7 Tips Dasar Memulai Bisnis UKM Secara Online

http://www.unggulcenter.org/2017/04/11/7-tips-memulai-bisnis-ukm-online/

Memulai Bisnis UKM Menjadi UKM Online. Ada banyak tips cara memulai bisnis UKM. Sebagian besar, menginformasikan bagaimana memulai bisnis UKM mulai dari nol. Namun, di jaman serba internet saat ini, sudah saatnya UKM menggunakan media teknologi khususnya Internet dalam memasarkan usahanya. Banyak cara, mulai yang gratis maupun yang membutuhkan dana lebih sebagai biaya pemasaran. Ini dia tips memulai bisnis UKM secara online yang patut kamu ketahui :

  1. Memiliki Bisnis yang dapat di-online kan.

UKM sekarang berbondong-bondong “go online”. Karena berdasarkan pengalaman banyak UKM, media ini menjadi saluran yang mudah, murah dan menguntungkan. Namun Anda harus cek sendiri dulu, apakah produk Anda dapat di-online kan. Ada beberapa yang tidak bisa, misalkan karena tetap harus COD alias datang ke tempat Anda untuk bertransaksi dan membawa pulang produk. Jika demikian, UKM Online Anda hanyalah etalase saja di Internet. Beda ya ini dengan “online business”.

  1. Memiliki SDM yang dapat mengoperasikan pemasaran online.

Oke, Anda mau memulai meng-online kan UKM. Pertama, mungkin mudah, bisa di-handle sendiri dengan gadget pribadi. Lama kelamaan, Anda pasti membutuhkan bantuan. Sejatinya, karyawan Anda sendiri yang juga dapat menjadi “Customer service” online maupun pemasar jaringan bisnis produk Anda. Tapi gampag-gampang susah. Banyak anak muda sudah biasa di dunia online, tapi tak MENGERTI. Karena menjawab pertanyaan melalui teks, memberikan informasi tertulis, hingga teknis upload foto dan mengelola produk secara online membutuhkan skill lebih dari sekedar biasa chatting di Facebook dan messenger lainnya.

  1. Memiliki infrastruktur online (koneksi untuk online).

Namanya online, Anda tentu harus memiliki paling tidak dua hal. Pertama, gadget untuk promosi online, dan kedua, jaringan internet. Gunakan akun toko Anda di berbagai platform online, jangan nama pribadi. Pisahkan saja agar profesional. Saat ini, banyak sekali smartphone, tablet dan laptop yang murah meriah namun dapat dimanfaatkan untuk promosi bisnis UKM online. Untuk jaringan internet pun, beberapa operator melakukan promo koneksi khusus bisnis UKM yang tentu menguntungkan. Bisa juga untuk Anda membuat Hotspot kalau produk Anda jasa kuliner, dan bisa sambil promosi online, pelanggan juga senang makan di tempat Anda dengan free-wifi. Ambil contoh, Paket XL Sukses. Paket memulai bisnis secara online untuk UKM ini memungkinkan Anda untuk bebas berbagi kuota internet, nelpon, dan SMS antar karyawan (pertama di Indonesia) dengan harga terjangkau. Selain itu, gratis kuota nelpon dan SMS untuk semua operator bisa Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun supplier. Kuota internet bisa digunakan di jaringan 2G, 3G, dan 4G. Info silakan cari sendiri yach.

  1. Membangun kepercayaan pelanggan di ranah online.

Sebenarnya, tips ini masih berkembang, karena ada banyak cara membangun kepercayaan. Ini penting, sebab bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Tentu, karena calon pembeli tidak dapat merasakan, mencium, meraba, melihat barang yang Anda jual. Untuk itu, salah satu hal yang penting adalah Portofolio penjualan. Di berbagai media, portofolio dapat berbentuk testimonial, ulasan yang baik, bintang-bintang yang banyak/tinggi, hingga “Cendol” yang banyak kalau di platform Kaskus. Bagaimana agar portofolio penjualan ini meningkat? Caranya adalah Anda harus responsif, jangan “nyuekin” diskusi atau pertanyaan calon pelanggan. Kemudian memberikan banyak informasi, serta sejelas-jelasnya agar tidak miskomunikasi. Berikan informasi produk yang lengkap, dan foto produk terbaik. Untuk memfoto produk, ada pula tips nya yang akan saya bagi di lain kesempatan.

memulai bisnis ukm online
Yuk memulai bisnis ukm online dengan tips berikut
  1. Menjaga kepercayaan konsumen maupun supplier.

