Omron Indonesia, Kesetaraan SDM, dan Industri Otomatisasi Indonesia

omron indonesia
http://www.unggulcenter.org/2017/06/17/omron-indonesia-industri-otomatisasi/

Mungkin tak banyak yang mengenal Omron. Sebuah merk dan pabrikan otomatisasi canggih dunia dari Jepang yang sejak 2002 sudah memodernisasi alat-alat aktivitas industri di Indonesia, dan menjadi market leadernya. Sebab, Omron memang kadang tak diketahui awam, terutama di konsumen rumah tangga karena biasanya produknya ada dalam balutan merk lain. Di sini, omron berada dalam sistem mekanik-robotik dan sensor pada beragam perangkat produk rumah tangga.

Ya, Industri di Indonesia sedang memasuki era otomatisasi baru di mana robot dan komputer tidak hanya mengerjakan serangkaian pekerjaan fisik rutin dengan lebih baik, cepat dan efisien namun juga semakin mumpuni dalam menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan kemampuan kognitif. Teknologi sensing dan control memungkinkan tren otomatisasi terus berkembang dan Omron memimpin modernisasi industri otomatisasi di Indonesia.

Di Indonesia, Omron Indonesia beroperasi melalui beberapa unit bisnis, yaitu PT Omron Manufacturing of Indonesia (berdiri tahun 1992), Omron Electronic Components (2000), PT Omron Electronics (2002) dan PT Omron Healthcare Indonesia (2012) serta Omron Automation Center (2016), dengan lebih dari 2.650 karyawan di seluruh Indonesia.

UC berkesempatan untuk menghadiri Media Gathering di bulan puasa lalu, bersama para petinggi OMRON Indonesia maupun global. Mereka adalah Aria Verdin, Commercial Manager PT Omron Healthcare Indonesia; Vincent Hendrawan, Sales Director Omron Electronics Components; Irawan Santoso, President Director PT Omron Manufacturing of Indonesia; Don Teng, Managing Director PT Omron Electronics Indonesia; Sofyan Tan, Head of Program Automotive & Robotics Engineering BINUS ASO School of Engineering.

Di sisi health care solutions, OMRON Indonesia melalui Aria Verdin, Commercial Manager mencontohkan adanya produk alat pengukur tekanan darah digital HEM-7280T, yang memungkinkan pengguna memonitor data tekanan darah mereka melalui aplikasi Omron Connect dengan cara melakukan sinkronisasi nirkabel dengan ponsel. Hal ini memudahkan pengguna mengumpulkan data hasil pengukuran reguler tekanan darah serta membantu dokter mengevaluasi data tekanan darah tersebut.

omron indonesia
Aria Verdin, Commercial Manager PT Omron Healthcare Indonesia; Vincent Hendrawan, Sales Director Omron Electronics Components; Irawan Santoso, President Director PT Omron Manufacturing of Indonesia; Don Teng, Managing Director PT Omron Electronics Indonesia; Sofyan Tan, Head of Program Automotive & Robotics Engineering BINUS ASO School of Engineering berfoto bersama seusai acara Diskusi Media dan Buka Puasa Bersama dengan topik Omron Memimpin Modernisasi Industri Otomatisasi di Indonesia.

Project Zero, merupakan sebuah inisiatif program dari OMRON group yang berkeinginan untuk mengeliminir insiden serangan jantung dan stroke. Sehingga inovasi alat-alat ini menjadi bagian dari roadmap cita-cita ini, dengan mendorong Omron untuk terus berinovasi menyajikan produk-produk pengukuran tekanan darah yang canggih dan secara berkala mengedukasi masyarakat tentang bahaya hipertensi yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan kardiovaskular lainnya.

Produk alat-alat kesehatan Omron Indonesia yang telah dikenal luas lainnya diantaranya adalah alat pengukur tekanan daerah digital, nebulizer, termometer, perangkat untuk fitness seperti timbangan berat badan digital, body composition (pengukur komposisi tubuh) dan pedometer serta TENS (alat pemijat elektronik).

