Sulitnya Membuat Paspor Online

 Ohya tulisan saya tentang MUDAHNYA membuat Paspor Offline sudah ada disini. Jadi kalau pengalaman saya, datang langsung aja lah. Lebih mudah (daripada error-error ga jelas, pinjem scanner dan repot harus JPG bahkan JPG dan PDF ga bisa, belum lagi KONEKSI internet kan dibayar hehe..)

(update 3 Juni 2013, teman blogger bogor, pak Hartanto menulis tentang adanya buku panduan yang bisa diunduh lewat tulisan beliau. Silakan ke SINI)

 

Page 2 of 2 | Previous page

Apa Pendapatmu?

80 comments on this post.
  1. mima:

    ahahaha.. sepertinya memang menyebalkan :P

  2. ecky:

    oh webnya yg error ya, tp yg saya baca dari blog mba luvie, lebih enak online bang :D

  3. [email protected]:

    @ecky oya? saya mesti baca tuh hehe.. soalnya 2-3 blog yang saya baca, kesannya ‘percuma’ online karena sama aja prosesnya di imigrasi.. Walaupun semua bilang saat ini prosesnya GAMPANG dan GAK PERLU calo karena fixed tarifnya. Cuma antrian aja yang puanjaang poll..

    tapi ga tau juga sih.. ini saya Imigrasi di Bogor.

  4. Luvie:

    Aku beberapa kali daftar online dengan google chrome gak masalah kok..
    Saat proses upload jg gak mengalami kendala. kayaknya dia memang ada minimal berkas yang untuk di upload. 3 atau 4 berkas gitu deh..

    klo masih butuh bantuan let me know, mas.. bisa japri via email.. :D

  5. Talia:

    Saya daftar online cepet juga kok, ga ada setengah jam dah beres dah terima surat bukti pra permohonannya yg buat diprint, pdhal browser saya pake mozzilla, bukan IE. Coba aja ikutin panduan onlinenya, non aktifkan dulu block pop up windownya, trus dokumen yg discannya yg format JPEG modenya yg grayscale, jgn yg warna. Smg membantu mas. Good Luck!!

  6. [email protected]:

    kalau gak ERROR sih pastinya cepat hehehe.. Pengalaman saya, mending Bikin PASPOR LANGSUNG/OFFLINE aja. Saya paspor udah jadi, ga pake ribet bolakbalik nyoba konek internet. Emang internetnya gratis hehe..

    Saya sudah siapkan pengalaman bikin paspor offline, judulnya : http://www.unggulcenter.org/2012/03/13/mudahnya-membuat-paspor-offline-alias-datang-langsung/

    yang jadi pertanyaan saya, perasaan pas ke Imigrasi n bikin paspor ga ada ‘special treatment’ untuk yang udah bikin online ya. Mending langsung datang aja bawa persyaratan. Gampang kok. Daftar, tunggu, dipanggil dst. Ga lama apalagi klo datang pagi2 hehe

  7. Mobby:

    Kl dari pengalaman sy ngurus paspor via online di imigrasi Soetta, bedanya jelas sekali dgn yg datang langsung.

    Memang prosedur awalnya sama, ambil nomer antrian, trus dipanggil buat nyerahin berkas yg fotokopian sama yg asli plus bawa juga surat bukti pra permohonannya yg sudah diprint dari internet. Di sini mulailah letak perbedaannya.

    Kalau yg datang langsung alias offline, habis nyerahin berkas yg di map kuning itu, diberikan tanda terima saja, habis itu suruh balik lagi besok, lusa, atau bisa seminggu lg buat foto dan wawancara.
    Tapi kalau yg sudah daftar online, habis nyerahin berkas dan sudah sesuai dengan yg diupload via internet, langsung terima nomor antrian buat bayar biaya pembuatan paspor dan antrian foto plus wawancara di hari itu juga, dan 3 – 4 hari kemudian paspor sudah jadi. Semoga bermanfaat.

  8. Talia:

    Paspor saya juga sudah jadi Mas, malemnya daftar online, hari Senin saya datang, menyerahkan berkas ngantrinya bareng sama yang datang langsung, tidak dibedakan. Tapi yang datang langsung cuma terima selembar kertastanda bukti penyerahan berkas, habis itu suruh balik lagi hari Kamis. Kalau saya, habis menyerahkan berkas, langsung ambil nomor antrian untuk bayar, foto, sama wawancara hari Senin itu juga. Trus Hari Kamis paspor saya sudah bisa diambil mulai jam 13.00 – 16.00.
    Jadi yang datang langsung tanpa daftar online hari Kamisnya baru antri foto dan wawancara, kalau yang daftar online seperti saya hari Kamisnya sudah bisa ambil paspor. Jadi kalau dari pengalaman saya pribadi, saya lebih merekomendasikan daftar online dulu. Saya buat paspornya di Kanim I Khusus Soekarno Hatta. Good Luck!!

