Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Ke Berbagai Museum Di Jakarta

http://www.unggulcenter.org/2017/12/08/liburan-belajar-sejarah-ke-museum-di-jakarta/

Museum di Jakarta mungkin bukan kata kunci yang dicari pada laman pencarian google oleh banyak orang. Apalagi, tak banyak anak muda yang suka wisata ala-ala “My Trip My Adventure efek” yang menjadikan museum, apalagi museum di Jakarta sebagai destinasi di bucket list mereka jika berkunjung ke ibukota. Bahkan, oleh masyarakat  JABODETABEK sendiri yang merupakan masyarakat lingkar jakarta.

Namun demikian, wisata ke museum saat ini merupakan hal yang tidak aneh. Apalagi, ada banyak hotel murah di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai tempat penginapan jika kamu ingin mencoba berlibur ke wilayah ibu kota Indonesia, sebuah wilayah yang dipadati penduduk dan memiliki beragam tempat wisata menarik di dalamnya. Ada banyak tempat wisata di Jakarta, termasuk salah satunya jenis wisata sejarah berupa museum.

Museum memang menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat ke wilayah tertentu, karena di objek wisata ini wisatawan selain bisa berlibur juga bisa mendapatkan beragam informasi menarik seputar sejarah yang ada di museum tersebut. Berikut ini UC rangkum beberapa museum yang bisa dikunjungi di Jakarta, antara lain:

  • Museum Sejarah Jakarta
museum di jakarta
foto : www.wisatamuseum.com

Sebenarnya ada banyak nama yang diberikan untuk museum yang satu ini, diantaranya museum Batavia dan Museum Fatahillah. Museum yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta ini memang sangat menarik, selain bisa menikmati isi museum namun juga bisa menikmati berbagai jenis hiburan lainnya di kawasan ini. Bangunan museum ini mirip dengan bangunan instana Dam di Amsterdam, sehingga sangat menarik untuk dijelajahi.

Di kawasan yang dikenal sebagai kota tua Jakarta ini biasanya terdapat beberapa orang yang mengenakan kostum (sejenis Cosplay) dalam berbagai bentuk yang menarik, selain itu juga penguunjung bisa melakukan kegiatan foto bersama Cosplay tersebut dengan biaya yang murah meriah.

  •  Museum Kebangkitan Nasional
museum di jakarta
foto : tribunnews.com

Ada banyak promo booking hotel yang bisa digunakan jika berminat untuk menginap di wilayah Jakarta yang lokasinya dekat dengan Museum Kebangkitan Nasional, sebuah museum yang isinya mungkin sedikit menyeramkan dan membuat bulu kuduk berdiri. Ada banyak hal di dalam museum ini yang bisa ditemukan, mulai dari ruangan yang berisi diorama asrama kedokteran, peralatan kedokteran yang digunakan di masa lalu, dan berbagai jenis koleksi lainnya. Harga tiket masuk ke museum yang satu ini juga murah meriah, tiketnya sekitar Rp. 2000-an per orangnya.

 

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi
museum di jakarta
foto : munasprok.or.id

Ada banyak promo booking hotel murah di sekitaran wilayah Jakarta, seperti di kawasan dekat Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Museum yang lokasinya berada tidak jauh dari bundaran HI atau lebih tepatnya di sebelah gedung Bappenas, sebuah museum menarik yang di dalamnya banyak menceritakan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia termasuk salah satunya bagaimana naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Harga tiket masuk ke museum ini juga murah meriah, hanya dengan Rp. 2000 per orangnya saja.

 

  • Museum Nasional Republik Indonesia

 

museum di jakarta
foto : wikimapia.org

Museum yang satu ini juga dikenal sebagai museum Gajah, museum ini berada di Jakarta Pusat atau lebih tepatnya di Jl. Merdeka Barat No. 12 menjadi museum pertama dan terbesar yang ada di Asia Tenggara. Museum yang satu ini berisi banyak koleksi maupun benda-benda yang berhubungan dengan masa lalu, seperti buku kuno, koleksi budaya, dan berbagai jenis koleksi lainnya yang banyak memberikan informasi.

