Taman Literasi Keuangan PRU, Main di Taman, Belajar Kelola Uang

http://www.unggulcenter.org/2017/04/03/taman-literasi-keuangan/

Taman Literasi Keuangan? Yeay! Seru!

Bagi warga jakarta, Taman Mataram Jakarta yang berada di daerah Kebayoran, tepatnya senopati mungkin satu dari sekian banyak taman kota yang asri di Jakarta. Mungkin beberapa ngga tau, saking luasnya jakarta, tapi beberapa sudah sering lewat karena tempatnya strategis di Jakarta Selatan.

Nah, info terbaru soal taman ini, ternyata, salah satu dari Taman Mataram, yang berada persis di depan SMKN 15 Jakarta ini segera berubah menjadi “Taman Literasi Keuangan”. Siapa sih yang mengubah? Prudential, dengan program CSR nya.

FYI aja, Prudential Indonesia ini ngga ujug-ujug membuat konsep taman tematik seperti “literasi keuangan”, namun melalui proses asyik, dikompetitisikan secara global, apa nih yang dapat dilakukan untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja. Jadi-lah taman literasi keuangan ini.

Dari judulnya, sudah bisa ditebak, taman ini akan ada mendidik keuangan. Namun jangan mengernyitkan dahi dulu, soalnya, literasi keuangan yang ada di taman publik yang asri ini, dibuat sesimpel mungkin, dengan konsep bermain sambil belajar.

Yup, di taman literasi keuangan ini, berbagai permainan dihadirkan, permanen, yaitu game-board di lantai taman, mencocokan kartu mengenal asuransi dan rambu-rambu pengelolaan uang. Gameboard ini berbasis serial literasi keuangan CHA-CHING loh. Tau cha-ching ngga? Kalau kamu ngga sering ketemu iklan layanan masyarakat maupun serial pendek literasi keuangan ini di tv kabel, mungkin bisa berkunjung ke channel youtubenya ini, atau situs resminya di cartoon network INI ya.

cha-ching
Saluran youtube cha-ching

Cha-ching merupakan solusi animasi untuk anak-anak usia 7-12 tahun yang memerlukan pengetahuan DAN keterampilan mengelola keuangan. Sebab, menurut survey, hanya 13% orangtua yang percaya kalau anaknya bisa mengatur keuangan! Padahal, 96% orang tua menganggap penting untuk mengajari anak literasi keuangan! So, Cha-ching menjadi “penyelamat” bagi keduanya. Jelasnya datang aja ke webnya, saya sering kok bareng bunda dan anak membuka situs tersebut dan nonton youtubenya hehe.. Promosi.

taman literasi keuangan
enam karakter dari cha-ching!

Naah kembali ke Taman Literasi Keuangan, karakter Cha-ching muncul disana. Ada enam karakter tokoh cha-ching yang lucu-lucu loh. Game board Cha-ching bertujuan melatih anak-anak mengelola transaksi keuangannya dengan bijak. Tiap anak (dewasa juga sih, soalnya ga ada batasan kalau mau belajar) dihadapkan pada transaksi keuangan yang harus mereka lakukan dan mencatatnya di papan catatan transaksi yang tersedia di tepi game-board.

taman literasi keuangan
anak-anak bermain game board cha-ching
taman literasi keuangan
anak-anak bermain game board cha-ching ditemani karakter dari serial cha-ching dan guru

Ada pula permainan mencocokkan kartu, dimana anak akan mengenai asuransi dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum mengenai asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi dan jenis-jenis asuransi secara umum.

Ada juga beragam permainan lain pada hari itu
menulis tantangan games keuangan

Satu lagi, ada di taman literasi keuangan ini ada juga delapan rambu-rambu  mengenai tips pengelolaan uang yang terpasang di taman agar masyarakat dapat mrningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan yang bijak. Tentu masyarakat bisa membaca, memahaminya, sembari menikmati fasilitas taman.

Taman Literasi Keuangan Prudential, menyulap Taman Mataram menjadi asyik!

