Mainan Bayi yang Mempercepat Tumbuh Kembangnya

http://www.unggulcenter.org/2017/07/17/mainan-bayi-yang-mempercepat-tumbuh-kembangnya/

Bermain merupakan suatu hal yang penting bagi sang anak. Karena di usia anak-anak yang ada hanya lah bermain untuk menghilangkan rasa suntuknya, namun apabila pemilihan mainan bayi yang salah pun juga akan berdampak buruk bagi sang anak. Oleh karena itu sebagai orang tua yang menginginkan sang buah hati dapat tumbuh kembang dengan baik, maka perihal memberikan mainan pun juga haruslah tepat.

Bermain tidak hanya untuk mengisi kegiatan sang anak saja, akan tetapi juga membantu dan melatih pada pertumbuhan fisik dan juga pada mental anak. Dengan begitu memberikan mainan yang tepat adalah solusi yang baik, yang mana sang anak dapat bermain sekaligus belajar.

 

Ketika sang anak sedang bermain, maka ajarilah sang buah hati untuk sambil belajar. Dalam hal pemilihan mainan pun juga dapat disesuaikan dengan usianya, karena mainan yang diberikan pun juga sesuai dengan tahapan-tahapan umur untuk dapat mempelajari hal-hal yang baru.

Mainan bayi pun akan dengan sangat mudah Anda jumpai diberbagai toko mainan anak-anak. Yang mana Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda dan sang anak. Adapun mainan yang dapat untuk Anda pilih sesuai dengan usianya.

    • Usia 0-6 bulan.

Pilih mainan yang aman ketika mainan tersebut di gigit, hal ini dapat merangsang menumbuhkan gigi bayi.

    • Usia 6-12 bulan.

Berikan mainan yang mampu membantu mengaktifkan panca indra sang anak. Anda dapat memberikan mainan seperti mainan yang dapat memberikan suara.

    • Usia 1-3 tahun.

Pada usia ini, maka berikan mainan blok pada anak yang dapat untuk disusun, hal ini dapat membantu memperluas otot sang balita.

    • Usia 3-5 tahun.

Berikan mainan yang dapat menjadikan sang anak memiliki imajinasi yang tinggi, misalnya menggunakan kostum pemadam kebakaran, polisi, atau memberikan mainan alat masak (bayi perempuan).

    • Di atas 5 tahun.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajaknya bersepeda, bermain musik, mengajaknya membaca buku atau menulis.

Selain untuk menghilangkan rasa bosan pada sang anak, memberikan mainan pada anak pun juga akan menumbuhkan rasa kedekatan serta keterikatan antara ibu dan anak yang dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik dan juga cepat. Sehingga orang tua pun akan dapat dijadikan teman sharing bagi sang buah hati serta orang tua juga dapat melihat bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh sang anak.

Memberikan mainan kepada anak yang benar yang sesuai dengan usia bayi pun juga haruslah yang tepat. Karena percuma juga jika memberikan mainan tidak sesuai dengan usia sang bayi.

 

Dalam hal memberikan mainan pada anak pun juga ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Hindarilah mainan yang tajam.
  • Pilihlah mainan yang sesuai dengan usianya.
  • Gunakan mainan anak yang mudah dicuci, temukan tulisan non tonik pada kemasan.
  • Jauhkan mainan anak yang memiliki tali, pita, atau kawat, karena hal ini dapat melilit sang anak.
  • Hindari mainan pistol yang akan menimbulkan tembakan.

Selain memberikan mainan bayi  yang sesuai dengan usia anak, maka Anda pun juga harus memperhatikan dari segi bahan mainan yang akan Anda berikan, jangan memilih mainan dari bahan daur ulang karena mainan yang berbahan plastik atau dari barang daur ulang pun tidak baik anak karena banyak kandungan kimia pada mainan tersebut.

Comments

comments

32 thoughts on “Mainan Bayi yang Mempercepat Tumbuh Kembangnya

  1. nah iya mas setuju… saya kalau beli mainan bayi suka nyari yang begini. yang bisa merangsang saraf motorik kasar dan halusnya anak2.. memilih mainan bayipun harus cerdas ya..

  2. Sangat edukatif, tapi masih ada kekurangan kalau seandainya anak kita perempuan baiknya mainan apa saja yang cocok yg sesuai dengan tumbuh kembangnya?

  3. Sebenarnya Widya belum punya anak apalagi menikah pun belum tapi yang namanya belajar memang ga ada batasan usia. Jadinya sedari sekarang belajar tentang apa aja mainan anak yang bisa mempercepat tumbuh kembangnya, nemu tulisan ini dan sangat terbantu dengan informasinya. Makasih ya Mas Unggul 😀 ternyata setiap mainan itu punya fungsinya tersendiri untuk tumbuh kembang anak 😀

  4. Ternyata ada rentan usia ya untuk mainan anak. Akan tetapi, keponakan saya dikasih mainan tersebut malah di buat dan malah mainannya galon dan benda benda dewasa lainnya mas

  5. Informasi bermanfaat nih..emang perlu tahu mainan yang pas buat anak sesuai usia agar tumbuh kembang berjalan lancar

  6. Setuju bgt sama tulisan ini, di masa balita tentu menjadi fase penting pertumbuhan si anak. Maka sebagai orang tua, tentu diwajibkan mampu memilihkan mainan utk anak2nya sebagai ajang melatih tingkat kreatifitas.

    Di usia lima tahun, yg paling disarankan itu sepeda. Selain melatih keseimbangan motorik sang anak, sang anak pun diajari pentingnya olahraga sedari Dini, bukankah lebih menyenangkan memiliki anak yg sehat dan kreatif? Ya meskipun saya belum. Memiliki anak hehe

  7. Ternyata mainan anak itu tidak bisa semau Kita ya. Ada usianya, kalau aku mah kemarin trabas aja hehee…

  8. wahh.. informasi yang menarik buat bahan referensi ketika mempunyai buah hati kessyangan. ijiz bookmark dulu ya om. thank informasinya.

  9. Meskipun saya belum punya bayi hehe tapi saya berterima kasih atas informasinya.
    Sudah berbeda zaman berbeda pula mainannya. Yang dulunya tanah kayu dan daun sekarang mah sudah jarang ditemui.
    Mainan sekarang mah keren-keren hehe

  10. Bener mas.. usia anak² itu adalah usia yang pas untuk pengembangan otak jadi harus banyak dilatih dengan mainan yang juga membantu

    Mending mainan yg khusus anak² seperti Lego atau magic sand gitu daripada maenan hp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.