Gunakan Bahan Ini, Tips Cara Memasak Jengkol Berasa Empuk dan Tidak Bau!

http://www.unggulcenter.org/2017/03/08/tips-cara-memasak-jengkol-berasa-empuk-dan-tidak-bau/

Tips atau Cara Memasak Jengkol, apakah diperlukan? Banget. Karena Jengkol merupakan lauk khas nusantara, dan lazim dikonsumsi oleh banyak orang karena kelezatannya yang kata mereka penyuka jenis sayur ini (kategori yang sama dengan terong, pare, kacang buncis atau tomat sebagai sayur-mayur) nikmatnya tiada tara, seperti memakan daging. Jengkol, juga tak dikonsumsi seperti kacang rebus yang langsung dimakan, karena harus dimasak dan dijadikan aneka kuliner yang menarik dan lezat.

cara memasak jengkol

Tentu yang jadi masalah dari jengkol tak lain dan tak bukan adalah baunya. Selain itu, kadang masakan jengkol juga keras dan tidak empuk. Untuk itu, ini dia bahan-bahan yang dapat Anda gunakan sebagai tips memasak jengkol berasa empuk dan tidak bau.

  1. Air Bekas Cucian Beras.

Tips cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk yang pertama adalah dengan merendamnya di air cucian beras. Perendaman jengkol dilakukan semalaman sehingga jengkol menyerap air beras dan ketika diangkat, jengkol sudah siap diolah menjadi berbagai aneka kuliner jengkol yang lezat.

  1. Kopi Hitam

Tips cara menghilangkan bau jengkol kedua adalah dengan menggunakan kopi bubuk. Karena kopi memiliki aroma yang tajam dan wangi, sehingga dapat dijadikan bahan untuk menghilangkan bau jengkol. Lakukan perebusan jengkol dengan menambahkan kopi hitam. Takaran kopi sesuai selera, biarkan agak encer karena dalam merebus tentu nanti air berkurang sehingga kopi akan berkurang. Lakukan merebus satu jam hingga Anda merasa jengkol sudah empuk. Setelah itu bersihkan dengan air keran, dan jengkol siap diolah.

  1. Jahe

Jahe dipercaya dapat pula menghilangkan bau jengkol dan menjadi bahan untuk cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk. Caranya hampir sama, rendam dengan air jahe seperti kita membuat minuman jahe. Perbanyak air sesuaikan dengan kebutuhan rebusan 1 jam lebih.

  1. Serai

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk lainnya adalah dengan menggunakan bahan serai. Serai dipotong-potong, masukkan potongan ke dalam air rebusan jengkol. Rebus selama sekian waktu, kemudian matikan api, rendam dahulu hingga jengkol tidak panas.

  1. Abu Gosok

Abu gosok dapat pula digunakan untuk menghilangkan bau jengkol dan memasak jengkol agar tidak bau dan empuk. Caranya, abu gosok yang biasa kita jadikan sebagai bahan untuk mencuci piring ditambahkan ke dalam rebusan jengkol hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan saja dalam waktu beberapa menit, baru kemudian tiriskan, ganti air yang ada dengan air dingin rebusan, rebus kembali guna menetralkan rasa abu dan agar dapat dimakan dengan sehat. Diamkan dahulu semalaman setelah mendidih, baru jengkol siap diolah. Air Kapur Sirih

  1. Daun Jeruk

Daun jeruk dapat membantu cara menghilangkan bau jengkol dan memasak jengkol agar tidak bau dan empuk. Masukkan saja daun jeruk ke dalam rebusan jengkol dengan air biasa. Setelah mendidih, diamkan semalaman. Esoknya siap dijadikan hidangan kuliner jengkol seperti jengkol balado, rendang jengkol, semur jengkol dan seterusnya.

  1. Daun Salam

Daun Salam juga bermanfaat membantu menghilangkan bau jengkol dan memasak jengkol agar tidak bau dan empuk. Daun salam yang dapat dibeli dipasar tinggl dimasukkan saja ke dalam rebusan jengkol. Selain itu, daun salam dapat dimasukkan pada saat Jengkol yang suda matang direbus dan diolah menjadi lauk. Beberapa lembar daun salam akan membuat rasa masakan jengkol enak dan tidak berbau menyengat.

  1. Daun jambu biji

Cara menghilangkan bau jengkol dan cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk yang terakhir adalah dengan menambahkan daun jambu biji. Daun ini sama fungsinya dengan daun salam atau sereh, memiliki aroma tajam dan khas sehingga dapat digunakan sebagai bahan penetral bau namun tidak menghilangkan rasa jengkol yang unik.

tips memasak jengkol

Nah itulah bahan cara menghilangkan bau jengkol dan cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk. Silakan dicoba dan kreasikan masakan jengkol dengan beragam olahan yang menggunakan bahan dan bumbu yang memiliki aroma yang tajam, agar jengkol semakin tidak berbau tanpa mengurangi rasa jengkol yang melegenda, kata orang lebih enak dari daging sapi!

 

Comments

comments

17 thoughts on “Gunakan Bahan Ini, Tips Cara Memasak Jengkol Berasa Empuk dan Tidak Bau!

  1. Masak Jengkol gak ada baunya? Lha bukan jengkol namanya, ckckck. Tapi boleh jg dicoba biar gak bikin bau tetangga. Btw, jengkol skrg mahal bok

  2. Pakai abu gosok bisa? Wa
    lbh gampang pakai jahe, serai, sejenis tanaman yg harum. Baunya ikut harum

  3. Belum berani masak jengkol sendiri…masih mengandalkan kiriman tetangga yang baik hati…

    Soalnya orang serumah teh…ga ada yang suka.
    Heuuheu…

  4. Baru minggu kmrin aku tetiba ngidam nasi uduk betawi pake semur jengkol, nasi uduknya udh kesampean tp semur jengkolnya belooom.. Kalo madak sndiri blm bisa, tp aku suka jengkol.thanks infony y mas

  5. Selama ini kalau makan jengkol, hanya mengharapkan hantaran dari tetangga yang super baik hati.

    Kalau untuk masak sendiri…kayanya bakal ga laku deeh…soalnya yang suka jengkol di rumah kami, cuma saya.

    Heuuheuu…

  6. Hahaha. Jengkol emang enak banget dimakan. Tetapi kalo cuman kopi aja kurang cukup tuh harus menambahkan berbagai macam rempah dan di olah yang lama supaya cepat hilang baunya

  7. Wajib dicoba nih kalau mau masak jengki. Tapi kalau BAK sama BAB baunya ikutan ilang ga ya? Ini yang paling nyebelin kalau pada makan jengkol. KM dah berasa kayak WC umum. Bau… hehe

  8. Duh mak jengkol euy.. Ada lagi kak biar nggak bau pas pipis.. Katanya sih minumin bodrex (iya obat itu tuh) katanya sih…( itu makan jengkol apa lagi sakit kepala ya?) hehehe..

  9. Aku sampai sekarang masih belum berani makan jenggkol atau pun pete. Apalagi masaknya. Tapi makasih tipsnya. Siapa tahu bakal disuruh mengolah jenggol bakal aku pake tips ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.