke tangkuban perahu bandung tpi blm pernah ksana.. Rencana sih mw pke mbil pribadi.. Mohon pencerahannya. Haturnuhun kang

    Reply Edit
    1. nununuy musa

      w3. sy dr bdg.untuk sekarang2 mending jangan dl karena statusnya blm terlalu aman

      Reply Edit
  13. mw nanya kang? kalo dr trminal baranang siang ke daerah kedung halang naek angkot/angkutan apa? kbtulan sya ada rencana ke bogor.. mksh infonya

    Reply Edit
    1. ke kedung halang bisa naik angkot ke Wr Jambu, 09 dulu setelah itu ganti dengan 08 biru (jurusan Citeurup Cibinong) atau langsung 1x naik bis jurusan Kp Rambutan/Pasar Minggu yang ngetem didekat jembatan penyeberangan di depan KFC / Seberang Botani Square. Jalan dikit aja. Saya biasa naik itu. Jangan salah naik bis ya, ada yg ke Ciputat/Lbk Bulus soalnya. Dan itu bis miniarta bukan bis AC dan naik di depan KFC itu. Ongkosnya lebih hemat, seingat saya terakhir masih Rp 2000, sama dengan 1x naik angkot.

      Reply Edit
  14. ai nurapifah

    Mo nanya ni kang,kbtulan ada rencana ke bogor dlm wkt dkt…klo dr leuwi pnjng bis paling pg jam brp y?bis yg nyaman ada apa aja?? Kbtulan pp. ..ntr dr bogor bis yg k bandung paling akhir biasa ny jam brp y?nuhun

    Reply Edit
  15. kang mau tanya,klo dari terminal baranangsiang ke cilebut naik angkot/kendaraan apa ya??nuhun

    Reply Edit
    1. @deny kalau ke cilebut, ada dua alternatif, bisa KRL dan bisa angkot. Kalau KRL, Jadi dari terminal naik 03 dan turun di taman topi/matahari dan jalan dikit ke arah stasiun Kereta. Sta Cilebut Cuma 1 stasiun dari bogor. Jadi jgn sampe kelewat. Tapi ya mahal sih ya kalau dapatnya Commuter Line (CL). Kalau KRL Ekonomi baru murah. Kalau naik angkot, caranya cari angkot yang ke Bubulak, yaitu 02 terus sampai bubulak, cari angkot Bubulak-Cilebut. Atau, naik 03 juga dari terminal, tapi turun ditaman topi, jalan ke Pasar Anyar dan cari angkot biru yang jurusan Bojong Gede. Dia lewat cilebut. Saya lupa angkot nomor berapa tapinya :D maklum sering naik motor kalau ke Cilebut. Yang pasti, di Pasar Anyar tanya aja ke cilebut naik angkot nomer berapa. Ongkosnya kalau nggak salah Rp 2000 or Rp 2500 (kalau dianggap jauh n luar kota).

      Reply Edit
  16. kang saya mau ke bandung tp ke terminal cicaheum nya, caranya gimana yah?
    sya dr Bogor
    nuhun!

    Reply Edit
  17. Hendra Setiawan

    punten, mau tanya nih
    dari bandung mau ke Unpak Bogor naik apa aja ya yang cepat?nuhun..

    Reply Edit
  18. Kang, kalo bis ke Bogor dari bandung paling pagi jam berapa ya?

    Reply Edit
  19. Kang mau tanya *ikut2an yg lain tanya rute haha*
    Saya kebetulan mau ke PT. Boehringer Ingelheim di Bogor (JL. Lawang Gintung No. 89). Kebetulan saya dari Bandung. Saran akang naik apa ya dari leuwi panjang sampai ke Jl. Lawang Gintung? (kalau lihat di google map dekat dengan daerah Tajur, Bogor)
    makasi kang :)

    Reply Edit
    1. @Fairus, Betul dekat. Tapi ke Bohringer itu satu jalur seinget saya. Dari Sukasari. Saya lum pernah naik angkot lewat sana, selalu pakai kendaraan. Saran saya naik Bis dari leuwipanjang ke Bogor. Nah ada dua alternatif, pertama, pas di Ciawi, perempatan itu, turun dan ganti angkot Cisarua-Bogor, itu turun di Sukasari. Nah dari sana kayaknya sih bisa jalan kaki karena ngelawan arah. Atau, kedua, naik bis dari leuwipanjang sampai terminal baranangsiang bogor (sampai stop). Setelah itu keluar lewat dan cari angkot ke Sukasari 09. Tanya dulu sih, Agak2 lupa skrg hehe.. yg pasti ada sih angkot lewat sana tapi setau saya tidak ada yang langsung dari terminal.

