Rumah Pohon Pabangbon di Panorama Pabangbon Bogor

panorama pabangbon
http://www.unggulcenter.org/2017/08/01/rumah-pohon-pabangbon-panorama-pabangbon/

Rumah Pohon Pabangbon menjadi salah satu lokasi ngehits anak muda. Tak lain dan tak bukan, karena tempat ini jadi spot selfie dan groupie yang menarik, dan cocok untuk diunggah ke akun instagram. Yap, Panorama Pabangbon Bogor yang sering disingkat PAPA BOGOR ini memang menjadi alternatif buat mereka yang ingin menghirup udara pegunungan pinus yang khas di Jawa Barat sekaligus seru-seruan bareng teman-teman.

Rumah Pohon memang jadi andalan Pabangbon. Sebab, di area ini terdapat beberapa rumah pohon yang menjorok ke tepi tebing sehingga mendapatkan view yang sangat menarik. Apalagi, rumah pohon ini jumlahnya tidak hanya satu. Ada beberapa spot  Pabangbon yang menarik dan tak boleh dilewatkan.

Lokasi wisata pabangbon yang baru dibuka awal tahun 2017 untuk umum ini memang menarik minat banyak wisatawan terutama remaja. Termasuk, dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) kabupaten bogor yang mengundang field trip sejumlah media termasuk UC ke lokasi wisata yang terletak di Leuwiliang, Bogor ini.

Bagaimana cara menuju Pabangbon?

Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, dengan rute menuju Leuwiliang yang melalui Dramaga, Bogor dan Ciampea. Dari rute non-kota Bogor, Anda bisa mengunakan panduan GPS dan sekitar 1.5 sampai 2.5 jam dari jabodetabek menuju lokasi ini.

Jangan khawatir nyasar, karena jika sudah masuk arah Leuwiliang dan terus menuju SMP 4 Leuwiliang, naik saja terus ke atas. Tanjakannya memang lumayan curam, dan untuk bis besar biasanya tidak kuat menanjak. Jadi, siapkan kendaraan yang prima baik roda empat maupun roda dua kamu.

Spot Selfie apa saja yang ada di Pabangbon? Ini dia beberapa “wahana” Pabangbon pilihan UC.

Rumah Pohon Pertama.

Rumah pohon yang pertama ini dengan jalur berbentuk persegi. Kamu memerlukan kamera action cam kalau mau mengambil semua bagiannya, atau kamera biasa untuk bergaya ala-ala di rumah pohon kecil di paling ujung. Nikmat banget disini, serasa punya rumah pohon sendiri di ketinggian.

rumah pohon pabangbon

rumah pohon pabangbon

rumah pohon pabangbon

rumah pohon pabangbon
rumah pohon pabangbon

Tulisan Pabangbon

Tulisan Papa ini menjadi lokasi yang kedua, ketika kamu menaiki panorama pabangbon. Gantian saja berfoto, karena biasanya mengantri. Soalnya, disini ngga ada biaya untuk foto hehe.

panorama pabangbon bogor
panorama pabangbon bogor sebenarnya ini nih dari atas
panorama pabangbon bogor
Love Papa deh pokoknya
panorama pabangbon bogor
di pintu gerbang ini juga mayan lah ya

Tunggul Pohon di tepi tebing

Ini juga gratis, kamu bisa berfoto berdua dan minta potretin dari belakang hehe. Atau, memang duduk saja bersantai sambil penjajagan haha.. cucok soalnya untuk pasangan yang sedang mesra menatap ke jauh sana, seakan-akan besok lusa mau dimana, apakah dimasa depan bisa menjadi dua sejoli hingga akhir waktu.. tsaaah..

pabangbon
sudah asyik belum gayanya?

Rumah Pohon kedua yang paling tinggi diatas

Naik lagi keatas, ada rumah pohon paling tinggi di arah kiri. undak-undakannya lumayan, namun pemandangannya juga asyik. Namun demikian pemandangan di kiri ini tak terlalu indah dibanding di rumah pohon di kanan yang di tepi jurang dan ada lembah pepohonan. Kalau yang kiri ini hanya pucuk-pucuk pohon saja. Namun tempat nongkrongnya asik. Sayang, tak punya waktu lama disini. Tentu saja karena antrian!

pabangbon

pabangbon

pabangbon

Bahtera.

Bahtera alias kapal. Ya, ngga sebesar bahtera aslinya sih. Ini mah perahu aja. Tapi mayan untuk berfoto. Seru dan degdegan seperti naik kapal yang nyangkut. Jangan lupa foto disini, ya.

panorama pabangbon

panorama pabangbon
ngeri ngeri sedap yaaa tapi seru kayaknya

Rumah Pohon ketiga di kanan beserta spot foto.

