Era Cyber Lawyer, Bantuan Hukum Pengacara “Gratis”!

http://www.unggulcenter.org/2016/10/07/era-cyber-lawyer-bantuan-hukum-pengacara-gratis/

Semua orang pasti punya masalah. Untuk menyelesaikannya, beragam cara dapat digunakan. Ketika semua mentok, biasanya dibawa ke hadapan hukum menjadi alternatif terakhir. Mengapa terakhir, karena membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Belum lagi pupus kekeluargaan akibat masalah keluarga menjadi “masalah hukum”.

Tentu kita tak mau itu terjadi bukan? Namun, amit-amit, jika terjadi, apa yang harus dilakukan? Biasanya, orang akan meminta bantuan penasihat hukum, pengacara dan bantuan hukum sejenis. Nggak mudah. Namun juga di era internet saat ini, tak pula terlalu sulit.

Netizen, yang saat ini didominasi banyak anak muda suka tersangkut masalah hukum pula. Cara terbaik bagi mereka, tentu bertanya sama mbah google. Bertanya di mesin pencari tak serta merta mendapat jawaban.

Banyak kasus, misalnya seputar UU ITE alias UU No 11 Tahun 2008 dipergunakan sebagai landasan hukum untuk menjerat netizen. Katakanlah, dalam bersuara. Sebab, dengan pasal karet Pasal 27 ayat 3 maka banyak yang takut dipolisikan.

uu-ite-pasal-27-ayat-3
Ini Pasal Karet UU ITE dan dampaknya

Saya sendiri, Alhamdulillah, belum pernah bermasalah. Namun saya dan teman-teman sering menemukan beberapa aktivis yang diperkarakan gara-gara bersuara di media sosial ataupun internet pada umumnya. Rata-rata kena pasal defamation alias pencemaran nama baik itu.

 Ini Cara Mendapatkan Bantuan Hukum “Gratis”

Selain dibantu oleh para aktivis dan pengacara yang membela para netizen ini ketika kasus, saat ini ada pula situs baru yang dapat dimanfaatkan untuk kita para netizen dan siapapun yang melek IT untuk bertanya dan berkonsultasi gratis melalui medoa form dan chatting seputar masalah hukum yang didapati.  Kita juga bisa mencari pengacara/advokat, notaris dan penerjemah tersumpah. Jika memenuhi syarat, bisa gratis, pakai tanda kutip ya. 

Namanya Justika.com yang baru saja launch beberapa bulan lalu. Saat ini, sudah banyak praktisi hukum yang menjadi konsultan hukum untuk kita. Walau ada syaratnya, seperti saya bilang diawal, kamu yang tdk mampu harus tunjukkan keterangan tidak mampu. Dibantu cuma-cuma, alias Pro Bono kalau bahasa hukumnya. Total. Eit, jangan merasa kecele dulu ya, karena konsultasi kamu di justika.com sesuai dengan tatacaranya akan juga dibantu. Curhat masalah hukum akan dibantu dengan syarat-syarat tertentu yang mgga berat.

Peraturan PERADI No.1 Tahun 2010 ada loh, bahwa advokat wajib meluangkan waktu sekurang-kurangnya 50 jam pertahun untuk memberikan layanan hukum kepada masyarakat tidak mampu.

Jadi, justika.com ini menjadi situs yang menarik, karena para praktisi hukum berkumpul untuk menjawab semua permasalahan yang kita ajukan. Secara langsung di post pertanyaan kita. Tentu, sesuai dengan kompetensi mereka dan mekanisme “bisnis sosial” dari justika.

Permasalahan pun tak selalu yang sangat serius. Kita bisa berkonsultasi soal perjanjian jual beli, surat menyurat tanah, hingga berbagi warisan. Disini juga ada loh penerjemah tersumpah untuk berbagai surat kontrak dan perjanjian yang kita butuhkan. Yup!

Kerennya lagi, yang bertanya, alias kita, juga dapat memberikan penilaian. Hal itu meningkatkan reputasi mereka sebagai konsultan hukum di Justika. Menarik dan bermanfaat bukan?

Dikarenakan situs ini sangat-sangat bermanfaat, maka UC memberikan ulasan sedikit dan mengharapkan teman-teman membagi informasi ini, karena diluar sana, banyak yang membutuhkan.

Tengok saja, begini tampilannya. Disini kita bisa langsung to the point, cari praktisi hukum dan bantuan hukum gratis. Isi aja curhatan kamu dikolom bro. Langsung kirim. Kalau ngga mau lama-lama karena pastinya curhatan kamu dimoderasi sama admin dulu, baru ditayangkan dan dijawab, bisa juga langsung chatting dengan admin justika.com sehingga bisa lebih to the point lagi.

justikacom
silakan curhat persoalan hukum anda!

