Cara Merawat Trafo Dengan Benar

http://www.unggulcenter.org/2018/02/01/cara-merawat-trafo-dengan-benar/

Cara Merawat Trafo dengan Benar

Halo Sobat UC!  Kamu Ingin mesin genset yang selalu prima? Salah satu kuncinya adalah dengan maintenance trafo secara rutin. Bagaimana caranya?

Transformator atau yang biasa disebut trafo adalah salah satu alat listrik yang berperan penting pada genset. Sebagai alat listrik, tentu bukan tidak mungkin trafo bisa rusak atau lebih parahnya, meledak. Nah untuk menghindari hal buruk tersebut, sebaiknya mulailah memberi perhatian pada trafo dengan cara merawatnya secara rutin dan berkala.

cara merawat trafo

Dengan perawatan atau maintenance trafo secara rutin, Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Seperti memperpanjang masa pakai trafo, meningkatkan kemampuan dari trafo tersebut, dan tentu saja jika masa pakainya lebih panjang, Anda dapat menghemat biaya penggantian unit trafo. Selain itu, dengan awetnya trafo juga akan membuat genset Anda lebih lama usianya karena semua terawat dengan baik.

Bagaimana cara merawat trafo?

Pertanyaan ini pasti ditanyakan oleh banyak orang kan? Nah, berikut ini adalah pemeliharaan secara berkala satu tahun untuk trafo. Jadi tiap tahunnya, trafo harus dirawat sebagai berikut :

Pemeriksaan luar

  • Periksa semua kondisi tangki trafo, termasuk semua baut, mur, dan bagian-bagian yang dilas. Pastikan pula semuanya tidak ada kebocoran
  • Periksa juga kondisi sambungan kabel atau konduktor pada terminal
  • Cek keadaan silica gel yang berada di dalam breather. Sedikitnya sekitar ¾ silica gel harus dalam keadaan berwarna biru. Jika kurang dari itu, tandanya silica gel harus diganti seluruhnya atau diaktifkan kembali
  • Cek juga permukaan oli, pastikan berada di atas batas level indicator
  • Jika dilengkapi dengan nitrogen, periksalah tekanan nitrogen setidaknya di antara +2 Psi dan +3 Psi

Pembersihan pada trafo

  • Bersihkan terminal isolator menggunakan kain yang kering juga bersih
  • Bersihkan tangki dan radiator trafo. Gunakan angin bertekanan untuk menghembuskan debu, lalu keringkan kembali dengan angin
  • Jika terdapat bagian trafo yang berkarat, hapus karat dengan menggunakan amplas, lalu cat ulang

Memeriksa perlengkapan trafo

  • Periksalah perlengkapan-perlengkapan trafo apakah masih bekerja dengan baik
  • Jika dilengkapi dengan relay pengaman, periksa kondisinya dari contact point

 

Simpel kan? Hanya tiga hal yang bisa kamu lakukan dalam cara merawat trafo dengan benar. Yuk, ikuti panduannya!

Comments

comments

15 thoughts on “Cara Merawat Trafo Dengan Benar

  1. di rumah sih gak pakai genset, tapi gak ada salahnya ya kan untuk tau cara perawatan trafo yang dipakai di mesin genset seperti ini, siapa tau ternyata nanti ada yang perlu bantuan info ini jadi aku gak ngeblank banget hehe

  2. Mesin genset memang perlu dilakukan pemeliharaan secara bertahap sih jangan sampai dibiarkan begitu saja namun, banyak orang yang bingung cara membersihkan dan merawat trafo genset tersebut setelah dibaca baca jadi mengerti saya nanti saya coba lakukan ah

  3. wih cek trafo ya? aku belum pernah sich, ngeri-ngeri sedap juga. tapi kalau pas ada yang mau benerin bisa lah sambil kepo ya. Makasih mas infonya

  4. Aku tadi salah baca.. bacanya tips merawat tato hahahaha.

    Laaah untung dibaca isinya.. ternyata trafo toh..

    Segala sesuatu memang bakal lebih awet kalau dirawat, rutin dicheck Dan dibersihkan.. sepakat kalau itu mah

  5. Klo nda salah dinamo itu pake trafo ya mas. Aku pernah liat dikipas angin sih. Di mobil tamiya juga ada ya. Memang mesin awet kuncinya diperawatan yang paripurna

  6. Oh, jadi ‘ruh’ mesin genset itu trafo ya. Baru tahu saya. Harus servis berkala ya agar genset bisa panjang umur dan manfaatnya bisa terus digunakan.

  7. Cocok nih buat Kakakku
    Dia punya travo dan udah lama ini gak dipake karena libur jualan. Kadang kan gak nyala gitu. Jadi butuh dibersihkan biar pas jualan aman jaya

  8. Info yang sangat bermanfaat mas unggul, walaupun saat ini saya nggak pakai genset tapi setidaknya kalau ada temen yang pakai genset khan bisa kasih tahu cara-cara merawatnya

  9. Supaya barang yang kita miliki bisa awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, memang perlu melakukan perawatan yang benar.
    Kalau barang seperti trafo ini, sudah berkarat, agak sulit membersihkannya ya…

  10. Serem, kalau sampai meledak. Trafo listrik di dekat rumah beberapa kali meledak karena over pemakaian dan pencurian.
    Lebih serem lagi jika trafo genset yg meledak.

    Terima kasih sharing perawatannya

  11. di kantor pake genset sih mas, tapi belum pernah cek trafo.. Terima kasih atas informasi dan panduannya ya mas, sapa tau ke depannya saya berurusan dengan trafo, kan paling tidak sekarang sdh tau cara merawatnya hehe

  12. Jadi si travo ini perlu dapat perawatan juga ya, kirain ga perlu heheheheeee…makasih infonya mas, aku jadi ngeh kalau travo perlu bersih-bersih juga

  13. Ooh gitu ya, aku baru tau kalo trafo ini dibersihkannya pake angin bertekanan tinggi

    Btw, itu angin apa yang dimaksud? Angin biasa atau nitrogen atau gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.