  9. [email protected]:

    Hmm.. mungkin tergantung tempat kali yaaaa.. :) soalnya online itu kan mencakup semua wilayah/kantor, sedangkan offline kayaknya emang pelayanan “lokal” jadi ya emang sangat tergantung dari lokasi kayaknya.

  10. rinrin:

    Biayanya berapa ya untuk bikin pasport skrg? sy ada yg menawari tapi mahal sekali ya, seorg 1,1 juta

    Lalu untuk persyaratannya apakah perlu surat rekomendasi kantor? Bagaimana jika tidak ada surat rekomendasi kanotr?

  11. [email protected]:

    @rinrin wah JANGAN MBAK! Hanya 255ribu rupiah. Pakai calo juga sama aja, harus datang sendiri juga :) Ngga perlu Surat Rekomendasi kecuali PNS.

  12. rinrin:

    Oh ok. Wah dinaekinnya sampe 4 kali lipat ya…. Aku juga ngerasa kok mahal sekali ya sampe 1,1 juta/org.

    Lalu mas, kalo anak bagaimana? apakah hrs byr sendiri atau ikut orang tua?

  13. Vera:

    Saya baru perpanjang passport minggu lalu secara online, tgl 05 April datang ke kantor imigrasi Jakarta Barat untuk foto, wawancara dan sidik jari, waktu upload no problem, saya memakai chrome.

  14. [email protected]:

    @vera alhamdulillah kalau begitu. mungkin sudah diperbaiki sistem onlinenya oleh imigrasi :)

  15. rinrin:

    Nanya lagi donk, kalo dulu saya sudah pernah buat pasport di daerah dan sudah habis masa berlakunya, apakah perlu dilampirkan juga fotocopynya atau lgs buat pasport baru? Untuk pasport lama, bagian mana yang perlu di fotocopy? tx

  16. [email protected]:

    hmm sebenarnya di pembuatan paspor di imigrasi ga ada istilah perpanjang, jadi kalau sudah abis bikin baru. Nah, yng mau “perpanjang” silakan dibawa paspor yang lama utk memudahkan mendapatkan yg baru. Logikanya, data-data sudah ada jadi lebih cepat.

    Tapi kalau mau koleksi paspor hehe.. ya ga usah bawa, dan diform bilang aja bikin baru, bukan perpanjang, toh sama aja. Saya ga tau tapi ya konsekuensinya. Kalau data Anda sudah ada, dan masukin data baru nanti ketauan boongnya hehe.. terserah sih. Kalau saya bilang aja hilang :) itu kalau Anda sayang dengan paspor lama dan mau koleksi sekaligus biar inget pernah dicap visa dimana saja hehe

  17. rinrin:

    Masalahnya mas sy sudah bilang hilang, ternyata harus meminta surat keterangan polisi, padahal saya pikir itu kan pasport daerah dan sudah lama habis masa berlakunya, jadi lebih baik saya membuat yang baru saja. Akhirnya setelah menunggu selama 1,5 jam saya disuruh pul, untuk mengambil pasport lama atau membuat surat keterangan baru dan kembali lagi setelah melakukan sistem online kembali. Apakah memang yang membuat sendiri itu lebih dipersulit?
    Sia2 sj saya sudah mengantri selama 1,5 jam.

    Paspor lama nya itu bagian mana yang harus saya fotocopi? karena mau tdk mau harus sy lampirkan kembali

  18. Edwin:

    Malam ini saya mencoba apply paspor online. Saya bermaksud mengganti paspor saya yang telah expired. Sistemnya memang menyebalkan.

    1. Tidak user friendly/tidak ada pemberitahuan kesalahan entry. Berkali-kali saya stuck di langkah pertama. Kesalahan entry pada field Nomor paspor lama tidak diberitahukan.. mana saya tahu kalau hanya terima angka saja.. padahal nomor paspor lama mengandung abjad.

    2. Langkah selanjutnya berjalan mulus, sampailah pada pemilihan kedatangan di Kanim. Pilihan “Tanggal Kedatangan di Kanim” tidak muncul. Saya bela-belain coba di IE, Chrome, Firefox. Hasilnya nihil. Muncul error dengan text merah “-2: Saf not connected to other party” kemudian saya coba saja klik button “lanjut”, tentu saja muncul “Tanggal Kedatangan belum dipilih”. OMG!!

    3. Karena error no.2 di atas, proses selanjutnya tentu saja tidak dapat dilanjutkan.

    4. Waktu saya terbuang percuma dengan sistem yang parah seperti ini.

    Anyone?

