Ribuan Desa Berdaya Dari Rumah Zakat Untuk Indonesia

http://www.unggulcenter.org/2017/12/20/ribuan-desa-berdaya-dari-rumah-zakat/

Desa Berdaya merupakan salah satu upaya lembaga Rumah Zakat untuk mengangkat potensi lokal melalui pembinaan komunitas terpadu, oleh fasilitator masing-masing desa. Rumah Zakat, dalam kesempatan UC bertatap muka dengan CEO Rumah Zakat, Nur Efendi di Jakarta, 19 Desember 2017 akan membangun lagi hingga 1.230 desa berdaya di tahun 2018.

Saat ini, terdapat 1.056 Desa yang dibina Rumah Zakat di 129 Kabupaten/Kota di Indonesia. Bahkan, tahun 2023, Rumah Zakat menargetkan ada 5.323 Desa Berdaya, berdasarkan proyeksi sumber daya dana zakat yang dikelola oleh lembaga ini.

Desa Berdaya
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi menjelaskan aktivitas Rumah Zakat terkait Desa Berdaya

Desa Berdaya diwujudkan pula dengan “Wakaf 1000 Hektar untuk Lahan Pertanian” berbasis  Desa Berdaya. Program ini bertujuan membebaskan lahan untuk difungsikan menjadi lahan produktif yang dapat diberdayakan untuk ketahanan pangan di masyarakat lokal.

Nur optimis, dengan berhasilnya Desa Berdaya, maka tingkat urbanisasi akan ditekan dengan banyaknya lapangan pekerjaan di desa. Selain itu, dengan maraknya generasi muda atau milenials yang juga mulai sadar akan zakat dan wakaf,  Rumah Zakat juga meluncurkan platform crowdfunding di www.sharinghappines.org yang akan memasuki fase pengembangan tahap ketiga, sejak diluncurkan dua tahun silam.

Desa Berdaya
CEO Rumah Zakat dan CEO Vanilla Hijab selaku salah satu donatur yang mendukung program kampanye “I’m Sharing & I’m Happy”

I’m Sharing & I’m Happy

Pada kesempatan tatap muka dengan media kemarin, hadir pula Intan Fauzia, CEO Vanilla Hijab yang memberikan testimoni aktivitas membayar zakat perusahaan hijab tanah air ini secara rutin. Menurut Intan, sebagai donatur Rumah Zakat, dirinya dan Vanilla Hijab merasa bahagia dan melengkapi sesuatu yang kurang jika tidak berzakat. Semangat ini memang sejalan dengan kampanye ” I’m Sharing & I’m Happy” dari Rumah Zakat.

Desa Berdaya
Program dari Rumah Zakat Membangun 1230 Desa Berdaya di Tahun 2010

Sebagai wujud terimakasih terhadap para donatur, kepercayaan dan dukungan masyarakat Indonesia, Rumah Zakat menggelar “Rumah Zakat Sharing Event” sebagai puncak dari rangkaian kegiatan berbagi bahagia sepanjang tahun 2017 ini. Yang penting, kata Nur “semakin banyak berbagi semakin banyak kebahagiaan bisa diwujudkan.”

Comments

comments

14 thoughts on “Ribuan Desa Berdaya Dari Rumah Zakat Untuk Indonesia

  1. Woow …wakaf 1000 Hektar untuk Lahan Pertanian dan berbasis Desa Berdaya? Bagus sekali programnya ya… Semoga dengan program tersebut semakin banyak lahan yang berfungsi sebagai lahan produktif dan dapat diberdayakan untuk ketahanan pangan di masyarakat lokal. Dengan demikian swasembada pangan bisa terwujud.

  2. yup, jelas sekali dengan adanya desa berdaya maka tingkat urbanisasi semakin berkurang, kan urbanisasi terjadi karena ketimpangan dari desa dan kota yang terjadi di seluruh Indoensia. Semoga programnya benar-benar terealisasi, aamiin

  3. Semakin banyak desa berdaya tentunya membuat semua desa semakin merata kemakmurannya, program rumah zakat bagus nih memberdayakan masyarakat

  4. Semoga rumah zakat semakin kece dan dapat menjangkau lebih banyak pihak untuo diberdayakan…

    Selalu kagum dengan pendekatan rumah zakat dalam membantu dan mengelola zakat yang dikelolanya

  5. Program dari rumah zakat ini bagus juga ya sangat membantu orang yang membutuhkan sekali. Jadi tidak perlu diragukan lagi ua mas klo beramal di rumah zakat ini

  6. alhamdulillah rumah zakat ikut serta dalam pemberdayagunaan desa-desa d indonesia, semoga kedepannya targer dari rumah zakat di tahun 2023 bisa tercapai dan lebih dari 5000 desa bisa lebih berdaya guna.

  7. Programnya bagus sekali untuk memberdayakan desa, banyak potensi yang bisa dikembangkan di desa. Semoga semakin banyak desa yang berdaya dengan lahan produktif yang dimiliki!

  8. bagus nih mas programnya, jadi selain memajukan sebuah desa tapi juga bisa meningkatkan perekonomian daerah dan penduduknya sendiri. Semoga semakin banyak berbagi maka semakin banyak kebahagiaan bisa diwujudkan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain

  9. Zakat adalah bagian dari pembersihan harta dan jiwa bagi umat Islam.
    Namun ada yang perlu dikritisi dari lembaga Amil Zakat jaman sekarang. Karena salah satu tata cara berzakat adalah amil zakat yang mengambil zakat ke rumah-rumah orang yang wajib zakat.

    Semoga semakin banyak menjangkau daerah yang menbutuhkan bantuan.
    In syaa Allah…Barakallahu fiikum.

  10. Wow lima ribuan lebih desa untuk penyaluran zakat? Semoga amanah dan bisa tersalur ke yang benar2 membutuhkan.
    Bagus acaranya utk edukasi jg ya mas, bahwa zakat itu gak cuma pas lebaran aja 😀
    TFS infonya, saya malah jd kepo sama vanila hijab haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.