Sulitnya Membuat Paspor Online

Biasanya, sesuatu yang di-online kan itu untuk memudahkan toh? Tapi tak begitu rupanya dengan passpor.

Dari googling, banyak yang bilang membuat paspor sudah mudah. Anda tak perlu calo lagi. Biayanya pun sudah fixed. Rp 275rb. Baik di Jakarta maupun di Bogor, tempat tinggal saya, sama saja. Ya kalau mau pakai calo ga ada bedanya dengan ngantri. Cukup setengah hari, kemudian balik lagi untuk wawancara.

Memang mudah. Walau belum saya buktikan. Yang menarik, katanya juga, kalau Anda daftar online dulu untuk paspor maka pas datang di kantor imigrasi, lebih cepat, sebab data-data sudah ada. Jadi proses lebih cepat. Walaupun, seharusnya secara logika ya tinggal verifikasi aja sebab kan udah masukin berkas online, ga perlu lagi harusnya repot pake berkas-berkas lagi. Tapi okelah, gapapa. Yang penting cepat.

Akhirnya saya googling untuk portal membuat Paspor online ini. Ketemu situs http://www.imigrasi.go.id/  sebagai website layannya. Aha, ada link menuju : http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Pas masuk, disodorin data-data yang harus diisi. Oke siap. Eh pas lanjut lagi, ada berkas-berkas yang harus diunggah (upload). Dari hasil pertama itu, saya bingung. Oke, akhirnya berbekal mesin scan punya kantor, saya scan lah berkas-berkas.

Setelah selesai, coba lagi. Sialnya, kok dia hanya mau terima file berbentuk JPG. Bahkan JPEG pun ga diterima. Mulai kesal sayah. Oke lanjut deh. Akhirnya semua scan dalam format PDF saya convert dengan aplikasi lain menjadi JPG.

Selesai, saya masukkan lagi. Yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga. Kemudian saya scan KTP dan masukkan. Eh, error.  Ada tulisan warna merah “TIDAK BERMASALAH” Bingung. KTP ga ke-upload. Selalu ada tulsian itu dan halamannya me-refresh. Tidak bermasalah pale lu peang hehehe..

Ini nih screenshot nya :

Tidak Bermasalah. Itu tulisannya, tapi KTP ga pernah bisa diupload!

Akhirnya saya klik LANJUT saja karena agak kesal. Eh, dia nggak mau lanjut. Banyak dokumen yang belum diupload katanya. Saya periksa FAQ untuk daftar online ternyata mesti ada KTP yang di-upload baru bisa lanjut. Nah kalau sudah begini ya wassalam aja gak bakalan bisa lanjut. Padahal scan KTP saya hanya 24 kb jauh banget dari maksimal yang 1,8 mb.  Capek deeehhh..

Ini screenshot portal Paspor online yang MENYUSAHKAN ini :

Error terus menerus ketika upload KTP, yang ditulis sih tidak error tapi tak bisa muncul KTP nya

Aduh, Kapok deh! Apalagi ditulis best view nya dengan Internet Explorer (IE). Saya rasa ini tidak cocok, harusnya Imigrasi survey dulu deh, pemakai IE itu berapa dan pemakai selain itu alias Mozilla Firefox, Google Chrome dst itu berapa. Jangan semua orang terpaksa pakai browser bawaan Microsoft. Mohon maaf, karena dayabeli masyarakat Indonesia rendah, jadinya sama saja mendorong orang memakai Produk sistem operasi Windows bajakan. Ya kan?

Saya beranda-andai saja, kira-kira ada KPI (Key Performance Indicator) nya ngga sih ada portal dafta paspor online ini? Evaluasinya seperti apa ya, kalau masyarakat (target) masih juga bejubel tiap hari ke imigrasi dan gak prosesnya online ya saya rasa gimana gitu.   Orang-orang seperti saya, terpaksalah  besok or lusa or kapan-kapan ke Imigrasi di Bogor untuk ngurus Paspor karena sistem online yang PASTINYA anggarannya ratusan juta ini tidak berfungsi dengan baik melayani warga negara!

 Ohya tulisan saya tentang MUDAHNYA membuat Paspor Offline sudah ada disini. Jadi kalau pengalaman saya, datang langsung aja lah. Lebih mudah (daripada error-error ga jelas, pinjem scanner dan repot harus JPG bahkan JPG dan PDF ga bisa, belum lagi KONEKSI internet kan dibayar hehe..)

(update 3 Juni 2013, teman blogger bogor, pak Hartanto menulis tentang adanya buku panduan yang bisa diunduh lewat tulisan beliau. Silakan ke SINI)

 

Apa Pendapatmu?

81 Comments

  1. anita says:

    saya udah ngalamin nih….
    saya bikin passport secara online, yeah memang pas upload2 docs nya rada nyebelin sih, tp krn mikir pengen irit cuti jd ya diupayakan tetep upload online.
    pas dtg buat interview & photo ok sih, walaupun spt nya gak efek, krn tetep aja antri bareng2 yg ga online. Malah dongkolnya diserobotin sama yg calo donk….
    anyway, pas mau ngambil passport, kan katanya ga boleh diwakilin. jd lah curi2 waktu lagi deh buat ambil. pas sampe sono…. masa passport nya TIDAK ADA …. gubrak deh….
    kt petugas kanim nya, kayanya kebawa sama si calo2 pas calo2 itu ngambil.
    HEH??? koq bisa ya???
    Kanim Jakut parah bgt…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Intellectuals Networked

Iseng Dijual by UC

Fast & Most Reliable Domain Hosting Services!
Toko Online Gratis

My Books

Intellectual Visits

free counters

free web counter

Tweet with UC

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Switch to our mobile site