  19. eko:

    malam ini saya udah daftar online, prosesnya lancar, ga ada masalah sama sekali. saya juga sudah mendapatkan TANDA TERIMA PRA PERMOHONAN, tinggal di print saja. smoga proses di kanin besok jg lancar kaya proses daftar onlinenya hehe..

    oya mas saya mau tanya, gmana proses di kanin II Bogor, apakah prosesnya sedikit sulit atau gampang-gampang aj?

    sebelumnya terimaksih yaa :)

  20. roy:

    sayqa cuma 15 menit online dah dpt pra prmhonan kok :)
    saya di kanim palembang

  21. bunga:

    jauh lebih praktis online kok..(pengalaman 2 hari lalu) cuma ngantri 2 menit, langsung di panggil. karena pengguna online lebih sedikit, dan cuma 2x balik ke kantor imigrasi.

    di website nya juga dijelasin kok cara upload nya dengan jelas..
    saya jg gak pake IE, pake apa aja bisa sebenarnya, asal koneksi nya gak lemot-lemot amat
    awalnya saya gak baca dengan teliti, dan susah untuk upload, ternyata jenis yg di upload harus jpg, sedangankan saya jpeg. setelah saya rename aja file2 nya, semua nya jadi lancar jaya,,,
    tips saya, kalo punya fasilitas buat scan dokument, lebih baik via online, lebih ceoat proses nya.

    saya waktu itu di kanim bandung

  22. Abed:

    Saya 5 menit beres semua tuh…

    Pas lagi trouble kali…

    Seberapa ribet yang dikatakan diatas kayaknya lebih ribet datang langsung deh…

    1. Datang ambil formulir.
    2. Datang serahin formulir (bisa hari yang sama / beda hari tergantung kepadatan)
    3. Datang beda hari untuk interview
    4. Datang beda hari untuk ambil passport

    Lebih ribet, mana antrinya gila2an…

    Kalau pake online cuman 2x datang maksimal

  23. yenny:

    mau tanya donk…..kalu bikin passport online pas tgl kedatangan isi form, ksh tanda terima pra permohonan yg sudah di print lalu foto n wawancara di hari yg sama ya? soalnya ada yg bilang foto n wawancaranya lain hari……terima kasih atas penjelasannya :)

  24. [email protected]:

    wah saya waktu itu ngga online.. tapi kalau ga salah foto dan wawancara memang bisa di hari yang sama. Hari berikutnya tinggal ambil. Tapi itu dengan catatan datangnya pagi deh karena pas siang mereka cuma terima berkas aja. Masih antrian pagi yang dilayani.

  25. udin:

    saat ini saya sedang berjuang untuk memasukan kode verifikasi….

    setiap kali di entry timbul “internet explorer cannot display the webpage”
    tapi kalo di refresh page kembali ke tahapan memasukan kode verifikasi.
    setelah di input kembali tampilan “internet explorer cannot display the webpage”

    dan seterusnya… sudah sejak jam 11.00 tadi siang hingga sekarang 12.22

    hadehhhhhhh

    doakan saya ya

  26. myranda:

    wah… sepertinya sy lumayan beruntung ya….

    pas isi form smp ke cetak bukti pra permohonan lancar2 sj gk ada kendala :)

    mdh2an pas ke imigrasi jg lancar jaya… hehehe

  27. [email protected]:

    @udin : coba terus atau ganti browser ke firefox mungkin pak?
    @myranda : wah kalau lancar, Insya Allah pas ke imigrasi juga lancar kok!

  28. yuli:

    saya klik “layanan permohonan paspor online” malah ga ke buka-buka nech jd bertanya2 yg bermslh ini koneksi internet saya ato web nya yg ga bs ke buka???? :-(

  29. Shanty:

    Mau tanya dong, saya dan teman saya melakukan register pembuatan passport online di 2 computer berbeda. Untuk upload document kami tidak ada masalah, namun kami dpt masalahnya waktu setelah option terakhir kami tidak dapat lampiran Tanda Terima Pra Permohonan. Jadi tidak ada lembaran apapun yang dapat di print untuk dibawa ke Imigrasi.
    Saya coba call kantor Imigrasi namun tidak ada yang angkat, namun berhasil menghubungi kanit setempat via sms (No. didapat dari alamat di website). Dan menurut beliau bila gagal dapat terus melakukan registrasi online tersebut (walau dia jujur dia jg tidak mengerti krn yg handle passport online ini Imigrasi pusat).
    Yang saya mau tanyakan kenapa di ke 2 computer kami tidak bisa keluar lembaran yang harus di print tsb ya, pdhal pop up sudah saya matikan. Thankz
    SL

  30. [email protected]:

    @shanty setau saya gapapa ga keluar apa-apa, yang penting di kantor imigrasi nanti bilang aja sudah daftar online so mereka akan cek. Dan itu lebih cepat, cmiiw saya lupa tp ada antrian khusus yang udah daftar online, ga lama nunggu.

  31. Shanty:

    Τђåηκs responsenya ^^

    Kemarin iseng nyoba register online 2x sampai dapat Formu Tanda Terima Pra Permohonan. Ternyata sangat mudah sekali. Mgkn waktu yg lalu sy coba itu internet sdg down.

    So excited mau coba fasilitas keren ini. Kl mmg prosesnya mmg sangat mudah jamin kedepannya calo calo akan terbasmi ^^ Nanti diupdate ya hasilnya soalnya saat ini masih blm ada waktu buat ke Imigrasi.

  32. Shanty:

    Utk mbak Rinrin:
    Setau saya klo passport hilang itu mmg repot banget. Biayanya jg beda (bisa dicheck diweb online jg koq utk biaya2nya).

