Pelajaran Lingkungan, Energi, Climate Change, Global Warming, dan Bumi dari Pakarnya

Sudah banyak cerita teman-teman penggiat hemat energi dan go green mengenai bagaimana mencintai bumi tercinta ini. Dan tulisan saya keliatannya sih,  nggak menambah kegiatan aksi yang biasanya dimulai dari yang kecil itu. Tapi kalau diperhatikan lagi, ini adalah AKSI NYATA juga. Karena disini kita mendapatkan bagaimana beraksi dan apa landasan kita beraksi. Jadi nggak Ikut-ikutan… Apalagi hanya untuk “sekedar” lomba. This is beyond that. Saya berharap tulisan ini agak sedikit menambah pengetahuan sobat bumi (istilah keren nih hehe..) untuk semakin mendalami perihal energi dan kelestariannya. Mengapa penting dan mengapa perlu? Dan mengapa KITA? Nggak ada orang lain apa? Hehe..

Nah, jawaban dari itu semua tidak saya paparkan, karena saya bukan pakarnya. Saya hanya mencoba menjadi pelaku. Aktornya, sebagaimana teman-teman semua. Yang sudah mencoba melakukan sesuatu untuk bumi tercinta. Ya kan? Jawaban pertanyaan itu bisa teman-teman dapatkan dengan bertanya, membaca, melihat alam sekitar, melakukan (take action) dan .. Kuliah.

Wow, apa-an nih, kok ada kuliahnya? Inilah yang ingin saya sampaikan. Bagi teman-teman, “sobat bumi” baik yang sudah memulai aksi maupun masih #galau mengenai buat apa melakukan ini itu dalam melestarikan bumi (utamanya ya tentu bumi pertiwi Indonesia!) maka kuliah tentang Energi, Lingkungan, Pembangunan berkelanjutan, tentu banyak manfaatnya.

Ciyus, miapah? Bener kok. Karena bisa menambah ilmu dan menjadi agent of change (agen perubahan) dan selain itu, bisa menyebarluaskan apa yang didapat secara praktis dipadu dengan teoritis sehingga yang namanya kontribusi untuk bumi dan lingkungan bisa semakin masif lagi. Kalau sudah lebih banyak, barisannya lebih rapi, intelektualitasnya juga mumpuni, gak mungkin deh pembuat kebijakan di atas sana nggak mendengarkan apa kata kita! Kita ngga bodoh dan ngga bisa dibodohi hehe..

Jadi, kuliah macam apa? Serius amat, urusan begini perlu kuliah? Nggak ada waktu men.. nggak ada biaya.. dan saya masih SMA !

Mungkin itu dipikiran kita semua ya. So, saya kasih tau, ada kuliah-kuliah yang GRATIS dan berisi banyak muanfaat dari pakar-pakar dan pengajar top dari Kampus ternama internasional! Wow! Emang ada? Iya. Kuliahnya buanyaak, tempatnya di Coursera. Disini, model perkuliahan disetting mirip banget sama kayak kuliah aslinya di (biasanya) Amerika Serikat sana. Bahkan modelnya seperti per-semester dan kita ngga bisa sembarangan masuk ruang kuliah tanpa daftar dan juga masuk ditengah-tengah jalan! Bisa aja sih tapi perlu ngejar ketinggalan pelajaran hehe..

Ini mata kuliah-mata kuliah yang terkait energi, lingkungan dan bumi. Cekidot nih. Siapa yang tadi bilang kalau masih SMA? Ini ada kok buat anak-anak! Belajar dari Super hero :)

Belajar Global Warming dengan Fun!

Nah sebelum ngomong panjang lebar tentang pentingnya bumi pertiwi, yuk ikut kuliah tentang Bumi! Dijamin bakal manggut-manggut didalam kelas didepan laptop !

Belajar tentang bumi. Nggak ngebosanin kayak Geografi loh, suwer!

Perubahan Iklim? Ini mata kuliah intinya!

 

kelas perubahan iklim

Eh iya sebelum belajar perubahan iklim, belajar dulu tentang iklim!

belajar tentang iklim biar tau mahluk apa itu iklim :D

Ngikutin kuliah yang ini, kamu bisa mengerti mengenai energi dan bisa tau juga apa dan mengapa itu pertamina dan apa saja kegiatannya termasuk kewajibannya! Hehe..

Memahami tentang Energi

Biar lebih paham, ambil juga matkul ini nih

Bagaimana energi berkelanjutan, dibahas disini..

Oya, apa itu berkelanjutan alias sustainable (susah banget nyebutnya.. awas lidah keselip cuih cuih  hehe..) yuk ikut kelas ini biar tambah mantab.

 Dari sekian matkul diatas, perlu dicek ya tanggal mulainya. Dan ingat, selain mesti enrolled (daftar) juga perlu dicek bagaimana perkuliahannya ya. Ada aturannya loh. Ada quiz, ada ujian juga kadang. Namanya juga kuliah. Yang enaknya, kamu bisa dapat sertifikat loh, langsung dari Universitas dan ditandatangi oleh Dosen tersebut! Mantab kan! Bagi yang baru mau coba, boleh juga dicek dulu video introduksinya biar semakin yakin kalau mampu ngikutin matkul yang disajikan.

Oke, sobat bumi, selamat berkarya, berbuat, bertindak. Saya rasa, belajar energi dan lingkungan juga adalah TINDAKAN. Hal yang kecil juga, tapi berdampak besar juga. Jadi nggak salah dong belajar energi dan lingkungan? Sebab, kita jangan lupa penuhi relung pikiran kita dengan hal-hal positif, termasuk pengetahuan mengenai Bumi, Energi, Lingkungan dan sebagainya agar kita menjadi generasi yang nggak Ikut-ikutan! Tapi memang punya kesadaran dan pengetahuan. Untuk itu pendidikan penting, dan kuliah dari para dosen terkemuka dan pakar lingkungan, energi dan ilmu bumi tentu sangat sangat bermanfaat! Selamat berjuang!

*tips : klik gambar untuk melihat lebih jelas detil matakuliah, waktu pelaksanaannya (berapa lama dan mulai kapan)

 

Subscribe / Share

[email protected] tagged this post with: , , , , , , , Read 345 articles by

Apa Pendapatmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Intellectuals Networked

Iseng Dijual by UC

Fast & Most Reliable Domain Hosting Services!
Toko Online Gratis

My Books

Intellectual Visits

free counters

free web counter

Tweet with UC

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Switch to our mobile site