 

  • Museum Bank Indonesia

 

museum di jakarta
foto : jakarta100bars.com

 

Selain ada hotel murah di Jakarta yang dekat dengan museum ini, namun lokasinya juga dekat dengan berbagai museum lainnya di wilayah Jakarta. Museum ini memang menarik dan setiap harinya selalu memiliki pengunjung setia terlebih saat musim liburan atau weekend, isinya terdiri dari berbagai benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Bank Indonesia yang akan mengingatkan kembali ke masa lalu mulai dari uang pertama yang ada di Indonesia, brankas tempat penyimpanan uang, dan hal-hal menarik lainya. Tiket masuk museum ini gratis untuk pelajar dan mahasiswa, sedangkan masyarakat umum dikenakan tiket Rp. 5000 per orangnya.

 

  • Museum Jenderal Besar Dr. Abdul Haris Nasution
museum di jakarta
foto : tribunnews

 

Dikenal juga dengan nama Museum Sasmitaloka Jenderal AH Nasution yang lokasinya berada di Jl. Teuku Umar No. 40 Jakarta Pusat menjadi salah satu museum yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jakarta, museum pahlawan nasional yang buka dari hari Selasa sampai hari Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 2 sore. Museum yang awalnya merupakan kediaman pribadi ini berisi mengenai berbagai hal mengenai Jenderal Besar Dr. Abdul Haris Nasution, mulai dari berbagai ruangan lengkap dengan patung jenderal beserta keluarga dan juga di bagian lorongnya terdapat berbagai patung pasukan Cakrabiraw yang berada dalam posisi siap menembak.

 Museum di Jakarta Lainnya

Selain dari museum yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak jenis museum di Jakarta yang bisa dijelajahi seperti Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Adam Malik, Museum Taman Prasasti, Museum Hakka Indonesia, Museum POLRI, Museum M.H. Thamrin, Museum Katedral, Museum Pribadi Di Tengah Kebun, Museum Seni Rupa Dan Keramik, Museum Taman Prasasti, Museum Tekstil, Museum Satria Mandala, dan lainnya. Banyak bukan? Jadi, segera cari hotel murah di Jakarta yang bisa dijadikan penginapan untuk kamu dan jelajahi berbagai museum yang ada di Jakarta.

Comments

comments

24 thoughts on “Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Ke Berbagai Museum Di Jakarta

  1. Beberapa museum yang disebut di atas udah dikunjungi, sisanya nanti deh dikunjungi kalo pas ke Jakarta lagi. Wisata sejarah kaya giniemang sangat bermanfaat nih buat kita, terutama para pelajar.

  2. Wah makasih mas Unggul sudah dilisting. Aku ada rencana juga mau main2 ke museum sebagai tempat wisata dan edukasi. Bosen juga kalau tiap minggu mall maning mal maning :))

  3. wah jadi pengen ke museum mumpung mau liburan akhir tahun ada beberapa museum yang belum sempet didatangi padahal sering lewat. semoga bisa kesampaian kunjungan ke beberapa museum di Jakarta 🙂

  4. Nah aku tuh termasuk anak muda *tsaaahh anak muda* yg gak pernah masukin museum dlm itinerary liburan. Ngajakin anak2 juga baru ke satu atau dua museum aja.

  5. Sebenarnya di Jakarta banyak museum yang bisa dikunjungi ya Ka, tapi jujur saya sendiri baru beberapa museum ajah yg pernah saya datengi. Paling sering daerah kota tua.

    Next pengen ajak anak2 juga buat libutan ke museum.

  6. Sebenarnya di Jakarta banyak museum yang bisa dikunjungi ya Ka, tapi jujur saya sendiri baru beberapa museum ajah yg pernah saya datengi. Paling sering daerah kota tua.

    Next pengen ajak anak2 juga buat liburan ke museum.

  7. Wisata Museum itu murah meriah, ada beberapa museum di Jakarta yg udah aku kunjungi, kayak museum fatahillah, museum nasional, lubang buaya. . Apalagi ya, lupa. Nanti mau ahh menyusuri museum lainnya.

  8. Ini liburan murah tapi mahal ilmunya ( sarat)
    Belum semua aku datangin ini tempat. Next haruslah ya secara dari kecil di Jakarta 😄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.