    Sharing pengalaman saja ya… Saya sdh memiliki 3 passport (passport perpanjangan), dan sampai hari ini semua passport tersebut masih saya pegang koq. Jadi jangan khawatir krn saat pembuatan/perpanjangan mereka hanya ingin melihat namun nanti akan dikembalikan koq kekita jadi bisa buat kenang2an hehe (ړײ)

  33. fitri:

    tuk mengurus paspor anak secara online ,no identitas yang input no identitas orang tua kan ya?karena kalau dikosongin ga bisa dilanjutkan?need infonya ya teman-teman

  34. [email protected]:

    siapa yang bisa bantu?

  35. Rosyid:

    Coba lihat di Kartu Keluarga, sebenarnya anak2 sudah punya NIK yang akan jadi nomor KTP-nya nanti…

  36. Shanty:

    Hi, I’m back untuk memenuhi janji kasih review.

    Akhirnya hari ini saya buat passport online di Jakarta Utara.
    Jujur, staff dilapangan belum banyak tahu soal passport online, jadi waktu mau serah document asli ke loket (setelah sebelumnya beli map+materai) tetap antri dengan no antrian yg sama dengan yg tidak daftar online walaupun sebenarnya kita jg disuruh daftar ulang di buku di loket 1 tapi tetap saja harus antri sesuai No bersamaan dengan yang non online.

    Setelah berkas diperiksa di loket 2 kita disuruh tunggu untuk dipanggil bayar ke loket 3 (tanpa harus ambil No. antrian baru). Namun hari ini sy bertemu dgn team yg mungkin belum terbiasa proses online, jd sy tunggu lebih dari 1 (satu) jam namun nama sy tidak dipanggil2 untuk ke loket 3 utk bayar. Dan setelah saya tanyakan lagi baru berkas saya diserahkan ke loket 3. (sepertinya keterlambatan dikarekanan setelah dokumen sy diperiksa di loket 2 dan document diserahkan ke loket 1 (loket khusus yg handle online) namun yg di loket 1 staffnya tdk gesit, karena document2 permohonan online ternyata dia lupa kasih ke loket 3 (bagian bayar). Setelah saya tegur baru para pemohon online diserahkan berkasnya ke loket 3 (phuueeewwww harap dikedepan nanti yg ditugaskan di loket utama ini yg kerjanya gesit hehehe). Dan akhirnya sy disuruh ambil No antrian utk bayar/foto/wawancara (*padahal td loket 2 bilang tidak usah ambil nomor krn khusus online akan dipanggil sesuai nama #wew #)

    But anyway after tegur menegur soal berkas yg blm dipanggil semuanya cepat koq. Habis bayar nunggu sebentar utk foto dan wawancara dan diminta kembali utk ambil passport sesuai tgl yg diberikan.

    Intinya pengajuan proses online ini OK BANGET and recommended banget ^^

    Thumbs up for Imigrasi ^^ Thanks

  37. iyut:

    ahh masa sih?…saya gampang2 aja kok….tahun kemarin baru bikin gak ada masalah kyk gini. dan kyknya komentarnya pada skeptis banget. pelayanannya lewat online menurut saya beda jauh sama yang gk lewat online. saya jadi cuma butuh 2 kali kekantor imigrasi. hari pertama aja udah langsung foto. gak perlu embel2 tetek bengek lainnnya. hari kedua cuma ngambil aja. saya bener2 gak make calo. saya ngobrol2 sama calo aja malah calonya yang heran kenapa proses saya bisa cepet gitu.

  38. [email protected]:

    @iyut Halo iyut.. hari gini pake calo? hehehehe// betul, cuma 2x. betul, proses cepat. Yang saya tulis disini bedanya online sama offline waktu saya daftar. pas datang ke imigrasi, untuk offline perlu antri dan bawa segala macam persyaratan, sedangkan online sudah semua. Tapi disini ada kesulitan (waktu itu yaaa) untuk proses online. Skrg sih mungkin udah benar. Di Imigrasi Bogor ngga ada calo loh. :) ada juga tukang parkir kasih aja duit hehe kan markirin mobil n motor :)

  39. [email protected]:

    @shanty : yup, harusnya prosesnya gitu, ada sedikit “perbedaan” antara onliners dan offliners ya ndak perlu antri kayak offline hehe.. nah, kalau semua imigrasi sudah bagus kayak gini, two thumbs up deeh!

  40. dita:

    saya kan mau perpanjang paspor trus coba gimana caranta via online. sampai tahap akhir kok tanda terima pra permohonan tidak muncul setelah saya clik ok. mohon di bantu pls?? apakah saya pergi saja ke imigrasi jakarta selatan tanpa membawa print out tanda terima pra permohonan? mohon di bantu nich… thanks alot

  41. Inge:

    Mba Dita, sama dunk kaya aku……sampe dibela-belain download chrome tetep aja nga muncul bukti permohonannya ……apa karena aku upload data di malam hari????…..

