Blogger Bogor Sembilan Tahun : Menulis, dan Membangun Digital Softskill

blogger bogor
http://www.unggulcenter.org/2017/10/10/blogger-bogor-di-sembilan-tahun/

30 September 2017 yang lalu, sudah genap Komunitas Blogger Bogor (Blogor) berusia ke sembilan tahun, sejak Agustus 2008 silam. Saya, sebagai salah satu mantan ketua Blogor turut mengharu-biru. Betapa tidak, sejak “lonceng kematian” blogger berbasis daerah atau kewilayahan yang tergerus komunitas blogger berbasis kesamaan hobi dan pekerjaan misalnya traveling, fotografi, gender-based seperti perempuan,hijabers, emak, laki dan seterusnya.

Blogor, masih ada. Memang waktu dua tahun silam, ketika para “senior” menyerahkan kepemimpinan blogor kepada saya, saya merasa ini seperti akhir. Karena saya mungkin satu dari sedikit blogger yang masih memiliki koneksi antara yang muda dan yang senior. Lain kata, saya sederhananya, mengenal mereka yang “tua” dan mereka yang “muda” di Blogor. Tapi akan habis, saya pikir, setelah saya.

Namun saya salah, sejak kemarin tahun lalu Blogor berultah ke delapan tahun, semua meriah. Semua heboh. Ramai. Bahkan ada media yang datang. Ya, beruntung, kita masih kompak. Ditambah energi-energi muda dari Blogor yang memang suka berkomunikasi dan membuat event, Blogor yang merupakan orang-orang “online” terbantu.

blogger bogor
sebagian anggota blogger bogor

Bahkan, tahun ini, ke sembilan, makin seru. Kali ini mengundang banyak tamu dari komunitas lain. Untuk itu, mungkin rekan-rekan blogor yang jaman baheulak makin gembira, karena Blogor masih eksis. Itu aja misinya, tidak lebih. Tengok saja acara ultah Blogor ini.

Memang, selain menulis, dunia digital sudah sangat “Seksi” sehingga memerlukan beragam softskill untuk kita sebagai netizen mendapat tempat istimewa di dunia siber ini. Caranya memang menarik, dan tentu pas dengan semangat anak muda Blogor saat ini.

Mengusung tema tersebut, kali Ultah Blogor berlokasi di  @CoffeeToffeeIDN POSTshop yang tepatnya berada di Pos Cibadak, beralamat diKM.2, Jl. KH Sholeh Iskandar, Cibadak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16166. Memang, tak mungkin Blogor bisa berbuat seperti ini tanpa bantuan dan kolaborasi dari @KitaFoodieCulinary Networks @10Thrones Creative Syndications dan beberapa rekanan yang juga menyumbangkan doorprize untuk memeriahkan perayaan ultah yang diramailkan dengan simbol  #BLO9OR di sosmed ini.

Isinya apa aja sih? Nah kalau tahun lalu seru banget pakai tiup LILIN dan Kue Tart serta doorprize sepatu cantik dan makan enak, dengan talkshow mengenai Co-Working Space, tahun ini talkshownya mengenai “Digital Persona & Branding Strategy” dengan beberapa pembicara antara lainnya; Finka Ermawan dari @GoodNoteID, Ibrahim Anwar dari @Hibrkraft, dan tentu saja, Pupuhu baru, yang tadinya Sekretaris saya di kepengurusan lampau, yaitu Kang Hendra Gunawan. Tiup lilinnya? Ada juga dooong!

blogger bogor
Siap siap makan kue ultah, nyanyi dulu!

Materi mengenai “Digital Identity” merupakan materi menarik, karena ini soal branding kita di dunia maya. Sedangkan “Improving Digital Softskill” menegaskan kalau kita tuh, butuh banyak softskill yang bisa digunakan untuk kepentingan kita sebagai netizen. Pengalaman pemasaran di dunia digital menjadi insight menarik dari pembicara sesi kedua yaitu Finka dan sesi pertama Ibrahim ini.

blogger bogor
blogger bogor yang hadir pada ultah BLO9OR ke-9

Ya, Sejak Blogor kita kembalikan ke “komunitas online” maka lebih banyak harusnya Blogor saling berkarya. Menulis, memberitakan.  Maka, semoga dengan umur ke 9 ini, eksistensi Blogor dikenal sebagai penulis dunia maya, mata pena media siber yang mengedepankan pengalaman pribadi, opini dan kontribusi positif untuk kehidupan. Terutama, kalau berbasis lokalitas Bogor, untuk Bogor tentunya. Dirgahayu Blogor ke 9 !  Ayo #BLO9OR !

 

 

Comments

comments

13 thoughts on “Blogger Bogor Sembilan Tahun : Menulis, dan Membangun Digital Softskill

  1. Selamat ulang tahun blo9or!
    Jaya selalu ya!
    Keren loh, bisa eksis hingga di tahun ke 9. Karena biasanya menginjak 5 tahun saja sudah mlempem. Hhehehee

    Asik. Kalo main ke bogor ada yg bs ditemuin. Hihihi

  2. Kompaak bangeett siih…
    Semoga Blogger Bogor makin banyak menebarkan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat luas.

    Aamiin.. In syaa Allah.

  3. Sudah 9 tahun ya.. Wah, udah hits banget itu pasti. Ngiri. Pengen punya komunitas bloger daerah yang seperti itu. Apalagi kegiatan-kegiatannya itu, lho. Sial.. Bener-bener pengin terlibat.

    Btw, selamat ulang tahun Blogor. Stay creative!

  4. Selamat ultah, Blogor. Makin sukses makin berkah.

    Daku belum gabung di komunitas bloger daerah. Hiks. Balada pindahan mulu.

  5. selamat ultah blogger bogor
    moga makin kompak, awet dan terus maju ya
    moga makin banyak anggotanya dan bisa menjadi sinergi pemerintah kota bogor
    kami jg ada komunitas..tp baru 2 tahun
    moga bisa seawet komunitas blogger bogor

  6. Selamat ulang tahun Blogor! Aku kok ngiri ya, blogger daerah msh eksis aja. Kalau di Jepara yg ngurus sibuk sendiri, hahaha

    Senengnya kalau yg muda dan yg mudanya udah berlalu masih akur2 aja. Jd bs sama2 ngembangin diri dlm dunia tulis menulis

  7. Selamat ulang tahun blogger bogor. harus makin kompak dan saling membangun dan melengkapi. Semakin kokoh membangun bnegeri lewat literasi digital. sukses terus mas

  8. selamat ulang tahun blogor, semoga makin kece badai, aamiin. sudah lama ya, ini kalau ibarat anak sudah SD kelas 3 ini, salam untuk teman-teman blogor

  9. Wah selamat ulang tahun blogger Bogor, umurnya udah 9 tahun, sudah sangat senior..
    Dibanding komunitas blogger di daerh lain, misal komunitas blogger Purwokerto saja baru berumur kurang dua tahun, semoga blogger Purwokerto bisa awet seperti blogor..

    Salam. Sukses, salam. Blogger

  10. Wah selamat ulang tahun yg ke 9 bloger bogor,keren banget masih bisa eksis ditengah marakny komunitas-komunitas bloger lainnya. Semoga jaya terus ya,dan selalu berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.