Sambal Indonesia Hokben : Perjalanan Hokben Untuk Nusantara

sambal indonesia hokben
http://www.unggulcenter.org/2018/02/28/sambal-indonesia-hokben/

Bahagianya hidup di Indonesia!

Selain alamnya yang aduhai, juga hasil alamnya yang jadi rebutan sejak dulu kala oleh bangsa kolonial, jangan lupa pula dengan beragam warisan budaya dan kulinernya.  Indonesia, yang dulu dikenal sebagai Nusantara merupakan sebuah surga nyata yang bahkan beberapa pendapat mengatakan bahwa disinilah Atlantis. Negeri yang konon kabarnya paling bercahaya dan sejahtera di jaman kuno.

Saya bukan mau puitis dan asal ngomong saja sih. Bukti nyata aja, nggak ada kuliner seenak dan selengkap rempah-rempah nya di dunia selain Indonesia. Beragam jenis dan kecocokan ada. Selain itu, lidah kita sebagai orang Indonesia juga, karena pengalaman kuliner yang beragam, mudah sekali untuk beradaptasi dengan sajian kulinari luar negeri. Percaya ngga?

Yang membedakan, selain kerinduan masakan nusantara ketika di Eropa misalnya, jug karena beragam rempah yang hanya ada di kita. Saya kasih contoh simpel aja. Cabai. Sudah beragam sambal-sambalan (terutama botol) yang saya cobain waktu menuntut ilmu di negeri eropa bagian timur-utara dulu. Ngga ada yang enak. Paling mendekati, China dan Thailand. Itupun ya Thailand banget, yang asem dan cocoknya di sajian makanan tertentu saja.

Beragam sambal saus, mulai  dari Amerika Selatan untuk makan Tortila dan seterusnya pun asli ngga enak. Ketika membawa sambal botol dari Indonesia, semua orang baik bule ataupun afrika dan asia lainnya suka loh. Laku keras dan abis ga kerasa hihi. Sebaliknya, mau cari sambal selain susah, juga mahal. Saya hanya bisa sekali beli cabai merah keriting. Itupun yang udah mau busuk jadi di diskon 50%. Tebak harganya? Tiga biji, ya tiga biji, harganya 3 euro alias 1 biji cabai merah berharga 1 euro kurang lebih Rp 15.000 !

Soal sambal, Indonesia juaranya, waktu itu lagi hobi masak (biar hemat) nah ini cabai tak blender (gak nemu ulekan disana). Masakan ku di dormitory jadinya ga pedes cuy. Biar ada merah-merah dikit, pakainya Paprika sama Merica hiks hiks..

Sambal Indonesia di HokBen

Lalu, seperti yang saya sebutkan diawal, lidah kita juga paling moderat dan terlatih untuk beragam menu. Sajian eropa ala Spageti, Pizza maupun Burger kita bisa cocok. Apalagi yang sejenis masakan chinese food atau Jepang.  Hokben, salah satu fast food yang menyajikan menu jepang pun laris manis di Indonesia. Tentu karena lidah kita yang juga mampu menerimanya. Cari aja orang bule rada jarang.

Nah, kalau misalnya, Hokben ternyata punya menu Indonesia, sambal Indonesia? Wah! Surga!

Kabar baik buat kita semua, Hokben saat ini punya tiga aneka sambal khas Nusantara loh. Paduan sambal inipun dicocokkan dengan Menu baru hokben. Hoka Suka namanya. Jadi pas banget. Sambal Indonesia Hokben!

Hokben? Resto Jepang? Ahaha. Jangan salah, Hokben pun lokal loh say. Bukan jejaring franchise chainstore dari negeri matahari terbit sana. Baru tau? Nah! Menurut Kartika Mangisi, Communication Department Head HokBen, Hokben didirikan pada 18 April 1985 gerai pertama lisensi dari PT Hoka Boga Inti ini berada di Kebon Kacang.

Restoran yang dulunya bernama Hoka Hoka Bento ini menyajikan bento yang merupakan makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-kemana. Ini mah ransumnya jepun. Bento bisa kamu makan sebagai makan siang, makan malam atau bahkan bekal untuk piknik.

Hokben juga sudah bersertifikat HALAL jadi bagi kamu yang konsen dengan Halal MUI, jangan khawatir. Enjoy aja ke Hokben.