  42. feni:

    bukti permohonan aku juga ga keluar kenapa inii.. :( :( :(

  43. Yohan:

    saya daftar lewat online tidak ada masalah , malahan jpg gue dalam kondisi berwarna setelah di upload otomatis jadi format greyscale atau hitam putih. setelah di cetak pra permohonannya hari ini saya ke kantor imigrasi yang di Batam. kualitas pelayanan di loket online meninggalkan kesan yang kurang baik. ada indikasi dari staff disana sengaja mau demotivasi qta2 ini yang daftar Online. contoh: waktu pas sy dpt antri disuruh staffnya untuk melengkapi lebih lengkap data2 di formulir, padahal saya hanya kurang menulis ket no. hp. disuruh pergi dulu n belakang saya tidak ada orng sama sekali, saya kembali n menunggu di depan loket selama 15 menit karena staff tadi ntah dah kmna n tidak ada yang melayani, loket yg lain semua ada staffnya n lagi sibuk. setelah itu akhirnya datang juga n dicocokan dokumen ama yg foto copy setelah itu diberikan tanda terima permohonan, tapi saya disuruh kembali besok harinya. loh bukannya di hari yg sama saya membayar n di wawancara dan foto??? ada kesan sengaja dipersusah biar pake layanan calo kali ya? saya mau tanya neh ada gak rekan2 disini mengalami hal yang sama, jadinya gue harus singgah ke kantor imigrasi total 3 kali donk?

  44. royhan:

    Klo no identitas untuk anak2 pake NIK yg ada di Kartu Keluarga, ga bisa ngelanjutin krn Kartu keluarga ga ada tanggal expirednya? jd hrs gmna ya? info please???

  45. Ani:

    Beberapa minggu yang lalu saya coba bagus cepat masukin datanya. Tapi ini untuk ibu saya, dari tadi malem ga bisa aja, padahal udah milih lokasi pengurusan tinggal input tangglanya langsung ilang ga ada respon lagi dan itu berlangsung terus sampe siang ini. Saya jadi bingung karena udah merasakan kemudahan sebelumnya eh sekarang malah sulit banget, Mana yg untuk ibu saya lagi.

  46. Retti:

    @Ani : Apakah sekarang sudah bisa? Jika sudah bisa, tolong share donk apa yg dilakukan. Karena saya juga mengalami masalah yang sama, tidak bisa menentukan tanggal kedatangan. Thx

  47. santoso:

    buat semua yg ga bisa cek tanggal kedatangan, coba daftarnya pas jam kerja, jangan di luar jam kerja atau hari sabtu/minggu/libur…

  48. Steph:

    Kalo tanggal expirednya ikut KTP orangtua. Lalu nanti scan KTP juga menggunakan KTP orangtua (Kalau saya nge-scan KTP ortu saya sekaigus, jadi 1 kali nge-scan.)

  49. ale:

    19 Mar 13,
    Pengalaman saya Urus Paspor Online di Kanim Jakarta Utara – Kelapa Gading.
    Status Paspor : Hilang + Expired (2004-2009)
    Langkah2 :
    1. Scan dahulu berkas2 yang dibutuhkan dalam format A4, JPG, max. 1,5 mb / filenya.
    Berkas2 tersebut antara lain :
    – KTP,
    – KK,
    – Akta Lahir / Ijazah,
    – FC Paspor Lama (yang hilang),
    – Surat Lapor Hilang dari Kepolisian,
    – Surat Rekomendasi Perusahaan,

    2. Buka Website Paspor Online (harus via Internet Explorer, pengalaman via Mozilla bukti pra permohonannya gak muncul) :
    http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

    3. Isi formulir tersebut dan upload berkasnya 1 per 1

    4. Pilih Lokasi Kanim & tanggal kedatangan Anda.

    5. Akan pop up dalam bentuk PDF Bukti Permohonan Anda, Save & Print File tersebut.

    Nah Pas datang ke Kanim Jakarta Utara Kelapa Gading :
    1. Datang lebih awal sekitar pkl. 6.00. Karena disini wajib isi absen dulu yang dimana absen tersebut merupakan antrian untuk ambil nomor Urut.
    FYI aja per harinya di beri quota sekitar 70/100 orang. Jadi kalo sudah nomor urut lebih dari itu tidak dilayani. walaupun kita daftar secara online. So yang Online dan manual kudu absen antrian tersebut. Tips minta tolong org/Driver untuk nulisin nama kita di antrian tsb. (Jam 5.30 am sudah ada yg mulai antri, jam 6.30 sudah ada sekitar 50 org yang absen)

    2. Jangan lupa bawa berkas2 lengkap.
    3. Nah khusus saya yg status PASPORnya Hilang + Expired (2004-2009).
    berikut yang saya alami :
    a. ke Loket 2 Khusus Antrian Online
    b. di Loket 2 diperiksa berkas saya, trus disuruh ke Lt. 3 minta BonFile (FC Arsip2 saya di tahun 2004)
    c. trus disuruh ke Lt.2 untuk BAP (karena kehilangan) di jadwalin datang mg depan untuk BAP
    nah sementara baru sampai sini…
    Fillingku bakalan 3 x bolak balik :(

    Ribetnya jadi orang Indonesia…….
    Maksud hati mau jujur dengan mengatakan hilang dan abis berlaku,
    Berkas2 sudah lengkap, tunggu apa meneh toh pak pak :(

  50. lins:

    skadar share pengalaman, sy juga mengalami kejadian sama dng sdr santy dan udin…mmulanya saya kesal juga karena lembar bukti untuk di printout tidak keluar…saya coba lagi bkali2 malah ga nyambung…ternyata sy buka email, bukti pra permohonan sudah dikirim langsung ke email sy…..

