Ekskavator Anda Bisa Awet Asal Melakukan Beberapa Bentuk Perawatan Berikut

http://www.unggulcenter.org/2017/10/04/ekskavator-anda-bisa-awet-asal-melakukan-beberapa-bentuk-perawatan-berikut/

Ada berbagai jenis alat berat yang sering dipilih oleh sebuah perusahaan yang rutin menerima proyek pembangunan maupun pembukaan lahan kosong. Salah satunya adalah ekskavator yang mana memiliki bentuk seperti kendaraan mobil kemudian memiliki capit di bagian depan, yang berfungsi untuk mengangkut berbagai material berat. Alat berat satu ini tentu sangat familiar dan dijamin hampir semua proyek menggunakannya, karena memang menghadirkan fungsi yang sangat vital.

Selain digunakan untuk kebutuhan proyek, beberapa perusahaan membeli alat berat ini untuk kemudian disewakan kepada perusahaan lain yang membutuhkan. Kalau untuk tujuan seperti ini tentu kepemilikan alat berat ini bisa menghasilkan pemasukan bagi perusahaan, tentunya perlu memilih yang tepat sekaligus merawatnya dengan baik. Pembeliannya tidak harus datang ke produsen langsung, bisa pula memesan secara online bahkan banyak penyedia alat berat menawarkannya melalui situs jual beli online terpercaya. Kalau sudah memilih dengan benar maka jangan lupa dirawat sebaik mungkin agar awet.

ekskavator (pic: merdeka.com)

Sebab meski alat berat nampak kuat dan tidak mudah rusak pada dasarnya malah sebaliknya dimana memerlukan perawatan ekstra dan khusus supaya menjamin kondisinya mendukung untuk digunakan setiap saat. Alat berat dari merek terkenal dan memiliki mutu di atas standar bisa jadi malah cepat rusak ketika tidak dirawat sesuai dengan aturan dan standar pabrik yang merakitnya. Kalau sudah rusak maka biaya perbaikan jelas menelan dana tidak sedikit maka kurang efisien, baiknya mencegah kerusakan ini dengan perawatan maksimal.

Apa Saja Bentuk Perawatannya?

Khusus untuk alat berat jenis ekskavator maka membutuhkan beberapa perawatan yang khas meski tidak beda jauh dengan alat berat jenis lain. Adapun bentuk perawatan tersebut adalah:

1.      Selalu dibersihkan usai dipakai,

Ketika alat berat digunakan tentu akan mudah kotor terlebih jika masuk ke lokasi yang becek ataupun berlumpur, terlebih di musim penghujan. Usai digunakan baiknya segera dibersihkan sebab kotoran meski hanya gumpalan lumpur bisa memicu kerusakan, kalau sudah bersih baru dirapikan ke tempatnya semula.

2.      Menempatkannya di tempat yang terlindung,

Memilih garasi untuk alat berat satu ini maupun jenis lainnya usahakan tidak asal, pastikan lokasinya terlindung sebagaimana saat Anda memarkirkan mobil. Pilih ruang yang luas dan memiliki atap supaya kendaraan berat ini mendapatkan perlindungan dari perubahan cuaca. Sengatan matahari yang diterima alat berat sepanjang hari ketika tidak dipakai bisa memicu kerusakan pada body dan komponen di dalamnya, begitu pula saat terkena hujan.

3.      Memastikan semua komponen lengkap dan terpasang benar,

Pengecekan dan pemeriksaan harian juga penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya kerusakan kecil yang tidak diketahui dan menjadi sangat besar. Lakukan pengecekan di setiap komponen untuk memastikan bahwa tidak ada yang hilang dan terpasang dalam kondisi yang baik bukannya kendur atau lain sebagainya. Kalau sudah dijamin lengkap maka resiko alat berat tiba-tiba rusak bisa dihindari sejak dini.

4.      Periksa dulu sebelum dioperasikan,

Memberikan perawatan terbaik juga dianjurkan dilakukan ketika alat berat ini akan digunakan, jangan sampai asal memakainya saja tanpa diperiksa. Sebab bisa jadi selama di parkir sekian hari atau minggu ada beberapa bagian yang mengalami error, bisa pula kehabisan bahan bakar ataupun pelumas. Maka wajib dicoba dulu untuk memastikan mesin alat berat ini masih berfungsi dengan baik dan menandakanya aman digunakan beroperasi. Kalau ekskavator kehabisan bensin segera isi, dan jika ada yang rusak segera diperbaiki.

