Resep Sayur Asem Asli Sunda, Nikmat dan Gurih

http://www.unggulcenter.org/2017/06/09/resep-sayur-asem-asli-sunda-nikmat-dan-gurih/

Sayur asem asli Sunda enak dan nikmat tentu memasak harus dengan perasaan yang senang ataupun gembira. Konon juga banyak mengatakan, bila kita nonton tv acara masak memasak juga harus di terapkan dengan CINTA. So sweet banget deh pokoknya.  Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yah sudah sudi mampir membaca resep sayur asem asli sunda.

Meskipun resepnya sederhana tapi harapannya kami untuk Anda yang ingin membuat sayur asem ini hasilnya luar biasa nikmatnya :). Berbagi aneka resep masakan yang ada nusantara Indonesia ini yang bisa kita atau anda coba sendiri di rumah. Yah, salah satu sayur asem khas Sunda ini misalnya.

Menyajikan masakan dari berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi salah satu kewajiban Anda untuk mencoba. Kita tahu, Indonesia ini sebagai kaya akan rempah-rempah dan tersedia bahan-bahannya.

Akan tetapi, bila Anda berada di luar dan berada di warung makan nasi, tentu masakan sayur ayem misalnya khas Sunda dan ditambah dengan ikan asin kruik-kruik yang digoreng nikmatnya terasa nendang. Ini menjadi salah satu kuliner yang nikmat.

Memang berbagai daerah di Indonesia memiliki kuliner yang juga nikmat bila kita berkunjung suatu propinsi ataupun daerah. Tapi, bila Anda masih di rumah ngak harus berkunjung ke tempat aslinya dong. Salah satu contoh bisa kami berikan adalah resep yang satu ini. Resep sayur asem asli Sunda.

sayur asem asli sunda

Nah, kali ini Kami berniat berbagai resep sayur asem asli Sunda enak. Apa saja resepnya? Silahkan siapkan beberapa bahan yang kamu butuhkan dengan langkah-langkah berikut dibawah ini.

 

Resep sayur asem asli Sunda enak

Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan, bumbu dan cara pembuatannya.

Bahan bahan pembuatannya:

– 2 buah jagung manis. Di potong potong lumayan besar (setidaknya 1 jagung dipotong 5 sampai potongan).

– 2 sendok makan kacang tanah,

– 75 gr kacang panjang, dipotong sekiranya 3cm,

– 1 buah labu siam, dikupas dan potong seperti dadu,

– 2 sendok makan buah melinjo,

daun melinjo 15 lembar ( secukupnya),

– 3-4 buah cabe ijo besar besar, dipotong potong sekiranya 2cm,

– 3 cm lengkuas, dimemarkan dulu (ditumbuk/di gaprek tidak harus sampai halus),

– 2 lembar daun salam,

– 4 sendok makan air asam,

– 1,5 liter air (2 sampai 3 mangkok).

 

Bumbu yang dihaluskan untuk Resep sayur

– 3 siung bawang putih (diiris-iris)

– 6 siung bawang merah (diiris-iris)

– 1 sendok teh terasi bakar

– 3 cabe merah / hijau (diiris-iris)

– garam secukupnya

– gula merah secukupnya

 

Cara membuat sayur asem asli Sunda

– Pertama Rebuslah air hingga mendidih. Setelah itu masukan sayuran seperti masukkan jagung, melinjo serta kacang tanah. Tentu, direbus hingga lunak yah.

– Tambahkan juga bumbu yang sudah dihaluskan diatas. Kemudian, masukan pula daun salam serta jangan lupa lengkuas (sebagai aroma nikmat). Setelah itu didihkan.

– Langkah selanjutnya, masukkanlah sisa sayuran yakni labu siam yang sudah dipotong-potong, kacang panjang (sudah dipotong-potong yah), Kemudian daun mlinjo (sudah dibersihkan) dan juga cabe ijo (pilihan) yang telah dipotong-potong. Ingat, sampe matang.

– Setelah di rasa sudah lunak, masukanlah air asam, gula, dan juga garam. Aduklah sampai rata.

– Selesai. Sayur ayem sudah bisa dihidang dan icip-icip.

 

Gimana? Masakan ini masih kategori mudah bukan?

Yah, Selain mudah resep ini juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Itu saja yang bisa Kami pastikan bahwa resep masakan ini benar-benar rekomendasi dihari-hari Anda. Jadi, bila masih bingung dan mempertanya masak apa hari ini, tentu ini bisa mengisi sajian nikmatnya. Demikian resep sayur asem asli Sunda enak dari kami. Semoga anda suka ya. Maklum, hanya berbagi saja. Happy cooking.

Sumber: anekaresepmasakan.id

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.