  51. Mudahnya Membuat Paspor Offline Alias Datang Langsung | The Unggul Center:

    [...] saya sudah membuat tulisan tentang paspor online yang bermasalah (pribadi yaaa) disini. Nah akhirnya saya menyempatkan waktu untuk datang ke imigrasi kelas II Bogor untuk bikin paspor. [...]

  52. renti:

    jangka waktunya berapa lama ya ka”setelah kita terdaftar online…biar saya cek email saya tar,,makasih,

  53. ANDRI:

    SAYA UPLOAD KTP TIDAK BISA-BISA SAMPAI 2 MINGGU SETIAP HARI SAYA COBA SETELAH UPLOAD 100% TERDAPAT TULISAN “Kualitas gambar kurang baik, silahkan upload gambar yang memiliki kualitas lebih baik” PADAHAL SCAN KTPNYA:
    SIZE : 292 KB, GREYSCALE ,FORMAT:JPG
    KALAU KK DAN AKTE LAHIR BISA DI UPLOAD
    KENAPA YA? MOHON PENCERAHANNYA

  54. ANDRI:

    Up load KTP selalu gagal (sdh 1 minggu dicoba rata-rata 1 hari 3 jam ulang-ulang terus) padahal:

    size: 289 kb, greyscale format: jpg untuk dokumen lainnya berhasil

    tapi karena KTP berlum terupload tetap saja tidak bisa

    mungkin sengaja kali supaya kita pakai calo, karena saya sdh 10 kali bolak balik ke imigrasi Soekarno Hatta utk buat yg offline cuma dikatakan antrian offline habis padahal saya antri dari jam 6:30 disuruh online

  55. Irwan:

    Sampai saat ini Link tersebut tidak dapat diakses…… apakah ini salah satu cara agar masyarakat yg akan mengurus PASPOR ONLINE harus berurusan dengan CALO………

  56. Bagus Ardana:

    Kalau saya boleh berbagi pengalaman, saya baru saja selesai membuat paspor baru, saya daftar online dan sangat mudah prosesnya, mungkin saat anda daftar situsnya nya memang sedang bermasalah.. teman saya juga ada yg seperti anda kasusnha dan dia coba lagi keesokan harinya.. nyatanya berhasil.. daftar online itu sangat mudah dan cepat, untuk mengupload scan dokumen nya juga sangat mudah kok, ketika saya datang ke kantor imigrasi kelas 2 Bogor, saya tinggal verifikasi data, foto dan wawancara (Sebelum hari kedatangan saya sudah bayar di BNI senilai 255ribu plus biaya admin 5rb jd total 260ribu). Saya diminta datang 3hari kemudian untuk pengambilan paspor dan selesai. Paspor pun sudah ditangan.. semoga membantu.. pembuatan online memudahkan kita tanpa perlu mengantri lebih lama di kanim nya :)

  57. evi:

    minta tolong masukannya: kenapa ya setelah melakukan verifikasi terakhir itu gak muncul bukti permohonan, malah keluarnya menu yang pertama lagi… trus saya cek di status permohonan hasilnya tidak ada . saya sudah lakukan berkali2 ternyata hasilnya sama ,, mohon bantuannya teman2

  58. rian:

    http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/ adalah website bohong.
    gak bisa di akses sama sekali. saya akses selama 7 hari berturut turut.
    padahal koneksi kantor saya adalah internet exhcnage 100 mega. masih aja gak bisa. di rumah 10 mega juga ga bisa. itu website imigrasi adalah bohong.

  59. diana:

    saya pernah buat paspor dulu tahun 1999, kemudian di tahun entah 2004 entah 2005 buat lagi tapi di kantor imigrasi yang berbeda. nah paspor yang tahun 2004 itu gak tau ada dimana karena gak jadi kepake. nah klo sekarang mo buat paspor lagi, terus apa harus buat surat kehilangan buat yang paspor tahun 2004 atau lampirin paspor yang tahun 1999 gpp? (paspor yang tahun 1999 juga pake acara dicari dulu sih). bingung. tolong yang bisa kase pencerahan dimohon bantuannya. makasih..

  60. Diah:

    coba masukkan aja dulu kode perifikasinya trus ok, ntar ada warning masukkan tanggal, kemudian klik kembali tgl yang dipilih, setelah itu masukkan kembali kode verifikasinya trus ok.
    jadi langkahnya sedikit d balik…
    semoga membantu ya

  61. raimu:

    hmmmmmm, bisa aja tuuuuuh

  62. IRVAN:

    Calonya staff imigrasi juga kok mau di kanim mana juga, mau online antri sama saja. OMONG KOSONG.

