Cara Mencari Informasi Menggunakan Search Engine Google

cara mencari informasi menggunakan search engine google
http://www.unggulcenter.org/2017/09/19/cara-mencari-informasi-menggunakan-search-engine-google/

Cara Mencari informasi menggunakan search engine google memang sudah sangat populer. Google sebagai search engine memang dipergunakan untuk mencari informasi di internet dengan search engine ini. Banyak cara untuk mencari informasi menggunakan search engine google, dengan beragam langkah-langkah mencari informasi di google. Namun demikian, kita perlu memahami bagaimana mesin pencari bekerja.

Umumnya, cara kerja search engine adalah dengan program mengindeks (indexing) beragam alamat di Internet. Program tersebut dibuat biasanya disebut Spider, bot dan crawler. Fitur program ini mengindeks semua alamat di internet dan mencocokkan dengan kata yang diketikkan pada search engine google.

Untuk cara untuk mencari informasi melalui search engine memang mudah. Tinggal membuka misalnya www.google.com kemudian mengetik pada form atau kotak, kata kunci yang kita ingin cari. Search engine seperti Google, Yahoo, DuckDuckGo, serta Bing menggunakan beragam crawler untuk mencari informasi dalam hitungan fantastis, hanya sekian detik.

 

Namun demikian, kita juga dapat mempermudah mencari informasi menggunakan google yaitu dengan mengakomodasi “boolean”. Boolean merupakan kode-kode yang bisa disematkan sehingga muncul hasil pencarian google yang lebih spesifik sehingga mempermudah untuk mencari secara tepat apa yang kita ingin dapatkan.

Berikut ini cara mencari informasi menggunakan search engine google dengan menggunakan Boolean Logic mempermudah kita, yaitu dengan beberapa tambahan yang kita ketikkan mengapit kata kunci yang kita tulis. Ada beberapa kode boolean logic :
1. And
2. Or
3. Tanda tambah (+)
4. Tanda minus (-)
5. Tanda asterik
6. Tanda titik (.)
7. Tanda kutip (“”)
8. Kombinasi kata

Masing-masing boolean ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, yaitu

  • AND

AND dapat Anda tambahkan untuk memastikan dua kata muncul. Misal ketikkan ayam goreng maka bisa pula diketik sebagai : ayamANDgoreng (ingat harus huruf besar/kapital) Sehingga hasilnya akan muncul ayam goreng bukan ayam dan beberapa lagi kata “goreng”.

  • OR

OR kebalikannya, jika dikettikan maka akan memunculkan apakah kata pertama ATAU kata kedua yang ditampilkan sebagai hasil mencari informasi pada search engine google. Jadi misalnya ayamORgoreng maka akan muncul ayam ataupun goreng (bisa muncul bukan informasi tentang ayam goreng).

  • Tanda Tambah (+)

Tanda + digunakan untuk mencari teks yang serupa, sama dengan AND. Misalnya, ayam+goreng maka hasilnya akan persis memunculkan kata ayam goreng tanpa masuk berita/situs lain yang hanya memuat kata “ayam” maupun “goreng”.

  • Tanda Minus (-)

Kebalikan dari tanda (+), bisa menggunakan tanda (-).  Jadi misalnya ayam-goreng maka yang dihasilkan ayam ataupun goreng tapi TIDAK memunculkan kata goreng (artinya Anda tidak mau mencari goreng, namun tentang ayam saja bukan ayam goreng.

  • Tanda Asterik

Melambangkan karakter pengganti kata.  Misalnya Ada tulis enam*empat.  Maka hasilnya bisa saja enamxempat, enampuluhempat dan seterusnya, karena tanda * menempatkan hasil ada kata pengganti. Termasuk kalau dibelakang kata yang diketikkan, misal empat* maka hasil pencarian akan memunculkan banyak, misalnya empat delapan, empat orang, empat manusia dan seterusnya.

  • Tanda Titik (.)

Hampir sama dengan tanda * tapi ini hanya SATU karakter. Misalnya Anda ketik ang.n  maka akan memunculkan bisa saja angan, angin dan seterusnya yang penting 1 karakter huruf ditengah2.

  • Tanda Kutip (“”)

Menggunakan kutip membuat hasil menampilkan teks yang diapit antara kedua tanda kutip tersebut. “Ayam Goreng” maka akan menampilkan hanya yang tertulis Ayam Goreng pada internet.

Itu informasi beberapa boolean yang sering dituliskan. Selain itu ada lagi jika anda ketikkan filetype:pdf atau filetype:docx maka hasil pencarian akan memunculkan file docx maupun pdf saja. Ini memudahkan jika mencari DOKUMEN di Internet.

Selain itu, penggunaan ketikkan site:unggulcenter.org misalnya maka search engine hanya akan mencari kata yang ada di situs www.unggulcenter.org misalnya mencari “mobil” dapat mengetik : mobil site:unggulcenter.org akan memunculkan kata mobil pada website tersebut.

Mudah bukan, jika ingin tau cara mencari informasi menggunakan search engine google ? Yuk cari informasi yang ingin kamu dapatkan di Internet dengan efektif!

Comments

comments

16 thoughts on “Cara Mencari Informasi Menggunakan Search Engine Google

  1. baru tau nih… biasanya kalo saya searching mah langsung aja ketik keyword nya nggak pake titik tanda petik dan lain lain

  2. wah makasih infonya mas Unggul… aku udah pernah tau tapi lupa lagi, hihihi, makasih udah diingetin, informatif euy artikelnya..

  3. Dulu waktu kuliah ini pelajaran sehari-hari, tp karna kerjaannya gk sejalan ya sudahlah hilang ditelan debut sm kredit si boolean ini. Makasih infonya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.