Hokben berubah dengan citra baru yang makin ciamik. Perubahan dari Hoka Hoka Bento menjadi HokBen merupakan milestone yang patut diingat. Bahkan dengan saat ini mengusung fushion antara menu jepang dengan menu nusantara, saya pikir ini keren banget. Menunjukkan kalau inovasi produk dan layanan ini yang diperlukan kita sebagai penyuka sambal hihi.

sambal indonesia hokben

Ngga perlu banyak mikir, saya yakin keluarnya produk sambal indonesia Hokben ini sudah dari proses marketing research yang tentu merupakan hasil dari apa yang diinginkan masyarakat Indonesia.

Lalu, seperti apa sih sambal ala Hokben?

Ini dia penampakannya. Sambal dari nusantara yang jadi andalan Hokben adalah sambal matah, sambal bawang, dan sambal ijo. Lagi-lagi, ini bukan sembarangan. Pastinya sudah melalui tahap riset kebutuhan kita semua. Memang, sambal matah, sambal bawang dan sambal ijo merupakan jenis sambal nusantara yang paling populer di Indonesia.

Selain itu, representasi kawasan juga menjadi pertimbangan sepertinya. Sambal Hijau dari Minang, merepresentasikan kawasan Indonesia di bagian barat, sambal bawang dari Jawa representasi kawasan tengah, dan sambal matah dari Bali jadi perwakilan dari pecinta sambal di Indonesia timur. Bukan tak mungkin, nanti berikutnya sambal-sambal khas Indonesia lain menjadi menu di Hokben loh!

Sambal Indonesia di Hokben ini juga dapat dibeli terpisah dan dibawa pulang loh. Selain dicoba dengan menu-menu seperti Beef Teriyaki yang (pastinya) cocok dicampur sambal Indonesia, Hokben juga mengeluarkan menu menu Indonesia yang dibuat khusus oleh Hokben yaitu Menu Hoka Suka. Hoka Suka 1 disajikan dengan Grilled Yakitori (mirip Sate Lilit hihi), Hoka Suka 2 dengan ebi furai, dan Hoka Suka 3 dengan chicken katsu. Pelengkapnya adalah Acar Kuning dan Kering Kentang. Pas banget!

Beruntung, saya dapat menghadiri launching menu baru Hokben dengan Sambal Indonesia nya ini, hari Kamis, 22 Februari 2018 lalu. Kumpul Bareng Komunitas Blogger Jakarta. Itu temanya. Bertempat di Hokben Kartika Chandra di Gatot Subroto, saya dan bloggers lain diinformasikan mengenai Sambal Indonesia di Hokben dan juga menu-nya.

Tak lupa, sesi icip-icip dan games!

Jadi, selain futu-futu, saya dan rekan-rekan bloggers juga mencicipi menu Hoka Suka dengan tiga varian sambal indonesia hokben ini. Menu pilihan saya adalah Hoka Suka 1 yang ada “Sate Lilit”nya sooo… cocoknya dengan sambal matah. Dan saya pun jatuh cinta dengan menu ini hihi.

Nope, ngga puas sampai disitu, ternyata saya boleh menambah dan mencampur jenis sambal lain yaitu sambal bawang dan sambal ijo. Alhasil, semua sambal numplek jadi satu. Daripada begitu, saya bela-belain deh ambil satu menu lagi untuk ronde kedua!

Loh, bayar sendiri? Alhamdulillah, si gendut ini diperbolehkan menyantap menu yang didisplay dan sudah puas difoto-foto oleh para bloggers, hihi.

Noh penampakan buruan saya, sambal indonesia hokben dan menu hoka suka kemarin. Klik untuk melihat lebih detil (warning ngiler tidak ditanggung)

Nah, kamu bisa mendapatkan tiga varian sambal Indonesia hokben yang mana aja yang kamu suka di Jawa dan Bali.  Ngga hanya itu, ada juga kejutan dari Hokben dimana kamu bisa berkesempatan mendapatkan tiket Java Jazz gratis untuk 10 orang pemenang hanya dengan berpose dan mengirim foto ke akun instagram Hokben. Baca syarat dan ketentuan ya!

Kemarin sih, saya datangnya di launching Hokben di Kartika Chandra. Strategis tempatnya. Fasilitas pun oke banget. Pada sesi acara, “tuan rumah” pak Zaki selaku Store Manager memaparkan fasilitas Hokben Kartika Candra, yaitu 128 kursi, outdoor private room, smeoking area, wifi, mushola yang nyaman, parkir luas dan tentunya akses yang strategis dari beragam penjuru. Boljug kan?

