Aplikasi Kumparan Baca Berita, Bikin Cerita dan Bersosial Media

aplikasi kumparan
http://www.unggulcenter.org/2018/03/31/aplikasi-kumparan/

Aplikasi Kumparan yang bisa diunduh dan dibuka di perangkat mobile adalah versi apps dari Kumparan.com yang mungkin sudah kita kenal. Kumparan.com adalah situs berita dan informasi yang mungkin dalam waktu setahun belakangan ini saya sering buka. Situs ini tampilannya saya suka dan beritanya juga menarik, dengan tampilan yang bagus banget, juga sesuai dengan karakteristik pembacanya.

Nah, iseng-iseng, saya juga men-download aplikasi kumparan pada smartphone, dikarenakan kebutuhan saya yang lebih sering mobile namun tak ingin ketinggalan informasi dan berita update terbaru, maupun berita feature yang bermanfaat.

Aplikasi

Melakukan download dari Google Play, Aplikasi Kumparan ini mudah dalam pengaplikasiannya. Kalau dulu, ketika sering browsing di websitenya, saya sekedar membaca tampilan yang ada saja, kali ini agak berbeda.

Mulai dari adanya beberapa kanal berita yang kita suka untuk ditampilkan dan direkomendasikan, juga bisa di-pinned di depan tampilan dashboard smartphone di dalam aplikasi ini.

Langkah-langkah melakukan unduhan Kumparan dan mempergunakannya, kamu bisa lihat dari screenshot yang saya coba bagikan di artikel review ini ya.

Login dengan mudah setelah instalasi, kamu bisa mencari apa saja yang akan ditampilkan utama pada layar dashboard, sehingga apa yang menarik dapat muncul didepan. Memang pilihannya kadang banyak dan bikin bingung tapi pilih aja mana yang menarik.

Toh walaupun banyak, kan tidak setiap saat ada berita tentang itu. Misalnya, saya suka sejarah, saya pilih sejarah juga dalam pinned nya tapi kan ngga tiap menit ada berita terkait sejarah. Breaking News, biasanya yang ada dan ini jadi menu pilihan juga.

Apa hanya itu saja? Ternyata nggak. Setelah mengunduh, kita bisa login dengan menggunakan existing account di media sosial yaitu Facebook atau Google. Dengan demikian, experience di facebook pun dapat tertarik ke aplikasi ini. Contohnya teman yang disarankan. Diambil dari user facebook yang juga teman kita.

Berita, Cerita dan Medsos

Berita yang ada juga beragam. Diantaranya KumparanBISNIS, KumparanBOLA, KumparanFOOD, KumparanOTO, KumparanHITS bahkan ada KumparanK-POP yang saya pilih. Sengaja, agar dapat berita Kpop.

Lebih dari itu, sebagai user, kamu juga bisa berbagi berita dan opini loh. Dengan membuat STORY. Jadi aplikasi Kumparan memang didesain sebagai kanal berita informasi dan juga berbagi cerita oleh pengguna dan partner media.

Saya sudah membuat username dan tinggal membuat story (cerita) yang bisa diterbitkan di Kumparan.  Kumparan sendiri enak, dalam aplikasi yang ada di smartphone, membuat berita secara langsung dengan mengetik di hape juga terasa simpel dan enak.

Story baru setiap hari sesuai pilihan bisa diset dari awal. Jadi, memang yang benar-benar kita sebagai user yang mau. Kamu bisa subcribe di media dan pin topik favorit untuk menampilkan story pilihan. Nah ini langkahnya pas di awal tadi sudah ada ya caranya.

Berita khusus soal SETNOV

Dalam aplikasi Kumparan ini, pengguna nggak hanya membaca berita tapi bisa membuat cerita dan juga mengeksplorasi user lain yang kita sukai. Dalam story juga kita bisa melakukan interaksi seperti Like dan Comment sebagaimana Medsos.

Selain itu tombol share juga tersedia, sehingga kalau ada informasi menarik dan layak disebarluaskan, kamu bisa langsung klik dan share ke berbagai sosial media lain seperti Facebook, ke Email ataupun aplikasi chat misal Whatsapp.

Untuk mencari teman juga gampang. Karena kita memasukkan akun sosial media Facebook atau Google, maka banyak teman yang bisa direkomendasikan dari sana.  Selain itu User Story teman yang kita cari bisa kita ikuti. Tentu story kita pun bisa dibaca, kemudian di Like, diberi Komentar dan dibagi (Share).

Saya iseng-iseng mencari nama saya di aplikasi Kumparan. Karena baru masuk, nama saya ada dalam daftar PEOPLE.  Nanti kalau sudah bikin Story, maka pasti muncul di story dan Topic juga kalau memang masuk.

