T-Shirt Nasionalisme ala Lenovo Mal Artha Gading

Pada hari Sabtu, 13 Agustus 2011, diperjalanan KRL menuju Mal Artha Gading, saya membeli harian Kompas. Disana ternyata ada iklan Lenovo, hampir setengah halaman dengan tema sepertinya turut merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Yang menarik, pembaca akan mendapatkan T-Shirt DO yang kalau dikenakan nanti pada tanggal 17 Agustus, akan mendapatkan kejutan dari beberapa partner radio. Nah, syarat mendapatkan T-Shirt “Nasionalisme” dengan tulisan DO (dari InDOnesia dan dari tag lenovo, “for those who DO”) adalah menukarkan potongan iklan di Lenovo Exclusive Store dan Think Exclusive Store. Batas penukaran terakhir adalah 16 Agustus (tentu saja) dan iklan ini tidak dapat diperbanyak.

Kebetulan sekali, karena di-list Lenovo Exclusive Store tercantum, ada juga di Mal Artha Gading. Jadi saya sore hari itu sekalian ke toko tersebut. Akan tetapi, apa yang saya dapatkan? Pegawai mulanya agak bingung dan kemudian, setelah beberapa saat, mengatakan kalau T-Shirt didapatkan dengan MEMBELI notebook atau laptop Lenovo.

Saya sering ketemu iklan-iklan komputer, dan pada iklan memang bonus pembelian dan cashback sudah jamak terjadi. Tapi tak nampak pada iklan di harian Kompas Sabtu itu. Sangat terkesan bagi-bagi T-Shirt agar me-MERAH-kan dan me-MERIAH-kan 17 agustus. Kalau harus dengan pembelian, selain sama sekali tak nampak pada iklan, juga tak lazim, karena siapa sih yang dalam beberapa hari ini tiba-tiba langsung membeli produk Lenovo, HANYA dengan semangat utk ikut merayakan tujuh belasan ? Apa mungkin target Lenovo tercapai? Hal yang menggelikan. Sebab jika benar kampanyenya demikian, berarti pada tanggal 17 nanti, partner radio akan mencari jarum ditumpukan jerami. Sebab, selain keterbatasan waktu, juga tak banyak yang tiba-tiba membeli produk lenovo demi mendapatkan surprise di tanggal 17 agustus! Jika demikian adanya, mungkin sekali ada aroma “skenario” dalam mencari yang memakai T-Shirt DO nya Lenovo. Masuk akan kan?  La iya, Sedangkan pembeli notebook/netbook saja tak hanya membeli produk Lenovo. Banyak kompetitor lain yang promonya pun tak ecek-ecek, biasanya cashback ratusan ribu atau extended warranty dan seterusnya, bukan “hanya” selembar T-Shirt!  Pun, biasanya juga lugas memberikan gambar produk tertentu dengan ada tulisan dapatkan bla bla dengan membeli bla bla. Simpel kan?

Iklan Lenovo dan Nasionalisme di Kompas :-)

Dari pengalaman yang saya dapatkan tersebut, jika benar ada kampanye terselubung untuk pembelian produk Lenovo, bukan melakukan branding Lenovo sebagai produk yang mendukung perayaan tujuh belas agustus, dus merupakan produk yang bernuansa nasionalisme dan seperti di iklan, menuliskan kalimat-kalimat indah dalam menyambut Dirgahayu Indonesia, artinya Lenovo memang produk tidak jelas. Hilang semua karakter keras dan profesional “IBM” di urat nadi “Lenovo” yang membeli divisi notebooknya. Sedih sekali saya sebagai –dulu–penyuka produk laptop IBM.

Kalau benar demikian, betapa miskin kreativitas Lenovo dalam berpromosi, dan menganggap selembar T-Shirt warna merah bertulisan “DO” akan membuat orang membeli produk Lenovo senilai jutaan rupiah, demi Nasionalisme! Naif, dan menganggap rendah bangsa ini!

 

PS : Sudah ditanggapi Pihak lenovo, dan benar, harusnya memang Free. Jadi field marketingnya ga jalan. Hehehe.. saya dikonfirmasi via twitter utk menukarkan guntingan korannya. Fungsi PR yang juga kurang baik. Siapa sih yang mau balik lagi ke Mal yang jauh itu. Saya udah tulis kalau naik KRL ke Mal, yang panjang kalimatnya sebenarnya, naik KRL ke Cawang, dari sana ke Rawamangun. Terus sama teman ke Mal Arta Gading. Mau diulangin? Mbuh! Kedua, Malu kaleee demi sepotong t-shirt musti melintas batas Bogor Depok sampai Jakarta Utara! Aya-aya wae nih Lenovo.

Subscribe / Share

[email protected] tagged this post with: , , , , , , Read 345 articles by

Apa Pendapatmu?

7 Comments

  1. nique says:

    klo punya niat baik mah, kirim aja sebenernya ya?? hm salah satu bank pernah sy komplen dan iya gitu, dikirimin hadiahnya, bukannya nyuruh datangpula.

  2. wongkamfung says:

    jadi kontraproduktif ya iklannya.. bukannya yg baca jadi seneng tapi malah ‘neg’ :mrgreen:

  3. @nurussadad iya itu baru muncul potongan iklannya.

    @nurussadad bener juga ya.. menganggap terlalu tinggi

    @indobrad biasanya sih ga begitu, beli paket apa bonus apa gitu. Makanya saya agak2 curiga jangan2 program ini gak terdeliver ke lapangan. La wong Lenovo Mal Artha Gadingnya aja agak2 bingung dulu sebelum jawab.heheh…

    @all : udah dijawab Lenovo ditwitter gue dan ya betul kan, harusnya emang Free. But siapa sih yang mau BALIK LAGI hanya karena dibalas “ya itu free silakan tukar potongan iklannya” capeek deehh kalau niat ngejalanin fungsi PR, ya coba deh langsung aja KIRIM KERUMAH GUA ya nggak? Gak ngarep juga sih namanya t-shirt doank.

  4. indobrad says:

    ahhh itu trik lama. hampir semua pasti seperti itu kok :D

  5. nurussadad says:

    ehh, mau beli laptop, bukan kaos maksud saya..

  6. nurussadad says:

    Imho, malah menganggap terlalu tinggi nasionalisme yang dimiliki bangsa ini… demi selembar T-shirt mau beli kaos..

    btw, potongan iklannya gak di uplot Om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Intellectuals Networked

Iseng Dijual by UC

Fast & Most Reliable Domain Hosting Services!
Toko Online Gratis

My Books

Intellectual Visits

free counters

free web counter

Tweet with UC

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Switch to our mobile site