Sofyan Tan, Kepala Program Studi Otomotif & Teknik Robotik BINUS ASO School of Engineering sebagai akademisi yang hadir menambahkan soal perlunya sumber daya manusia lokal dalam modernisasi ini.  Tujuannya tidak lain agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar, namun juga menjadi pemain di dunia global. Khususnya pada bidang otomotif, kita telah dapat melihat bagaimana kendaraan sedang mengalami revolusi dari performa menjadi kecerdasan.

Beragam perkembangan teknologi, seperti kemampuan yang sebelumnya hanya ada di film fiksi ilmiah kini menjadi nyata di depan mata. Kendala bahasa yang tadinya dihadapi oleh mesin sudah mulai dapat diatasi oleh berbagai aplikasi pengenalan ucapan yang semakin fasih. Industri manufaktur pun tidak dapat lepas dari kecenderungan untuk tetap kompetitif, dimana berbagai mesin dengan fitur cerdas muncul untuk menekan biaya sekaligus meningkatkan qualitas serta produktivitas. Oleh karena itu, tidak ada yang lebih penting dari pada menyiapkan sumber daya manusia lokal, dengan penguasaan teknologi otomatisasi yang tepat bagi kebutuhan di Indonesia.

 

Optimisme ini juga nampak dari penjelasan Irawan Santoso, President Director PT Omron Manufacturing Indonesia (OMI), bahwa otomatisasi industri akan membawa kita pada momentum perubahan yang mengarah ke pabrik pintar. Industri manufaktur seperti sektor otomotif, makanan dan minuman serta produk konsumen lainnya, melakukan investasi yang besar untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan pasar yang dipengaruhi oleh tingginya daya beli.

OMRON Indonesia menjadi produsen teratas dalam inovasi industri otomatisasi ini. Berkat portofolio produk sensing, control dan think Omron yang luas, Omron saat ini berada dalam posisi strategis untuk mendukung industri di Indonesia merangkul revolusi industri selanjutnya.

Seperti diketahui, Omron memiliki dan mengoperasikan pabrik seluas 20,000 meter persegi di East Jakarta Industrial Park (EJIP) Cikarang, Bekasi yang dilengkapi dengan lini produksi semi-otomatis dan otomatis yang memungkinkan perusahaan dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan secara lebih baik.

Bahkan, OMI berencana meningkatkan kapasitas produksi hingga 325 juta komponen dan modul serta akan meningkatkan jumlah sumber daya manusia menjadi 3.500 karyawan hingga tahun 2020.

Dari jumlah karyawan ini, menariknya, OMI saat ini memiliki lebih dari 100 karyawan penyandang disabilitas untuk menyediakan kesempatan bekerja yang sama bagi semua orang.  Perusahaan juga mengadopsi Program Gerakan Karyawan Wanita Sehat & Produktif demi meningkatkan lingkungan kerja untuk pemberdayaan karyawan-karyawan wanita, di mana hasilnya menunjukkan salah satu dari tiga tampuk kepemimpinan operasional di OMI saat ini dipegang oleh seorang wanita. Dengan beragam fasilitas olahraga dan rekreasi ringan yang tersedia di dalam pabrik, OMI memicu kreativitas para karyawannya dalam bekerja di departemen mereka masing-masing.

Memang, sebagaimana paparan dari Dong Teng, Managing Director, PT Omron Electronics (OEP-ID) yang memastikan Omron selalu menjadi mitra strategis dalam otomatisasi kegiatan operasional agar kemampuan manufaktur untuk beroperasi secara maksimal untuk memenuhi tuntutan produksi seperti permintaan pelanggan, kualitas dan lingkungan dapat diwujudkan. Otomatisasi kegiatan operasional akan membantu industri manufaktur meningkatkan kinerja dengan meminimalkan kesalahan serta meningkatkan kualitas, kecepatan dan produktivitas. Walaupun akan memakan waktu lama untuk mewujudkan hal ini sepenuhnya, otomatisasi sudah pasti akan menjadi kenyataan yang harus dihadapi pelaku industri di Indonesia.

Jelas, memang Omron Indonesia Memimpin Modernisasi Industri Otomatisasi di Indonesia. Namun cerita mengenai kebijakan jender, kesetaraan, penerimaan tenaga kerja disabilitas, dan project zero demi peningkatan kualitas hidup umat manusia, memang menjadi hal lain yang patut juga kita apresiasi dari perusahaan terkemuka ini.