Setelah mendapatkan pelanggan bisnis UKM online harus pula menjaga kepercayaan pelanggan. Ini terkait after sale services, promosi untuk produk lainnya, misalnya bagi pelangan yang sudah membeli, akan ada promosi produk lain dengan harga spesial, dan seterusnya. Kontak dengan pelanggan penting, namun sesekali saja, jangan terus-terusan sehingga menjadi spam. Untuk supplier pun sama. Ketika kita mendapatkan suplai bahan produk, atau produk jadi jika Anda reseller, maka jika dipercaya supplier Anda akan mendapatkan lebih murah lagi. Apalagi jika semakin besar kuantitas permintaanya. Untuk itu, selalu lakukan order dan pembayaran tepat waktu, misalnya.

  1. Melakukan beragam promosi online.

Beragam promosi online wajib dilakukan. Misalnya dengan iklan di facebook Ads, di google Ads, atau review dari bloggers melalui berbagai platform untuk mempromosikan produk bisnis UKM Anda. Below the line pun bisa dimanfaatkan dengan mengikuti bazar-bazar bisnis UKM lokal. Biasanya, ada pula dukungan dari pemerintah setempat, misalnya gratis pameran. Jadi jaringan ke asosiasi/perkumpulan bisnis UKM dan pemerintah juga tak boleh diabaikan.

memulai bisnis ukm online
UKM Bogor seperti ini sudah bisa loh jualan ONLINE menjadi UKM Online
  1. Bekerjasama dengan platform bisnis online lainnya.

Nah, saat ini, UKM menjadi bagian dari bisnis online. Banyak platform bisnis seperti marketplace alias “pasar” yang membantu Anda menjual produk dan membuat “toko” online. Manfaatkan situs ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain sebagai channel (Saluran) orang membaca dan membeli produk Anda. Bahkan, ada pula platform pemasaran seperti gadget yang diisi marketplace tertentu dan Anda mendapat bonus jika menjual disana. Ini nanti akan pula dibahas di bagian lain ya. Ingat, harus responsif dengan kontak yang jelas.

Demikian 7 Tips Dasar Memulai Bisnis UKM Online yang menjadi syarat bagi Anda  baik yang sudah menjadi pelaku UKM untuk membuat bisnis UKM Online maupun Anda yang akan langsung memulai bisnis online. Semoga bermanfaat!

 

 

Comments

comments

23 thoughts on “7 Tips Dasar Memulai Bisnis UKM Secara Online

  1. Bener, sekarang UKM harus bersaing dengan toko online yang sudah bisa dibilan merajai pasaran. Dan salah satu cara bersaingnya adalah dengan online.

  2. Masih mikir sama bagaimana meningkatkan industri UKM.
    karena tetangga saya banyak yang ounya usaha kerajinan. Idenya luar biasa, tapi strategi marketingnya yang kurang oke.

    Jadi sedih kalo liat jualan mereka gak laku-laku dan hanha berdebu di rak toko.

  3. Bekerja sama dengan platform kyk e-commerce itu bagus jg. Apalagi skrng jg banyak e-commerce yg khusus menjual produk UKM jg 😀

  4. Kalau semua tips ini di praktekkan pasti ukm online akan semakin maju ya.

    Di dekat saya ada juga, sampai dibela2in daftarin ke depkes, bikin kemasan menarik dll agar mendapat kepercayaan konsumen 🙂

  5. UMKM memang luar biasa perkembangannya dan sekarang rata rata sudah online, pasar semakin luas dan jangkauan semakin besar. keuntungan semakin besar. GO UMKM Indonesia

  6. Mungkin perlu ditambahkan etika dalam berbisnis mas.. karena kesuksesan dalam berbisnis juga ditentukan dari etika orang tersebut hehee…

  7. Go online bisa memperpendek jalur distribusi dr distributor langsung ke pembeli 🙂 karena biasanya jalur distribusi yg panjang membuat harga kerajinan dr UKM menjadi mahal 🙂

  8. Wahh U online emang bagus yah.. Sekrang banyak juga yang mulai nge-online.
    Iya kita memang harus memanfaatkan internet hehe

  9. Bekerjasama dengan platform bisnis online lain ini sangat memengaruhi banget nih… KArenga dengan begini, “jaringan” jadi makin mudah meluasnya..

  10. Skrg UKM sdh mulai berkembang ya mas, tidak terpaku sm penjualan offline. Mengembangkan usaha secara online memang cukup membantu untuk mempromosikan produk yg dijual.

  11. Wowh XL mengeluarkan juga paket buat pebisnis Indonesia ya. Keren semua segmen digarapnya pula. Tipsnya pasti membantu nih buat para penggiat bisnis xixi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.