      Reply Edit
  20. klo yg dari sekitaran Taman Safari, mau ke Bandung pake bis apa ya?
    trus yg paling malem jam berapa ya?
    thx.. :)

    Reply Edit
  21. intanpratiwi

    kang mau tanya, klo ke bandung, cepet lewat cipularang atau via puncak ya?
    hatur nuhun..

    Reply Edit
  22. Punteun Kang mau tanya kalau dari Terminal Baranangsiang ke daerah Wangun bawah-Sindangsari naik angkutan apa ya? Hatur Nuhun.

    Reply Edit
    1. @Irene : kalau jalan Wangun Raya, Sindangsari saya tahu, itu sekitar Jalan Tajur. Dari Terminal cari aja Angkota 01 ke arah Ciawi. Tapi sindang sari juga ada didaerah Tanah baru sih. sepertinya yang dimaksud yang arah ciawi tersebut. Naik 1x angkot kok, 01 ke arah Ciawi :) nah bisa tanya sama sopir untuk stop dimana. Ongkosnya masih dalam kota, Rp2000. Semoga membantu!

      Reply Edit
  23. maap mau tanya dari bogor ke bandung tepat nya ke jalan Restoran Kopitiam Oey Jl. Braga No 45 Bandung turun nya dmna trima kasih

    Reply Edit
  24. kalau dari safari garden mau ke bandung itu naik apa ya yang paling cepat? nuhun sebelumnya

    Reply Edit
  25. Mau tanya kang.., setelah dari Terminal Bogor sampai Terminal Leuwipanjang Bandung dilanjut ke Cihampelas….., naik apa yah..? Hatur nuhun

    Reply Edit
    1. yg saya ytau dr terminal naik angkot ke kbn kelapa dulu lalu naik angkot lg yg ke ledeng

      Reply Edit
  26. v-pradja

    Kang,punten mau tanya,kalo dari terminal baranangsiang ke pool bus damri bogor teh naek apa ya? Bingung nih.. Nuhun ya kang.

    Reply Edit
  27. Abi Rafa

    Kang, kalo yang dari leuwipanjang-bogor itu lewat puncak-cianjur ga ? dulu waktu bis masih mampir UKI , saya bandingin lebih cepat sampe meski tetep nyambung omprengan buat nyampe Bogornya .. cuma waktu nyobain yang langsung Bogor (via puncak) lumayan beda jauh euy nyampe bogornya ..

    Reply Edit
  28. rhachabundpaph

    maaf, mau tanya nih, aq berencana ke kampus s1 ipb yang di darmaga, cmannya aq ga tau hrs naik apa aja klo dari leuwipanjang sampe sana, mhon bantuannya ia….

    Reply Edit
  29. Agus Muhaemin

    All : pengen tanya donk,

    kalo dari bandung pengen ke ciawi bogor naik bis apa ya ?

    kira-kira harga tiketnya berapa sekarang ?

    Reply Edit
  30. Bandung ke bogor via bus yg lewat cipularang berapa jam ‎​ݪªª?trus skrg ongkosnya berapa?

    Reply Edit
  31. nuhun ah inpona :)

    Reply Edit
  32. wah..thanks ya info dan ceritanya…:)

    Reply Edit
  33. Jaket sih masuk akal.. la sarung? hihi.. apek lagi tu sarung

    Reply Edit
  34. Kalo saya biasa naek GMI ke Bandung kalo dari Bogor kang, cuman AC nya itu lho, dingin banget. Biasanya ga lupa bawa jaket ama sarung buat mengatasinya :D

    Reply Edit
    1. Ardhiansyah masian

      berapa lama ya dari bandung ke bogor naik GMI itu?

      Reply Edit
        1. mau tanya dong kalo dri terminal baranangsiang mau ke Pusdikzi NAIK angkot yg mana ?? no brapa?? nuhun

          Reply Edit

Switch to our mobile site