Comments

comments

26 thoughts on “Ekskavator Anda Bisa Awet Asal Melakukan Beberapa Bentuk Perawatan Berikut

  1. Jd inget si bokap yg kerjaanny berhubungan ama alat berat. Ga nyangka, skrg alat berat uda bs didapet di situs jual beli onlen ya 😀

  2. Ebusettt , judulnya “ekskavator anda” isinya perawatan.

    Kan, ndak tiap orang, ndak mungkin semua orang ndak punya eksa 🙂

  3. Wohoo jaid mikir. Kapan ya bakal punya eskavator. Eh sepertinya ga pernah mimpi deh. Bileh dikonversi dgn 4 mobil aja ga. Hihi..
    Tapi be nar dan saya rasa ga hanya eskavator tips mas unggul bisa dipraktekkan buat kendaraan laon ini. Biar awet.

  4. Jadi keinget temenku yg kerja di perusahaan yg memproduksi alat2 berat ini. Dari Jepang kalau tidak salah perusahaannya tempatnya kerja itu.
    Akhir2 ini sering liat alat berat kyk gtu di bangunan proyek jalan tol Depok itu.
    Ternyata kyk mobil ya kudu dirawat jg supaya awet hehe 😀

  5. aku tahunya eskavator banyak digunakan untuk ngeruk parit kalo di Pontianak. setelah proyek selesai biasanya mangkrak. sayang banget kalau ngga dirawat, seharusnya masa pakainya bisa panjang. harganya juga lumayan kan ya

  6. Anak laki-laki saya paling senang dengan kendaraan besar seperti eskavator. Kalau lihat eskavator, dia pasti memperhatikannya dengan baik-baik. Ternyata seperi kendaraan pada umumnya ya…eskavator juga perlu perawatan.

  7. Kalau orang biasa kaya kita, punyanya eskavator mainan. Truk serok, hihihi

    Buat perusahaan gedhe, kudu tahu perawatannya biar tetap awet dan aman saat digunakan

  8. Aku kira alat berat gitu karen keliatan kokoh dan kuat gitu enggak perlu perawatan khusus gitu, ternyata salah ya😂
    Setiap alat yang digunakan memang harus dirawat dengan sebaik-baiknya biar awet. Karena kalo udah rusak (apalagi karena kurang dirawat) malahan bikin keluar biaya untuk perbaikannya yang pasti lebih besar.

  9. berat nih bacaannya sesuai berat eskavatornya
    dari kecil suka liat eskavator klu ada proyek pemerintah
    kadang pengin merasakan naik hehe
    klu sekarang anak sy menyebutnya mobil tangan panjang hehe

  10. Iya, eskavator ini rentan banget rusak. Waktu aku masih jaga warung nasi di proyek dulu, sopir eskavator sering sambat. Sehari rusaknya bisa berkali-kali. 😂

    Iya sih, pantes gampang rusak wong eskavatornya jarang bahkan nyaris tidak pernah dibersihkan. Parkirnya begitu saja di proyek, kena hujan ya udah…

  11. Waah….punya eksavator mesti pengusaha yang kaya bener yaa…
    Kebayang garasinya aja pasti butuh tanah yang gak sedikit mengingat badannya yang makan tempat.

    Kalau diajak ke dataran tinggi, kendaraan ini bisa nanjaknya ga, mas?
    Karena kontur tanah di Bandung kan naik-turun gunung…

  12. Mungkin karena ukurannya jadi kadang seringnya liat masih agak kotor atau cuma ditutupi kaya terpal, padahal bisa gampang rusak yah. Perawatan utamanya pada penyimpanan dan pembersihan biar menghindari kerusakan sebenernya sederhana sih ya

  13. Eskavator seringnya kulihat di parkir untuk sekian lama di lapangan terbuka tanpa ada penutup akhirnya berubah menjadi besi tua, dan hilang harga coba dirawat dengan baik pasti

  14. Baru tahu kalau eskavator ada tata cara perawatannya, sering saya temui eskavator di proyek pengejaan. Bisa jadi peluang bisnis juga lewat penyewaan eskavator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.