Televisi : Tips Perawatannya Supaya Tetap Awet

http://www.unggulcenter.org/2017/06/16/televisi-tips-perawatannya-supaya-tetap-awet/

Anda pastinya selalu ingin punya barang yang awet alias tidak mudah rusak agar Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang. Termasuk juga dalam urusan perabotan elektronik. Karena perabotan elektronik termasuk perabotan yang harganya bisa sangat mahal, Anda tentu ingin agar perabotan elektronik Anda tetap awet dan tahan lama.

Salah satu perabotan elektronik yang dimiliki oleh hampir setiap orang adalah televisi.  Walaupun sekarang katanya era intrnet, media online dan youtube sehingga televisi jarang ditonton, ternyata masi banyak orang yang menontonnya di daerah. Juga di kota besar, banyak dari kita iseng menonton TV pun via internet! Tentu, koneksi internet menjadi tumpuan, misalnya jaringan internet XL yang biasa saya pakai.

Nah, dibutuhkan pengetahuan mengenai tips-tips khusus agar Anda tidak perlu keluar banyak biaya untuk perbaikan atau reparasi. Sebab dalam beberapa kasus, biaya servis atau reparasi nya nyaris setara dengan harga beli atau sama saja Anda lebih baik beli baru daripada memperbaikinya.

tips merawat televisi

TV merupakan perabotan elektronik rumah tangga yang berguna sebagai sarana hiburan dan informasi. Itulah sebabnya mengapa nyaris semua rumah tangga memilih TV sebagai perangkat elektronik utama yang harus dibeli, mungkin juga Anda. Agar TV yang Anda miliki saat ini tetap awet dan tidak mudah rusak sehingga masa pakai nya bisa lebih lama, ada beberapa tips merawat televisi sebagai berikut :

  1. Letakkan TV pada posisi yang tepat.

Pahami terlebih dahulu tata cara peletakan TV yang benar. Misalkan TV tidak boleh diletakkan di tempat yang mudah terpapar debu sebab debu dapat menutup lubang sirkulasi udara yang ada pada bagian belakang TV sehingga dapat membuatnya lebih cepat panas. Jika TV Anda merupakan LED TV, maka sebaiknya digantung saja di dinding dengan menggunakan wall bracket. Ini juga dinilai lebih aman untuk LED TV daripada jika diletakkan di atas meja karena ukurannya yang tipis, dikhawatirkan TV dapat terdorong dan jatuh.

Selain itu, jangan lupa untuk memberi celah/jarak antara belakang televisi dengan dinding setidaknya 10 cm. Tindakan ini juga dianggap dapat mencegah TV lebih cepat panas. Selain itu, jauhkan TV dari sumber panas seperti sinar matahari langsung sebab TV merupakan perangkat elektronik yang mengandung medan magnetik tinggi, misalkan speaker aktif. Sebab, perangkat yang mengandung medan magnet bisa menimbulkan distorsi pada kualitas gambar yang dihasilkan.

2. Bersihkan TV secara rutin dengan benar.

Jika sudah terlihat ada debu yang menempel pada TV, maka jangan tunggu lama lagi, segera bersihkan dengan kemoceng atau lap kain yang bersih. Jangan tunggu hingga debu menumpuk kemudian baru dibersihkan. Selain itu, proses pembersihan dan tips merawat televisi terutama pada bagian layarnya, sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol/ Anda bisa menggunakan cairan pembersih CD atau pembersih kacamata, teteskan sedikit saja pada lap bersih yang kering seperti kain dari bahan flannel atau kanebo lalu usapkan secara perlahan ke seluruh permukaan TV.

3. Jaga suhu TV, matikan TV saat tidak digunakan

TV yang terlalu panas dapat menyebabkan overheat pada komponennya sehingga membuatnya mudah rusak. Jadi perhatikan juga suhu ruangan, jika sekiranya terlalu panas, segeralah nyalakan AC atau kipas angin. Selain itu, sebaiknya dalam tips merawat televisi, TV juga tidak diletakkan di tempat yang lembab dan jauhkan dari jangkauan cairan apapun. Matikan TV pada saat sudah tidak digunakan atau jika dirasa TV sudah terlalu panas karena lama dinyalakan.

4. Pakai stavolt.

Tips terakhir untuk tips merawat televisi kesayangan Anda agar tetap awet adalah dengan memakai stavolt atau stabilizer. Tak hanya untuk TV Anda saja melainkan sebaiknya untuk semua perangkat elektronik. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar suplay listrik ke perangkat elektronik masing-masing tetap stabil sehingga listrik tidak mudah turun. Listrik yang mudah turun dapat menyebabkan mudah rusaknya perangkat elektronik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.