Keywords yang populer

Overall

Hal lain yang saya suka, ada topik khusus yang menarik yang dibuat Kumparan pada menu. Contohnya, walau ada kategori News, Sepakbola, Ekonomi, pada menu atas, ada menu “Tuntutan Setnov” yang merupakan kumpulan berita bertopik tentang Setnov.

Kemudian, di Kumparan kita bisa mencari berita juga. Uniknya ketika kita klik untuk mulai mencari, ada keyword yang paling banyak dicari. Lumayan, dengan rekomendasi keyword yang paling banyak dicari, kita jadi tahu apa sih yang lagi nge-hits di Kumparan?

Kelemahannya tentu ada juga. Sebagai kritik yang pertama, walaupun kumparan ini memang ada nafas sosmednya, namun belum tentu setiap yang ingin login mau “memberikan” akun facebook ataupun google untuk login. Mungkin pilihan untuk mendaftar via email masih bisa digunakan. Ya, walaupun setelah login sih, kita bisa setting sendiri juga hehe.

Kedua, Kumparan memang berciri khas media yang terbuka. Sehingga, user bisa membuat story, Kumparan dengan tim media jurnalisnya juga membuat berita yang valid dan memenuhi kaidah-kaidah penulisan dan etika jurnalistik. Namun demikian, ada pula “partner media” yang menuliskan berita di Kumparan. Partner ini merupakan media juga yang ada diluar kumparan sebagai platform berbagi.

Konsekuensinya, Kumparan memberikan disclaimer bahwa isi tulisan bukan menjadi tanggungjawab redaksi Kumparan. Model seperti ini kadang kalau kita pembaca tidak jeli, tidak melihat siapa yang menulis, mentah-mentah menganggap itu hasil berita dari wartawan Kumparan. Padahal, bukan. Karena cara menulis berita memang berkaidah jurnalistik.

Overall, dari percobaan memakai aplikasi Kumparan ini di Smartphone, UC merasakan nafas berbeda dari sekedar membaca berita. Kita bisa terlibat disana dan mengasah juga gaya menulis dari menulis story dan membaca banyak berita yang memenuhi kriteria jurnalistik. Karena editor Kumparan juga melakukan screening dan penyuntingan kalau memang diperlukan.

Kumparan menjadi platform untuk baca berita, membuat cerita, dan bersosial media dengan interaktif ke sesama pengguna. Mudah-mudahan, Kumparan makin populer dan makin banyak yang menulis. Karena model penulisan citizen journalism digabung dengan “partner media” dari media pers di luar Kumparan akan menghasilkan warna-warni yang menarik, namun tetap informatif dan enak dibaca.

Karena ada peran editor dan tim Kumparan baik menyeleksi story dan informasi yang dipost oleh user dan partner, juga melakukan tugas jurnalistik di lapangan dan melaporkan dan mempublikasikannya di Kumparan.

Comments

comments

30 thoughts on “Aplikasi Kumparan Baca Berita, Bikin Cerita dan Bersosial Media

  1. keren! aplikasi yang begini harus di budi dayakan karena generasi milenial selalu identik dgn teknologi, dan teknologi yang kaya gini yang seharusnya di miliki bukan hanya aplikasi aplikasi yang gak menambah edukasi… makasih infonya 😊

  2. Semoga kumparan bisa terus berjaya dengan menyuguhkan artikel2 yang mencerahkan. Apalagi sekarang sedang panas2nya adu debat antar petinggi negara, isu2 agama dll. Berharap yang berimbang sih, untuk artikel yg masuk dari selain wartawan kumparan semiga bisa diseleksi dengan sangat ketat.

  3. Di kumparan saya suka sama kanal infografi-nya.
    Memudahkan saya membaca berita dan menyerap informasi lebih cepat.

  4. Wah baru tahu kumparan ada aplikasinya. Siap2 install dong.
    Selama ini tahu kumparan kalau pas ada teman share informasi saja. Hem… Sekarang bisa nulis sendiri dan buka akun disana ya. Semoga bisa kesampaian ah 🙂

  5. Sering ngeliat kumparan ini lalu lalang, tapi seringnya ga ngeh sih. Ternyata kumparan berkonsep media yang terbuka ya. Kalau begini memang harus jeli dan bisa meneliti lebih dalam sih. Jangan sampai termakan oleh tulisan yang tidak jelas asal-usulnya.

  6. Sepertinya harus download nih Aplikasi kumparan pada smartphone aku. Secara aku jarang nonton tv tp tak mau ketinggalan ma berita berita terkini dan lagi hitz.

  7. Di tengah memanasnya kondisi kebatinan warganet menyongsong hari H, saya berharap Kumparan hadir menjadi media penyeimbang dengan konten yang menyatukan. Apalagi founder-nya sudah terkenal sebagai tokoh di jagat media daring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.