Pada menu atas, ada direktori yang kamu bisa klik untuk melihat praktisi hukum yang ada di justika.com. lengkap dengan atributnya misalnya gambar verifikasi dan ijazah dibagian bawah foto yang nanti akan berwarna apabila tim justika.com sudah memverifikasi yang bersangkutan. Saat ini, sudah 329 praktisi di berbagai wilayah Indonesia yang siap bantu kamu!

justika-com-direktori-hukum
praktisi hukum yang siap membantu sesuai kompetensinya.

Menu disebelahnya adalah Hub yang berisi daftar kasus-kasus yang kamu sedang hadapi dan ditangani oleh lawyer dan atau praktisi lain di justika.  Untuk melihat hub ini, kamu harus login dulu disebelah kanan. Untuk itu, segera daftar aja siapa tau butuh kan, minimal penerjemah hehe..

Silakan login dengan beberapa cara
Silakan login dengan beberapa cara

Selain itu, di situs ini juga dilengkapi dengan menu panduan cara pakai. Artinya, yang dateng ke situs yang bermanfaat banget ini gampang untuk melanjutkan bagaimana cara menggunakan situs ini dengan optimal.

cara-pakai-justika

Ada dua pengguna yaitu pertama, Masyarakat Umum yang mencari bantuan hukum. Caranya simpel, kamu informasikan persoalan hukum kamu di form yang ada. Lalu dalam hitungan jam, cepat loh, akan ada beberapa proposal penawaran jawaban bantuan hukum dari lawyer yang ada di justika.com kamu tinggal pilih aja mana yang pas. Karena di proposal juga mereka mencantumkan profil, lingkup pekerjaan dan seterusnya. Setelah dipilih oleh kamu dan bantuan konsultasi hukum mereka jalankan, jangan lupa beri review dan nilai.

Sedangkan untuk pengguna kedua, yaitu untuk Praktisi Hukum yang mencari klien. Langkahnya login saja, nanti ada persoanal hukum yang dikirim dari pengguna masyarakat umum yang cocok. Sebagai praktisi, Anda berhak merespons atau tidak. Pilih-pilih saja proposal masalah yang masuk.

Jika mau merespons, maka kirimkan proposal penawaran. Biasanya ada beberapa praktisi yang mengirim proposal ke klien. Klien yang akan membandingkan dan memilih. Nah, jika Anda menang, selanjutnya bisa melakukan detil komunikasi melalui pesan dari Justika.com atau bahkan bertemu langsung. Terakhir, Anda akan mendapatkan badge kepercayaan dan meningkatkan reputasi di justikacom dan berdampak pada reputasi Anda juga sebagai praktisi hukum secara riil.

Gampang kan?

praktisi hukum bisa daftar langsung dan login
praktisi hukum bisa daftar langsung dan login. Kompetensi wajib dicantumkan untuk beragam permasalahan klien

Jadi saran saya, segera saja daftar dan login, baik kamu yang masyarakat maupun praktisi karena era digital saat ini akan menjadikan platform konsultasi dan bantuan hukum gratis ini menjadi pilihan yang rasional ke depannya. Sebagai media untuk meningkatkan reputasi praktisi hukum maupun bagi masyarakat, membantu dalam menghadapi persoalan hukum yang dihadapinya.

Sebagaimana yang ditulis pada laman “tentang kami” di justika.com, saat ini bantuan hukum real-time location-based services, dan track record berdasar reputasi yang dipilih generasi digital saat ini (netizen). Kedepan, semua menjadi generasi ini, dan semua masyarakat mebutuhkan bantuan hukum yang fast responds, transparan, kompetitif dan real time.

Dan, jika kamu warga negara yang memenuhi syarat, bisa mendapatkan bantuan hukum gratis. Diluar itu, mari nikmati era solusi dan pemanfaatan dari kecepatan internet, kecepatan dalam interaksi menangani persoalan kehidupan.

Selamat datang di dunia “cyber lawyer”!

Comments

comments

43 thoughts on “Era Cyber Lawyer, Bantuan Hukum Pengacara “Gratis”!