 

Hokben, kesimpulanku, merupakan pelopor makanan bergaya Jepang melakukan inovasi untuk memenuhi keinginan pelanggan setianya memadukan makanan Jepang dengan makanan khas Indonesia, sebagaimana awal Hokben itu sendiri yang adalah restoran lokal Indonesia. HokBen adalah jaringan restoran waralaba makanan cepat saji yang menyajikan makanan Jepang yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Hingga kini, HokBen memiliki 350 gerai yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Perjalanan Hokben di Nusantara, semakin komplit dengan hadirnya menu sambal indonesia hokben. Bravo!


Sooo… Selamat bermaknyuss dan berpedas ria dengan sambal indonesia Hokben. Khas Indonesia yang tiada duanya, dan yang jadi bikin semua orang kangen Indonesia!

sambal indionesia hokben
Foto bersama para bloggers yang hadir di launching Sambal Indonesia Hokben yuup #SambalKitaSambalIndonesia

Comments

comments

18 thoughts on “Sambal Indonesia Hokben : Perjalanan Hokben Untuk Nusantara

  1. Keren juga nih iya kan, Hokben yang terkenal dengan makanan ala jejepangan sekarang merambah mencoba akulturasi dengan menambahkan kuliner Indonesia gitu kan. Jadinya, makin mantep nih kombinasinya. Tapi, emang sih, berbicara soal kuliner Indonesia, aku jadi inget sih waktu ke Turki gitu, ada yang bilang katanya sambal Indonesia mantap juga. You know, sambal botol gitu, padahal menurut lidahku yang punya lini pertahanan baik dengan berbagai macam cabe, ya sambal botol itu biasa aja. Pilihan kuliner kita memang banyak dan menjanjikan buat orang luar negeri. Ga heran juga sih makanan kayak Nasi Goreng juga dipuja-puja, bahkan sampai ada drama Jepang yang berjudulkan Nasi Goreng loh. Ini fakta.

  2. Sambal emang khasnya Indonesia yaa.. dan Hokben cukup pintar meramu sambal dengan menu-menu khasnya. Hemmm.. kayaknya semakin banyak pelanggannya nih 🙂

  3. Betul … Betul, kita patut bersyukur jadi orang Indonesia. Yang jenis makanannya sangat beragam. Apalagi rempah-rempah yang dijadikan bumbu masakan,beragam jenis dan rasanya.
    Jadi kalau Hokben berinovasi menggabungkan masakan khas Jepang dengan sambal khas Indonesia, bisa pas di lidah kita ya…

  4. sudah lama ga makan di hokben ternyata sudah ada menu baru saja dan sambalnya khas indonesia banget. tapi, kayanya sambal yangdisajikan dalam satu menu set itu sedikit ya mas unggul jadi menurut saya rada kurang puas klo cuman sedikit haha

  5. udah 2 tulisan ku baca soal sambal di Hokben ini, sumpah sambal nya bikin pingin datang ke Hokben dan bagian campurin sambal jadi satu itu bikin pingin

  6. Sambal Indonesia membanggakan. Banyak orang suka. Banyak orang ga bisa makan tanpa sambal. Saya suka sambal Indonesia. Hokben keren.

  7. saya suka banget mas menu hokben, apalagi sekarang ada menu hokben suka dengan sambal nusantara, wahh tambah nikmat itu .. Jadi teman-teman yang hobi sambel, sekarang tetap bisa menikmati hokben dengan sambel kesukaan mereka. Akan saya infokan mas ke teman-temn, soalnya keliatannya banyak yg gak tau kalau hokben ada sambalnya sekarang

  8. Woooo gils keliatannya enak banget tuh :((( jadi laper gini, tapi eh sambelnya enak ga? Biasanya kalo sambel yg dibikin udah dikemasin kurang sih lebih enak penyetan gt wkwkkwwk anak kost banget

  9. Indonesia emang Atlantis tapi sayang kadang msh ada yang gontok2an krn…. ah sudahlah hahaha
    Wah aku blm pernah nyobain sambal nusantaranya hokben nih mas, moga bsok minggu bisa ngemol dan nyobain menunya. Hokben Bogor dah ada jg kan ya sambel2nya 😀

  10. wah sambal Indonesia gak ada matinya ya tetep makanan lokal lebih juara dan bisa jadi asik kalo dikemas dengan baik 🙂

  11. Aku suka sambal ijonya…serasa makan makanan Jepang tapi ada di warung padang hehehe nampol pedesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.