Tips Memilih Ikan Laut di Tempat Makan Olahan Seafood

http://www.unggulcenter.org/2017/04/02/tips-memilih-ikan-laut-di-tempat-makan-olahan-seafood/

Banyak restaurant seafood murah di Jakarta yang menawarkan kepada konsumennya untuk memilih sendiri bahan baku yang akan digunakan untuk makanannya misalnya untuk memilih ikan. Untuk memilih ikan laut yang akan dimasak, terdapat beberapa tips untuk Anda. Pertama adalah pilih ikan laut yang segar. Pastikan jika ikan tersebut memiliki aroma laut yang khas bukan hanya bau amis yang umumnya tercium dari ikan.

restoran seafood
Memilih seafood di supermarket

Kedua adalah perhatikan kondisi matanya. Mata ikan laut yang segar hampir sama dengan ikan yang hidup. Ciri yang harus diperhatikan adalah mata terlihat bening, menonjol, cembung. Hindari ikan dengan mata yang redup, sayu, kelabu dan diselimuti lendir karena tidak hanya dapat mengganggu cita rasa masakan namun juga dikhawatirkan dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan Anda.

Tips lainnya memilih ikan yang akan diolah yaitu:

  • Perhatikan kondisi insang apakah masih berwarna merah tua, terang atau cerah dan tidak berbau atau tidak. Jika iya, maka ikan tersebut masih segar namun jika berwarna keabu-abuan, berlendir, kotor atau gelap atau pucat maka sudah tidak segar lagi.
  • Lendir ikan yang segar, berwarna transparan dan homogen dan tidak berbau busuk.
  • Sentuh dan tekan ikan tersebut. Jika ikan tersebut masih segar, maka ikan akan kembali seperti semula setelah ditekan.
  • Perhatikan kulit ikan, apakah berwarna cerah atau tidak.
  • Amati sisiknya, jika masih mengkilat dan melekat kuat berarti masih segar. Namun, jika tertutup lendir, sisik mudah lepas, maka kondisi ikan kurang bagus.

Ikan yang sudah Anda pilih dapat segera di olah di tempat makan olahan seafood. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin repot-repot untuk memilih ikan yang akan dimasak, Anda dapat datang langsung ke Ta Wan Restaurant. Di tempat makan yang menyajikan makanan khas dengan cita rasa oriental ini menawarkan berbagai makanan dari bahan laut misalnya ikan saus dory XO. Filet dari ikan dori ini diolah dengan tepung bumbu dan diberi siraman saus XO. Anda dapat mengkonsumsinya dengan nasi putih atau dipadukan dengan nasi goreng seafood ataupun kapri cah bawah putih. Dan biasanya selain makanan seafood, tersedia juga makanan lain seperti bubur ayam spesial di Jakarta yang lezat.

Comments

comments

37 thoughts on “Tips Memilih Ikan Laut di Tempat Makan Olahan Seafood

  1. belum kepikiran belanja ikan. Bisa nih jadi referensi yang tepat buat cari ikan yang bagus nan segar. Eh, tapi kalau makan ikan suka kecucuk duri.

  2. Saya paling agak bawel dalam memilih seafood yang segar soalnya saya pecinta olahan seafood jadi inginnya selalu yang segar agar saat diolah akan menghasilkan makanan yang lezat dan nikmat. Penting banget nih!

  3. Wah, belum kepikiran belanja ikan. Bisa nih jadi referensi yang tepat buat cari ikan yang bagus nan segar. Eh, tapi kalau makan ikan suka kecucuk duri. Hwaaaaa..

  4. Kalo baca tips memilih ikan segar…saya teringat Drama Korea “Legend Of The Blue Sea”nya Lee Min Ho sama Jun Ji Hyun.

    Pas ke supermarket, si Ji Hyun bilang kalo gak ada ikan segar di toko ini dan toko manapun.

    Kok tau…?
    ((Kare a dia adalah seorang mermaid, yang makan ikan hidup. Haahah…*garink))

  5. Dari semua tips, yang aku inget banget itu pilih yang insangnya masih merah semacam seger gitu. Tapi pernah suatu hari, pas dilokasi, aku malah kebingungan susah bedain. HAhah

  6. wah lengkap banget nih mas unggul laporan tentang ikannya. tapi emang rada susah ya ngebdainnya, kita dituntut ketilitian tingkat tinggi soalnhya

  7. Aku suka sekali dengan seafood, sayang semenjak sakit mengurangi konsumsi seafood sangat drastis. Satu hal yang saya sadari setelah tinggal di Jakarta, Depok maksudnya, seafood Jakarta tidak sesegar yang ada di Bandung! Saya sudah praktekkan tips ini sejak dulu soalnya emang suka masak. Dan sedih kalau di Jakarta susah nemu seafood yang bagus. Hiks.

  8. Aku pertama liat matanya, itu pasti. Kalo cerah, harga nego bs diambil. Tp kmarin sempat liat ikan lensa matanya merah tp seger bgt. Aneh jg, hahaha

  9. Disini jauh dari laut jadi seafoodnya cuma dapet bau amisnya aja kayaknya. Tapi masih lumayan bagus lah asal belinya pagi2 dan tau tips ini.

    Kalau di rumah makan belum pernah nyobain yang milih sendiri. Pasti rasanya lebih endes ya 🙂

  10. Aku sering beli seafood tapi udang dan masak sendiri. Kalau ikan biass menilai dari bau dan lendirnya aja gak pernah buka insang hehe. Bisa dipraktekkan nich tips nya

  11. Tipsnya bermanfaat untuk para pecinta ikan nih tapi sayangnya aku nggak suka ikan. Boleh kapan-kapan kak bagi-bagi tips lagi cara memilih lobster untuk dimasak atau kepiting gitu

  12. Kalau di kampungku karena dekat laut alhamdulillaj ikannya segar semua mas. Langsung beli sama nelayannya

    1. waaah enak tuuuh! kadang sering ke pasar becek demi cari ikan idup, sayangnya ikan laut semua sudah mati. Dikirim pake es walaupun dipasar tradisional maupun supermarket sama aja. tapi kalau dekat laut asyik!

  13. Tips yg sgt berguna bagi bu ibu yg senang belanja ikan di pasar. Informasinya sgt membantu. Wah, jadi ngebayangin filet ikan dori, pasti enak sekali disantap saat dinner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.