Berani, Donasi Kuota XL ke Daerah 3T!

donasi kuota XL
http://www.unggulcenter.org/2017/09/02/xl-donasi-kuota-xl-ke-daerah-3t/

Donasi Kuota XL —  Anda tahu daerah 3T ? Itu kepanjangannya sekarang biasanya sebagai daerah Terdepan, Terluar, Terjauh yang simpelnya sih, itu daerah Perbatasan Indonesia yang jauh dari pusat perkotaan.  Daerah 3T rentan terkikis nasionalismenya karena berbatasan dengan negeri tetangga yang kadang, menurut banyak pengalaman, menawarkan kewarganegaraan karena negara, dulu, tidak hadir ditengah-tengah mereka.

Sekarang ini, pasca reformasi sudah banyak pembangunan di 3T. Bahkan infrastruktur.  Termasuk untuk berkomunikasi digital dan memicu pertumbuhan perekonomian melalui pendidikan berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Memang, sampai sekarang sih itu kewajiban pemerintah. Namun berbagai pihak yang “cari makan” di negeri ini mesti dong bantu.  Salah satunya “Gerakan Donasi Kuota” dari XL Axiata. Yup donasi kuota XL ke 3T!

UC menaikkan tulisan ini bukan karena mengkampanyekan XL maupun ikut di acara event launching gerakan ini. Semata-mata karena ini keberanian baru soal pendidikan di daerah 3T. Sebab, daerah 3T yang identik dengan keterbelakangan, ternyata XL berani mengadakan kampanye donasi kuota XL. Kuota INTERNET ini tentunya.

Mengapa menarik, karena kuota percuma tanpa dukungan jaringan internet, dan jaringan internet yang bagus hanya bisa dengan adanya infrastruktur komunikasi yang bagus. Intinya, XL berani dengan kuota internet, berarti berani dan sudah membangun infrastruktur komunikasi internet yang memadai di daerah 3T!

Aku ngga tau implementasinya, mungkin kalau berkesempatan tes jaringan dan diajak ke daerah 3T, baru berani unjuk reportase soal pelaksanaanya. Tapi paling tidak, dengan launch program ini, XL menurut ku berani, karena dulu yang bisa “bermain” di 3T ya hanya operator plat merah karena bekal regulasi, sumberdaya dan seterusnya di era orde baru! Itu fakta.

donasi kuota XL

Dalam kesempatan press release yang dikirim ke UC, dikatakan bahwa “Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP, Walikota Sabang, Zulkifli H. Adam, dan Direktur/Chief Service Management XL Axiata, Yessie D. Yosetya meluncurkan program ini secara langsung dari SMA Negeri 1 Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh yang merupakan titik ujung paling Barat dari Kepulauan Indonesia. Peluncuran program juga disaksikan dari Jakarta oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini melalui fasilitas video conference menggunakan jaringan 4G LTE XL Axiata. ”

UC menunggu update dari donasi kuota XL di daerah 3T lainnya selain ujung barat Sumatera. Mungkin ada kesempatan UC tes jaringan tentu akan berbahagia hehe.  Tapi, seperti apa sih Donasi Kuota ini sebenarnya?

Jadi, pelanggan XL bisa secara sukarela mendonasikan kuota paket data Xtra Combo miliknya berapapun besarnya melalui program ini. Caranya adalah dengan akses ke UMB *123*888# kemudian pilih kuota yang ingin didonasikan. Kuota yang didonasikan akan mengurangi Kuota Utama Paket Xtra Combo pelanggan.  Jadi kamu bisa bantu adik-adik kamu di perbatasan sana berinternet loh dengan donasi kuota XL kamu.

Eh tapi ada cara lain loh, dengan pembelian paket isi ulang Xtra Combo pun, secara OTOMATIS XL menyumbangkan 25mb kuota ke adik-adik sekolah di perbatasan. Kuota kamu? tetap sama ngga berkurang.  Ngga hanya dari kita, si XL tentu wajib dong ber-CSR dengan cara yang tepat, misalnya dengan cara ini.

donasi kuota XL

Oya,  teknisnya nanti,  akumulasi kuota data sumbangan pelanggan dan alokasi dari XL Axiata tersebut selanjutnya akan disalurkan dengan pembagian setiap sekolah penerima mendapatkan donasi kuota 20GB/bulan selama setahun. Selain itu juga akan ada donasi untuk siswa sebesar 100MB/bulan untuk setiap siswa juga selama setahun.

Tahap awal ini, XL Axiata akan menyalurkan minimal kuota internet ke 5.000 sekolah di berbagai wilayah selama setahun pertama.  Mekanisme penyaluran kuota donasi akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap sekolah penerima donasi.

Jadi, ini nanti bisa dipakai di jaringan XL 4G LTE. Memangnya sudah menjangkau mana saja sih, kok berani. Nah ternyata hingga saat ini lebih dari 400 kota telah terjangkau layanan data, termasuk lebih dari 336 kota terjangkau layanan 4G LTE. Jaringan Data ini akan terus semakin luas hingga akhir tahun 2017 dan setelahnya.

Diinformasikan dari Press Release juga (Sayang saya ngga datang ya gais), bahwa peluncuran Program Gerakan Donasi Kuota (GDK) ini berlokasi di Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Lokasi ini merupakan salah satu titik terluar wilayah Republik Indonesia, tepatnya titik paling Barat. Masyarakat kota ini sudah bisa menikmati layanan internet cepat 4G LTE XL Axiata sejak 17 Agustus 2017 lalu. Sekolah SMA/SMK di Sabang akan mendapatkan manfaat dari program ini, yaitu SMAN 1 Sabang, SMAN 2 Sabang, SMAS Islam Al-Mujadshid, SMKN 1 Sabang.

Mana lagi yang jadi target? Ini kata XL. Beberapa titik terluar di sekitar Sumatera berada di kepulauan yang tersebar di sepanjang Selat Malaka, juga pantai Barat Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu tentunya juga ke daerah-daerah perbatasan dengan negara lain atau wilayah Internasional di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, juga Papua. Program ini akan menjangkau lokasi-lokasi terpencil di wilayah-wilayah tersebut disesuaikan dengan perluasan jaringan Data milik XL Axiata, baik 3G maupun 4G LTE.

Menarik kan? Saya salut dengan keberanian XL tahun 2017 ini, semoga menambah manfaat penggunaan TIK di masyarakat khususnya di dalam membantu pendidikan masyarakat di daerah 3T yang rentan. Untuk itu, jempol deh buat XL, semoga nanti dalam donasi kuota XL, implementasinya lancar.

Sebagai Relawan TIK Indonesia yang sering mengedukasi dengan program literasi digital, saya dan kawan-kawan yang sudah ada di 30 Provinsi dengan 4 ribu lebih anggota, menyambut baik.  Jadi kami pun ketika melakukan program, misalnya program 1 juta website gratis dari Kominfo, terbantu dengan berbagai pihak, salah satunya XL untuk koneksi lancar ke internet. Sisanya, kami edukasi dan dampingi soal internet yang sehat aman cerdas kreatif dan produktif.  Salam Kemerdekaan Salam Literasi Digital untuk Indonesia!

Comments

comments

14 thoughts on “Berani, Donasi Kuota XL ke Daerah 3T!

  1. Baru tau ada program donasi kuota. Untung sering beli paket combo, jd secara ga langsung uda menyumbang deh <3

  2. Penting banget kawasan 3T diperhatikan karena ada sebagai daerah perbatasan langsung dg negara lain, maka dari itu jangan malu-maluin kan sebagai beranda Indonesia, salut buat XL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.