Karena jangan khawatir, taman ngga full disulap jadi tempat beragam permainan, karena taman haruslah tetap berfungsi sebagai taman. So, kamu bisa duduk-duduk, santai dan bercengkrama kok di taman ini. Kamu juga bisa bermain sambil belajar. Bisa mengajari anak-anak pentingnya mengelola keuangan.

Lain waktu, hmm, saya rasa kamu bisa jadi MENTOR yang baik kok buat adik dan atau anak hehe.. jadi tidak mengandalkan orang.  Cobain aja ke Taman Literasi Keuangan ini, pasti ketemu beragam permainan, udara yang segar untuk refreshing, dan semua permainan gampang.

Ketika saya datang di peresmiannya, juga ramai. Waktu itu, ada drumband dari SMK 15 dan adik-adik SDN Selong 4 bermain disana. Sedangkan, untuk sedikit resmi-resmian (harus dong), ada bapak dan ibu ini nih. Ibu Yunitya Sari, kepala seksi penyuluhan, pemberdayaan, data dan informasi dinas kehutanan provinsi Jakarta, Siddharta Moersjid advisory board member PJI, Ibu Yuli Ismartono, interim Board Chairman Prestasi junior Indonesia, dan Bapak Rob Gardier, management advisor PJI.

Lalu, mana nih tuan rumah? Dari Prudential, ngga tanggung-tanggung, kalau kata Ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director, Prudential Indonesia yang melakukan persiapan, “ini bapak saya loh yang datang” sambil meminta panitia dan relawan menyiapkan last minute untuk para jajaran Prudential, termasuk Bapak Sean Rach, Chief Marketing Officer, Prudential  Corporation Asia,  dan Bapak Paul Mandua, Chairman Prudential plc (Prudential Group in London).

taman literasi keuangan
Ibu Nini dari Prudential membuka acara
taman literasi keuangan
Sambutan dan Peresmian Taman Literasi Keuangan Prudential

Jelas, karena konsep taman literasi keuangan ini diapresiasi sebagai program yang super bagus loh. Selain menang kompetisi global, Pemerintah DKI Jakarta juga menyambut baik, makanya, Taman Mataram ini boleh diutak-atik agar lebih baik dengan konsep tema taman literasi keuangan. Betul ngga?

Yup karena Prudential memberikan informasi, bahwa terwujudnya taman literasi keuangan ini hasil kerja dengan Prestasi Junior Indonesia, Universitas Trisakti, Dinas Pertamanan dan Pemerintah daerah Jakarta Selatan, serta lebih dari 200 staf relawan Prudential yang mendedikasikan tenaga untuk pembangunan taman.

Jajaran Prudential, berfoto bersama anak-anak dan tokoh dari karakter Cha-Ching

Jadi, setelah kamu tahu soal Taman Literasi Keuangan ini, cus, kesana bareng anak, atau adik kecil, untuk mencoba beragam permainan ala Cha-ching ini. Jangan lupa, ajak untuk nonton cha-ching di channel Youtube or televisinya. Promosi lagi nih ya. Gapapa, untuk kebaikan!

 

 

Comments

comments

6 thoughts on “Taman Literasi Keuangan PRU, Main di Taman, Belajar Kelola Uang

  1. pas ke sana kemarin masih belum puas deh, pengen balik lagi bawa anak2 biar mereka bisa liat dan belajar langsung di #TamanLiterasiPRU ini ..

  2. Menarik juga ya Taman literasi keuangan. Semoga tamannya bisa terawat dengan baik dan kapan-kapan bisa menyempatkan ke sana. Untuk kartun Cha-Ching baru tahu juga nih. Makasih banyak infonya mas! 😀

  3. wah pinter juga , taman jadi bagus dan bisa memberi edukasi dan memberi keuntungan pada perusahaan

    1. iya, melalui edukasi, orang jadi kenal asuransi. Jualan ngga harus hard sell, bisa turut membantu masyarakat. Di luar negeri, ngga ada orang yang ngga punya asuransi, beda ama kita. So perlu edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.