  63. kiki:

    jum’at 31 februari

    Hari itu aku cuti karena mau bikin paspor. Waktu itu yang saya daftarkan adalah paspor online. Waktu itu sudah daftar dan sudah transfer. Yang tinggal saya lakukan adalah memasukan jurnal pembayaran. Saya sudah masuk ke email dan ingin verivikasi atau memasukan jurnal pembayaran tapi tidak bs saya enter atau masuk ke tahap selanjutnya karna saya merasa sudah transfer melalui bni sbesar 255.000 maka saya langsung datang dengan membawa print out dan bukti bayar. Nyatanya setelah saya datng ke kantor imigrasi hasilnya NIHIL. Kata pegawainya harus ferivikasi dahulu padahal jelas2 print out sudah ada dan bukti bayar sudah ada. Mereka tidak mau tanggung jawab. Kesalahan sistem adalah bukan kesalahan saya. Seharusnya sudah disiapkan solusi sebelum membuat sistem. Bukannya membuat sistem batu mencari soluSi setelah ada masalah

  64. nia:

    Akhirnya nemuin web ini, makasih sebelumnya…saya cari temen senasib inih, pengalaman bikin passpor online masih belum berakhir, saya besok nekat ke kanim imigrasi kelas 1 soetta, awalnya saya problem di upload data, sempet kesel tapi saya nyoba jam 3 pagi lancar abis, setelah saya dapat bukti pra permohonan, saya bayar ke bni ga sah pake nomer rekening, mreka udah tersistem dengan nomer billing bank yg tertera di bukti pra permohonan. NAH satu masalah saya adalah, ketika udah bayar trus saya masukkan nomer bank dan selanjutnya pilih tanggal kedatangan ke Kanim, yg keluar adalah pemohon tidak ditemukan, berkali kali saya coba hasilnya eror, kalo ga pemohon ga ditemukan…saya udah bayar dan besok kudu langsung ke soetta buat klarifikasi, tapi gimana kalo besok ga sah n ngulang lagi or bayar lagi…bener2 ga fair kan…ada yg senasib kah? Please help sharingnya

  65. [email protected]:

    ngga perlu surat kehilangan, karena pada dasarnya istilah perpanjang untuk paspor itu tidak ada, krn prosedurnya kita itu sebenarnya bikin baru terus menerus. cmiiw.

  66. tanto:

    mungkin link verifikasi yg dikirim ke email kita perlu di-klik dulu sebelum bayar ke bni.

    saya juga coba permohonan online tadi malam. loading situs nya lambat, terutama di bagian upload. lewat tengah malam baru lancar. hari ini rencananya mau ke BNI buat bayar biayanya

  67. aswin:

    Mbak, boleh tahu perkembangannya gimana? saya baru saja mengalami masalah yang sama persis, bingung harus gimana.

  68. aswin:

    Mbak, boleh tahu perkembangannya gimana? saya baru saja mengalami masalah yang sama persis, bingung harus gimana.

  69. tanto:

    sekedar sharing info:

    di kaskus banyak cerita yang “senasib”. mulai dari situs yang susah diakses, upload dokumen yang selalu gagal. dan yg terbaru adl ngga bisa pilih tanggal kedatangan di kanim.

    saya daftar hari kamis kemarin, sudah bayar via BNI dan sampai sekarang masih belum bisa juga pilih tanggal kedatangan di kanim.

    hari ini rencananya mau datang lagi ke kanim lansung bawa semua berkas.

    semoga bisa langsung di-proses tanpa antri panjang. mohon doa-nya ya ^_^

  70. Gina:

    Hasilnya gimana mas?? pse info donk..

    soalnya persis sama dengan saya mas kasusnya, jadi page nya ngerefresh setiap saya klik cek tanggal. keluar kode error :29, ini sudah saya coba berulang-ulang mulai dari pagi siang malem selama 2 hari ini dan masih dengan respon yang sama. saya sudah langsung datang ke Kanim dengan santainya si petugas bilang, “dicoba lagi mba jam 2/3 pagi gitu pas webnya gak rame”. dia kira gue kalong wewe kali jam sgtu masih melek?? >_<". saya bilang apa gak ada solusi pak? dia jawab "kalo nanti malem di coba gak bs juga besok mba balik lagi" saya melotot!! hah?? itu aja solusinya??? "iya mba, kita kan hanya menjalani, saya diinstruksikan nya hanya seperti itu (Robot donk) nanti klo mba coba masih gak bisa baru kita buatkan laporan ke kantor pusat spy mereka proses". saya tambah melotot "pak, memang knp klo dibuatkan laporannya hari ini? nyata2 sampe pagi ini saya coba masih gak bisa juga, masa saya harus balik lagi besok ??" "Coba dulu mba, mbak kan belum coba, siapa tau nanti bisa, memang sering begini mba klo Via online" whaattaaaa!! pengen gue giles pake papan cucian ni orang!!
    #speechless dan desperate beratt!!