Di rumah pohon yang ini, kamu bisa sambil menunggu antrian untuk berfoto di ujung papan. Ujung papan yang menjorok ke jurang dan lembah ini tempat wajib, karena rada deg-degan ya walaupun katanya sih aman. Yang penting jangan loncat-loncatan apalagi kamu yang beratnya lebih dari 100 kg atau hanya 50 kg tapi bersepuluh!

pabangbon bogor
pabangbon bogor
pabangbon bogor
antrian di spot foto paling ujung

Flying Fox

Kalau mau nyoba, boleh aja nih melintas pohon-pohon pinus di pabangbon. Agak landai sih tak terlalu curam ke bawah dan tak begitu jauh, namun lumayan asyik kayaknya, karena pemandangan yang indah dan sejuk.

flying fox di pabangbon
wisata pabangbon
wisata pabangbon

Nah, seperti sempat UC singgung, yang tidak enak dari tempat ini adalah adanya kutipan untuk setiap spot foto.  Karena UC pada waktu itu sebagai undangan #alhamdulillahyaa maka semua spot gratis.  UC kurang tau apakah ada “karcis terusan” tapi rasa-rasanya, memang diperlukan retribusi untuk mengelola tempat ini agar tetap nyaman.

Ini replika rumah pohon Pabangbon yang ada di lokasi dan bisa kamu beli di depan pintu masuk Wisata Panorama Pabangbon. Ya sekalian sholat di jamak kalau kamu dari luar kota Bogor. Ada pula gantungan yang bagus untuk dibeli loh.

replika rumah pohon pabangbon

Mau coba rumah pohon pabangbon? Yuk berkunjung ke panorama pabangbon bogor!

 

Comments

comments

26 thoughts on “Rumah Pohon Pabangbon di Panorama Pabangbon Bogor

  1. Hampir mirip dengan rumah pohon paralayang di malang jawa timur. Tapi disini lebih asik, ada jembatan penghubung juga. View fotonya juga menghadap ke ruang terbuka. Kalau yang di malang masih terhalang dengan pohon pohon. Bookmark dulu, harus susun rencana untuk kesini.

  2. Aamzing sekali tempatnya. Udah pernah ke hutan pinus magelang om ? Tempatnya gak kalah bagus sama rumah pohon pabangbon.

  3. Agak-agak gimanaaa gitu, lihat rumah pohon ketiga. Foto-foto di ujung papan yang lumayan panjang. Ngeri pas jalan mau ke ujungnya,maklum saya mah takut ketinggian hehehe…
    Di Bandung juga ada tempat semacam ini. Wisata rumah pohon di tengah hutan pinus, namanya The Lodge Maribaya.

  4. wuhuuuuu ga perlu jauh jauh ke bandung ya, ini teh mirip suasananya dengan tempat rekreasi di bandung..

    deket atuh dr jakarta mah, baiklaj nanti semoga bisa berkunjung ke sini jg

  5. Aku merasa gagal jadi warga Jabodetabek! Masa aku baru tau ada ginian setelah setengah tahun berselang dari dibukanya PAPA Bogor itu sih ah :'(

    Gak ada biaya foto pun, waaaaa mau coba. Dari kecil suka rumah pohon. Mau main ke sanaaaaa :((((

  6. Waaahw, Kang Unggul… bawa daku ke tempat itu dong sekali-kali..tawarin juga “ada blogger yang pengen diendorse” eh… hahahahha. Engga deng, becanda inimah. Tapi sykur2 sih beneran ya. Pengen ngerasaiin adrenalin naik tangga itu..

  7. Lumayan banyak juga ya spot untuk foto-fotonya. Tapi banyak yg uji nyali banget tuh kayaknya, hihihi (itu saya, sih :D).
    Saya suka wisata alam seperti ini. TFS 🙂

  8. sebelum baca sampe tengah, saya udah menduga kalau tempat wisata ini akan memiliki jalan curam

    Dan ternyata benar

    padahal asyik banget itu tempat wisatanya…..

    kayaknya lebih bagus ini dibanding tebing keraton hehehe

  9. cakep banget
    rumah pohon dimana mana lagi hits ya
    tapi saya takut ketinggian
    bisa bisa sampe di atas menggigil dan minta turun hahaha

  10. Cocok tdk mas kalau bawa anak2 balita ke sana? Btw kalau naik kendaraan umum bisa gak ya?
    Enak ya banyak spot2 gratis hehehe
    TFS infonya 😀

  11. tempat wisata seperti ini memang lagi kekinian banget yaah. di Bogor ternyata ada juga. Biasanya aku kalau ke tempat yang semacam ini baru di daerah bandung, jawa tengah dan jawa timur aja. belum pernah ke papa bogor.

    seru ada flying fox nya. aku termasuk penggemar flying fox nih. jadi kalau nanti ke papa bogor yang pertama disambangin mungkin flying fox nya 😀

  12. Oh akhirnya Bogor punya ginian juga. Baru tau dan jadi pengen banget ke sana.
    Share info harga main di sana dong, Mas….

  13. aku termasuk orang yang takut ketinggian, sepertinya aku akan pilih spot foto yang di bawah deh… dari pada kaki bergetar gak karuan saat di atas wkwkwk

  14. Wah, seru pengalaman ke rumah pohon yang indah dan sejuk! Kalau mau flying fox rasanya deg-degan, terakhir coba tahun lalu dan banyakan meremnya. 😅

  15. kreatif banget yang punya usaha ini ya mas unggul. sepertinya di daerah pegunungan yang banyak pohon yang tinggi bisa juga buat usaha seperti ini.

  16. wehhh bikin pingin kesana rumah pohonnya bagus banget ya bisa melihat pepohonan dan pemandangan yang sangat indah ya di pabangbon itu.ada Flying Fox lagi asik banget oia, itu klo naik ke rumah pohonnya ada pengamannya engga sih? apa langsung naik aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.