ASEAN dan Pembajakan : Catatan ASEAN Blogger Conference 2011
27/12/2011 By [email protected]
SOCIAL SCIENCES

Oke! Sesuai janji, sedikit demi sedikit saya buka ceritera mengenai ASEAN Blogger Conference (ABC) 2011 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali berbarengan dengan Agenda ASEAN Summit & Related Summit alias Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang “heboh” itu. Ceritanya banyak, a lot of Fun mulai dari kabur dan ke Gong perdamaian, ke Pantai dan nunjukin ID Card, Tidur sama orang Laos sampai ganti baju bugilisasi di Bis demi menuju KTT hehehe.. seru abis deh.

Cerita tentang ABC ini emang seru, akan saya kupas berbagai sisi, termasuk “tak ada gading yang tak retak”, semoga menjadi otokritik dan semakin baik dalam penyelenggaraan kedepannya. Amin..

Tanggalnya sih 15-16 November, dimana 17-19 nya KTT.  Tempatnya Musium Pasifika. Kalau KTT nya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNCC). Kebetulan saya diundang dalam ABC ini sebagai peserta karena kontribusi saya dalam lomba penulisan ASEAN sebelumnya. Selain itu, saya berkesempatan untuk jadi “observer” di KTT ini. Kurang lebih begitulah.

Pembuka dari rangkaian cerita (reportase, feature apalah namanya nanti) saya buka dengan PEMBAJAKAN PERANTI LUNAK (Software Piracy). Cucok. Mengapa, sebab negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) adalah negeri-negeri dengan tingkat pembajakan software yang tinggi.  Dari statistik negeri pembajak software, ada Vietnam dan Indonesia yang bertengger diposisis 10 dan 12 tingkat DUNIA dalam hal pembajakan.. bravo! Sisanya rata2 dari Asia, termasuk raksasa Cina di no 17.

Nah, saya rasa, FOTO berikut yang saya abadikan di momen ABC ini membuat kita tertawa. Menertawakan diri sendiri karena inilah gambaran dari ASEAN. Pembajak software. Di sudut sebelah kanan bawah, ada pop-up balon peringatan bahwa software ini mungkin bajakan.  Saya lupa ini memperingatkan Windowsnya atau memperingatkan Microsoft Office (PowerPoint) nya, intinya sih ini “bajakan”. Anda pernah mengalaminya?  Sah-sah saja, asal jangan event internasional seperti ini kali yeee..

Perhatikan disebelah kanan bawah ada notifikasi "kemungkinan Windows bajakan"

 

Lucunya (baca : malunya) belum lagi karena pada saat itu, pas banget moderator kali ini adalah Kang Onno W Purbo, pakar internet dan penggiat open source tingkat Wahid!  #TepokJidat  ngga tau deh kang onno dalam hatinya mau ngomong apa hihi..

Oke deh, itu sudah terjadi. Mungkin hikmah dibalik ini, kita perlu bertanya, sejauh mana pembajakan software ini diberantas di Asia Tenggara? Bagaimana perkembangannya, dan APA komitmen Blogger dalam hal ini?  Apakah ada gerakan “Be Legal, Go Open Source”?

Silakan dijawab sendiri.

*nantikan tulisan-tulisan berikutnya tentang ABC di blog UC

Apa Pendapatmu?

Write your comment here ...

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

7 comments

  1. orang “bule” pasti kaget liat indo, pake nya software bajakan, go go fedora aja deh, heee 😀

    Reply Edit
  2. bundanyakaka

    ya ampyuun UC detaill bgttt..mpe hal kayak gtu ‘tertangkap’ hmm..ckckckck…

    Reply Edit
  3. Thx mba @ajengkol . Kang onno jg nanya, laptop sapa tu? Hehe.. Yup intinya walau Tau Sama Tau bhw software ilegal ini marak, maka semua ”maklum” trmasuk teman2 dari laos, filipina, thailan dst jg maklum hehe. Tp ada baiknya kejadian ini tak terulang. Kejadian lucu si sebenarnya, tp harusnya tak terjadi. Apalagi pemerintah indonesia sudah nyatakan Go Open Source dan memerangi pembajakan.

    Reply Edit
  4. Postingannya saya teruskan ke museum pasifika selaku penyedia ruangan dan pirantinya

    Reply Edit
  5. Nais banget nasib ABC nih,, sedih ngelihatnya. Pembajakan boleh aja asal jangan ketahuan. Haha

    Salam blogger 😀

    Reply Edit
  6. Ngebahas tentang pembajakannya sih nggak, tapi justru hikmahnya disana.

    Mudah-mudahan utk konferensi ABC berikutnya dibahas tuh tentang masalah pembajakan software dan peran blogger.. amin..

    Reply Edit
  7. Wow ironis banget ya, ngebahas tentang pembajakan eh malah ketahuan pake software bajakan. Coba fotonya bisa lebih diperjelas lagi, pasti lucuk tuh hehehe

    Reply Edit

Dark knight rises slots