  71. erlina:

    sis, boleh coba masukin nomor bukti pembayarannya itu JURNAL BANK.
    tdnya aku juga masukin nomor narasi, nomor referensi… smua gua cobain, ternyata berhasil setelah saya input jurnal bank dr slip bni. ternyata masalahnya di nomor buktinya salah input. dicoba deh

  72. tanto:

    saya juga dibilangin gitu (disuruh coba sampe bisa) dihari sebelumnya. sy waktu itu nanya ke petugas yg di meja offline/reguler, kebetulan sudah hampir tengah hari juga

    tapi waktu sy dateng pagi, di sana sudah ada petugas yang standby ngurusin pendaftar online. kemungkinan petugas yg saya tanya di hari sebelumnya ngga paham ngurusin yg online.

    saya sampe di kanim jam 8:30 pagi, sudah selesai photo & wawancara jam 9:30. lumayan cepat, kebetulan yg aplikasi online cuma 2 orang :-D

  73. crisgame:

    ya benar masukkan nomor jurnal Banknya
    pasti bisa

  74. icus:

    agan agan,, saya udah hampir putus asa, desperado dan hampir mati (lebai) , udh 2 hari melek,, nyoba konfirmasi kedatangan dikanin dan msih ssh buat mengakses coba agak malam sekitar jam 10 malam. langkah langkahnya gan :
    1. masukan kode bank bukti pembayaran, silahkan diketik : “JURNAL BANK” karena pake itu saya berhasil.. krn nomer2 dikwitansi udah dicoba diketik dan gagal semua. dan pake JURNAL BANK berhasil.
    2. upload ktp emang susah coba pake cara mengompres : buka ktp udah discan, buka microsoft office picture manager , edit picture (gambar dikanan atas ), klik compres picture, document, klik ok
    3. proses yang lainnya sama gan,, silahkan mencoba..semoga membantu

  75. darschan:

    aduh gan, ane udah coba sesuai aturan, semua udah dlakoni, udah bayar bni, klik lanjut ato copy paste link untuk pilih tanggal ke kanim, eh munculnya permohonan tidak dtemukan. emang bisa ya daftar online belum dapet tanggal, trus langsung datang k sana?

  76. lina:

    Saya jg bernasib sama.. sudah bayar tapi begitu sampai kanim dijawab blm bayar statusnya. Akhirnya disuruh tinggalin fotokopi bukti bayar dan nomor telepon. Katanya akan dihubungi kembali tapi hingga hari ini tidak ada kabr. Saya sangat desperate.. please update info teman2 lainnya yang senasib. Thanks

  77. carissap:

    Hi mau tanya dong,
    saya sudah berhasil daftar via online dan sudah bayar ke BNI terdekat dgn lokasi saya, kemudian saya baru sadar kalau saya ada salah input tanggal ktp saya dikeluarkan, seharusnya yang saya tulis 23-07-2012 tapi akibat ketidak telitian saya, saya tulis 07-05-2012, bagaimana ya solusinya? apakah menjadi masalah nanti pada saat saya ke kanim?

  78. Devya:

    Iya aq juga hmpir 2 minggu ga ada tlp dari Kanimnya, padahal bapaknya bilang akan ditlp..
    Desperate,, ini aq rencana mau daftar trs bayar lagi .. Tapi Trauma juga lewat online..

  79. atull alhady:

    mba, numpang tanya donk.. aku kan udah bikin pasport online, nah setelah daftar aku dapet email yang berupa tanda terima pra permohonan , aku print tuh ada 2 lembar, lembar 1 u/ pemohon/bank lembar kedua untuk kanim.. nah yang aku bingungin di tanda terima itu udah tertulis total pembuatan pasport..sedangkan disitu ada no billing dan saya sendiri belum bayar. besoknya saya ke BNI U/ Bayar.. tapi kata teller bank nya itu sudah di bayar. itu gimana ya solusinya ?
    saya sendiri belum pernah bayar..tapi kata orang bank nya itu udah d bayar. bingung saya.. mohon infonya..thankss

  80. anita:

    saya udah ngalamin nih….
    saya bikin passport secara online, yeah memang pas upload2 docs nya rada nyebelin sih, tp krn mikir pengen irit cuti jd ya diupayakan tetep upload online.
    pas dtg buat interview & photo ok sih, walaupun spt nya gak efek, krn tetep aja antri bareng2 yg ga online. Malah dongkolnya diserobotin sama yg calo donk….
    anyway, pas mau ngambil passport, kan katanya ga boleh diwakilin. jd lah curi2 waktu lagi deh buat ambil. pas sampe sono…. masa passport nya TIDAK ADA …. gubrak deh….
    kt petugas kanim nya, kayanya kebawa sama si calo2 pas calo2 itu ngambil.
    HEH??? koq bisa ya???
    Kanim Jakut parah bgt…..

Leave a comment