  1. Justica.com perlu di coba nih. Ini terobosan baru, selama ini beturusan dng hukum bukan hanya takut fukuan taou lbh karena ketifakrahuan. Ada konsultan hukum secara online, nembantu/mempermudah masy. Saya akan coba. Thx u utk infonya

  2. Semoga terhindar dari masalah hukum aamiin, justika.com bikin kita melek hukum ya kang, bermanfaat banget ni..

  3. Ah keren banget, ada juga ya orang yang berhati mulia punya niat bikin aplikasi beginian. Pasti banyak orang yang terbantu, melihat sekarang ini banyak banget orang yang awam hukum apalagi berasal dari kalangan masyarakat tidak mampu. Sekalian cerita, saya sering nemuin orang yang suka sok ngasih anceman anceman ‘saya laporkan ke polisi’ dalam beberapa kasus sebagai senjatanya mereka, dan beberapa dari mereka mengancam ke orang yang mereka anggap awam dalam hukum sehingga mereka bisa seenaknya ngebodoh-bodohin orang dengan embel embel ‘dipolisikan’ padahal kan ada kriteria tertentu dan ga sembarang ‘kesalahan’ bisa dipolisikan atau dilaporkan ke polisi. Tapi masih sering saya temui, orang yang lebih punya kuasa menakut nakuti orang yang tidak mampu dengan ‘senjata’ ini. Memaksa mereka untuk nurut, kalau ga nurut ‘dipolisikan’ lah, itulah apalah. Tapi setelah adanya aplikasi ini, saya yakin semakin banyak orang yang bakalan terbantu dan mengurangi orang orang yang bakalan dibodohin atas nama ‘hukum’.

  4. Wuihi kerennnnnn.. Semoga dengan adanya Justika bisa membantu memenuhi kebutuhan hukum masyarakat Indonesia ya, mas 🙂 mudah diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, top dehhhh..

  5. Sangat menarik untuk diulas. Itu dikarenakan ini adalah salah satu “Fasilitas baru” pada sistem online. Apalagi di bidang hukum. Ini sangat membantu untuk masyarakat yang “low budget” untuk menyewa pengacara dan lain-lain, dan yang lebih meyakinkan, tidak semua orang dapat berkonsultasi secara gratis, namun ada ketentuan ketentuannya?. Semoga ini awal tren positif dari dunia maya?

  6. Kadang google ga bisa jawab pertanyaan ttg hukum di Indonesia. Atau saat nyari notaris tau2 alamatnya dah ga update.

    Kalo ada justika.com begini, masalah hukum jadi makin mudah dicari tau kan ya.

  7. Kenapa pale tanda kutip gratis nya hahaha
    Btw sekarang semua urusan jadi mudah, dulu kalo urusan ama hukum itu menakutkan

    1. iya, skrg ga perlu takut, bisa curcol macem2 ama pengacara gratis di website. sama admin juga hihi.. Hooh pake kutip takut salah persepsi, kalau beneran jadi kasus hukum, tentu biaya biaya pengadilan n tetek bengek ngga gratis heehe.. padahal sudah terbiasa gratis minta pendapat n konsultasi. 😀

  8. Wah bermanfaat bgt tulisannya, banyak juga ternyata kasus UU ITE ya , baru sadar kalau semua udah serba cyber sampe nyari pengacara juga ya.. Zaman udah canggih euy

    1. iya free tapi ada syaratnya. Untuk login n konsultasi pun begitu. Lumayan lah, bisa cepat n kalau tanya hal2 juga free. kalau pendampingan kasus riil nanti ada syarat ketentuan pak.

  9. Sebagai user media sosial, tulisan mas Unggul ini perlu dan keren…..terima kasih infonya, saya mau coba konsul juga hehehe…..salam

  10. Sama kayak marketplace atau online shop, kita sebagai pengguna jasa, bisa memberikan nilai juga ya ke praktisi ini.

  11. Probono ini penting banget ya biar kalau ada yang butuh bantuan hukum tau apa yang harus dilakukan kalau butuh pengacara

  12. Kalau sudah terkait masalah hukum bisa nyita waktu keribetannya ya Mas? Mendingan menghindari aja dan banyak konsultasi soal ini ke pengacara atau bantuan hukum via justika.com ini

    1. terjamin kaka.. nanti admin yang juga orang hukum akan informasikan yang memang boleh ditulis dipublik. Ada editingnya sebelum tayang hehe.. kalau chat ama admin pun, kerahasiaan terjamin kok

  13. Hari ini aku agak puyeng ngurusin perjanjian kerja sama di kantor, ada bahasa hukum yang berat dan aku hrs tanya sana sini utk bisa memahami. Ewh, aku lupa kalo ada justika, harusnya aku curhat aja di web nya ya. Kan fast respon

  14. gak cuma belanja dan transportasi online, konsultasi hukum juga bisa online, bahkan bantuan jasanya pun bs gratis yaa.
    angin segar dunia hukum kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.