 

Comments

comments

26 thoughts on “Omron Indonesia, Kesetaraan SDM, dan Industri Otomatisasi Indonesia

  1. Ulasan yang sangat menarik. Rapih bener mas unggul nulisnya. Mantap
    Dan aku pun baru tau omron. Hehehe
    Tapi hebat ini omron semua alat ada. Baik industri maupun kesehatan juga. Dan lebih hebat mereka mempekerjakan orang2 disabilitas. Salut but omron

  2. Salut buat Omron yang menyediakan lapangan pekerjaan buat teman-teman kita yang memiliki kebutuhukan khusus. Omron.. Omron.. Omron.. Produknya banyak, tapi kenapa kurang familiar ya rasanya? Semoga Omron semakin inovatif dengan produk-produknya. Btw, aku setuju, Mas. Kebijakan kesetaraan gender dan pemerhatian masyarakat disabilitas memang patut diapresiasi. Hehe.

  3. Denger Omron sbg produk kesehatan dan tahunya pas di Rumkit. Kalau di rumah emang blm pakai sih ya. Semoga industri lain juga tergerak buat buka loker sama disabilitas. Sama2 bersaing dg yg normal

  4. Sebagai orang awam, aku beneran baru tau Omron ini 🙁
    Setelah baca ini jadi bertanya-tanya, aku pernah pake produknya dia apa enggak, ya? Hahha

  5. Omron ini produsen alat alat medis kan ya? Produknya banyak banget. Keren banget nih bisa merekrut penyandang disabilitas.
    Mereka diberi kesempatan untuk maju juga mengisi hidup yang lebih berguna. Luar biasa

  6. Aku tuh ya kalau omron ingetnya merk termometer anak di rumah hahaha…. Bagus juga ya sudah memberdayakan people with special needs untuk bekerja, semoga bertambah ya sehingga bisa mensejahterakan sesama juga.

  7. Waahhh ada program wanita sehat dan produktif? Programnya kaya gimana om? Ada perusahaan besar di Indo yg sudah nerapkan cuti hamil lebih lama.

  8. salut sama omron telah merekrut penyandang disabilitas untuk melakukan sebuah pekerjaan dan mendapatkan uang dari pekerjaan tersebut. jarang jarang perusahaan mau mempekerjakan penyandang disabilitas.

  9. Aku kalau dengar omron taunya itu alat2 medis gtu. Memudahkan masyarakat supaya bisa cek2 kesehatan secara mandiri gtu. Semoag project zeronya sukses.

  10. Saya tau tentang Omron sejak tahun 2011 lalu mas karena ibu terkena hipertensi.. jadi akhirnya kita beli alat mengukur tensi otomatis yang merk-nya Omron .. awet sampai sekarang mas..

    Semoga Omron terus bisa mengeluarkan inovasi produk dan angka kematian orang karena jantung dan hipertensi bisa berkurang juga

  11. Aku udah pake omron sejak lama. Lupa tepatnya kapan, tapi yg jelas semenjak mama sakit 10 tahun lalu. Baru tau ternyata omron memperkerjakan teman2 disabilitas. Salut banget

  12. Semoga program alat-alat canggih Omron makin dimanfaatkan dan produknya makin bagus untuk membantu mengeliminir serangan jantung atau stroke yang dimaksud. Amin.

  13. Aku sambil baca sambil mikir, dimana ya rasanya suka baca kata OMRON. Kayanya di rumah sakit, di alat-alat kesehatan. Tapi enggak inget apanya.
    Sudah lama padahal ya OMRON ini, tapi aku kurang familiar.

  14. Aku tahu Omron karena ada beberapa alat lab tentang kesehatan gitu pakenya Omron sih. Project zeronya menarik sekali. Sepertinya akan banyak inovasi dari Omron yang pastinya membantu Indoneisa

  15. Saya agak asing dengan nama Omron, ternyata produk-produk alat kesehatannya banyak juga ya. Salut juga Omron memberdayakan karyawan disabilitas untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.