Taman Waduk Pluit Jakarta Gelar Festival Seni Budaya Nusantara

http://www.unggulcenter.org/2017/03/02/taman-waduk-pluit-jakarta-gelar-festival-seni-budaya-nusantara/

Taman Waduk Pluit Jakarta yang merupakan salah satu taman kota yang menjadi unggulan pemerintah DKI Jakarta menggelar Festival Seni Budaya Nusantara, dengan fokus seni budaya Betawi, pada Minggu, 26 Januari 2017 lalu.

Taman Waduk Pluit Jakarta
Masyarakat menyaksikan pembukaan Festival Seni Budaya Nusantara di Taman Kota Waduk Pluit Jakarta

Acara ini didukung oleh Kementerian Pariwisata RI sekaligus sebagai sinergi dengan Pemerintah DKI Jakarta. Festival yang bertepatan dengan kemeriahan wisata religi Perayaan Cap Go Meh 2017  ini mengambil tema Indonesia Bersatu dalam Cita dan Rasa.

Pelaksanaan acara yang berlangsung di Taman Waduk Pluit, Jalan Pluit Timur Jakarta Utara mulai pukul. 05.30 s.d 22.00 wib, dari pagi hingga malam ini berisi rangkaian acara yang meriah.  Acara diawali Persembahyangan dan Doa untuk perdamaian dan kesatuan bangsa, kemudian prosesi pelepasan satwa sebagai penghuni taman waduk pluit yaitu burung, belut, ikan lele dan kura-kura.

Masyarakat juga dapat mengikuti senam massal yang saat itu diikuti kurang lebih 600 peserta, juga beragam pertunjukan seni budaya betawi dan tarian nusantara. Termasuk Barongsai dan Liong yang menjadi ikon kemeriahan Cap Go Meh.  Pengunjung menyaksikan orkes keroncong tugu, gambang kromong, topeng Betawi, dan lenong Betawi, serta beranjang sana wisata kuliner dengan Makanan khas Lontong Cap Go meh bersama-sama.

Dalam pembukaan Festival di Taman Waduk Pluit Jakarta ini, Pemda DKI Jakarta diwakili Asdep Bidang Pariwisata H. Eldi dan Asdep Bidang Budaya Usmayadi . Walikota Jakarta Utara diwakili Seko dan Kasudin Parbud DKI Matnasir dan Bidang Promosi Wisata Budaya, Asdep Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata RI. Kadis Parbud diwakili Kabid Seni Budaya Ahmad Yani, Kepala Pengelola Taman Kota Waduk Pluit Indra, Camat, Kapolsek, Danramil Penjaringan, dan Lurah Pluit serta ribuan pengunjung yang memenuhi area acara.

taman waduk pluit jakarta
Para pendukung festival seni budaya nusantara di Taman Waduk Pluit Jakarta

Acara festival seni budaya di Taman Waduk Pluit ini didukung banyak pihak, yaitu Kementerian Pariwisata dan Budaya RI, bersinergi dengan Pemda DKI Jakarta, Pemkot adm Jakarta Utara dan Jakpro ( pengelola taman wisata waduk pluit) dan masyarakat umum yang hadir.

Festival ini diharapkan menjadi salah satu gong dengan tujuan mengangkat dan mensosialisasikan taman wisata waduk pluit sebagai salah satu destinasi wisata di DKI Jakarta yang patut diperhitungkan dan menjadi andalan daerah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.