Tips Membeli Monitor Yang Baik, Wajib Tahu Agar Tak Menyesal!

http://www.unggulcenter.org/2018/05/11/tips-memilih-monitor/

Tips Membeli Monitor yang Baik

Komputer merupakan salah satu peralatan yang sudah sangat sering digunakan. mungkin jika dulu komputer merupakan barang mahal yang tidak semua orang bisa memilikinya dan menggunakannya. Tapi semakin berkembangnya zaman membuat komputer menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki terutama yang memang pekerjaannya mengandalkan komputer. Baca juga: Daftar Harga Komputer

Sekarang Anda bisa melihat bukan hanya orang kantoran saja yang menggunakan komputer tetapi mulai dari anak-anak sampai dengan ibu-ibu menggunakannya karena mungkin dipengaruhi semakin banyaknya orang yang menjalankan bisnis online. Tentunya komputer itu terdiri dari berbagai macam perangkat yang salah satunya adalah monitor.

tips membeli monitor

Bagian dari komputer ini memiliki peran penting dalam menjalankan komputer karena memiliki fungsi untuk mentransfer data-data yang tersimpan dan sebagai layar untuk melihat hasil kerja. Maka untuk itu, bagi Anda yang kerjanya menggunakan komputer sepanjang hari pastinya membutuhkan layar yang memang nyaman untuk Anda.

Untuk mendapatkan peralatan ini yang nyaman maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Jika Anda belum mengetahui beberapa hal tersebut, maka simak tips membeli monitor dari UC berikut ini.

  1. Tujuan

Ketika Anda membeli sebuah barang maka sebaiknya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Sama halnya jika Anda ingin tips membeli monitor. Anda harus mengetahui alat tersebut akan digunakan untuk apa. Maka Anda sebelum membelinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan penggunaannya.

Jika misal penggunaannya hanya untuk kegiatan yang sifatnya sederhana seperti misalnya mengirim sebuah email, untuk melakukan browsing dan untuk membuka media sosial maka sebaiknya pilihlah yang tidak memiliki kemampuan yang tinggi dan juga harganya tentunya juga lebih murah.

Namun jika penggunaannya cukup banyak terutama untuk yang memiliki pekerjaan sebagai desainer atau fotografer maka membutuhkan sebuah layar yang memang memiliki kualitas tampilan yang tinggi seperti menggunakan layar Full HD, atau LED yang memiliki tampilan yang bagus dengan fitur yang cukup lengkap.

  1. Ukuran layar

Selain mempertimbangkan tujuan penggunaannya, dalam membeli sebuah monitor Anda juga harus mempertimbangkan ukuran dari piranti tersebut. Jadi sebaiknya Anda harus tahu dimana monitor akan diletakkan. Jika Anda memiliki ruangan yang cukup besar maka Anda bisa saja membeli yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Tapi jika memang Anda memiliki ruangan yang ukurannya kecil maka sebaiknya Anda pilih yang memiliki ukuran kecil. Sebenarnya Anda sangat mudah mendapatkan piranti ini yang sesuai dengan ruangan Anda karena sekarang banyak produk dengan berbagai tipe dan jenis yang bisa Anda pilih.

Jika Anda ingin memiliki alat ini dengan ukuran yang cukup besar maka bisa Anda pilih layar dengan tipe ultrascreen atau juga widescreen. Atau Anda juga bisa menggunakan layar yag 27 inci jika menginginkan layar yang cukup baik dan besar dan selain itu juga bisa yang 20-21 inci. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang diperlukan.

  1. Resolusi

Pekerjaan dengan tingkat yang berbeda juga membutuhkan jenis resolusi monitor yang berbeda pula. Maka dari itu, tips membeli monitor yang ketiga adalah resolusi. Jika Anda ingin membeli sebuah monitor ini maka sebaiknya lihat resolusinya. Sesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Karena memang ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan alat ini dengan resolusi yang tinggi.

Anda sekarang bisa memilih berbagai macam produk yang telah banyak di pasaran. Ada jenis HD yang memiliki resolusi kecil jadi pas untuk kegiatan yang tidak terlalu tinggi. Kemudian ada Full HD yang sangat cocok bagi Anda yang bekerja di bidang entertainment karena tampilannya yang cukup tajam.

Jika Anda bekerja sebagai desainer yang banyak berkutat dengan aplikasi seperti Coral Draw, Photoshop dan aplikasi sejenis maka sebaiknya pilih Qued HD yang memberikan tampilan yang luar biasa. Ada juga 4K Ultra HD yang memiliki kualitas di atas yang lain karena memang memberikan tampilan yang impresif yang tentunya harganya juga mahal.

  1. Koneksi

Satu lagi yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli monitor adalah mengetahui koneksinya. Jika ingin membelinya maka sebaiknya perhatikan dulu koneksi yang dimiliki dengan pekerjaan yang Anda kerjakan. Sehingga dengan begitu akan sangat pas dan akan mempermudah pekerjaan Anda nantinya.

Ada beberapa koneksi yang perlu Anda miliki seperti yang pertama adalah HDMI yang merupakan koneksi bawaan dari video dan audio. Koneksi ini akan menampilkan konten HD, game dan lainnya. Selain itu, juga ada DisplayPort  merupakan koneksi seperti HDMI namun kualitasnya lebih tinggi.

Selain itu, masih ada koneksi yang bernama DVI yang merupakan koneksi yang menghasilkan sebuah video dengan resolusi yang cukup baik yaitu 1920 x 1200 pixel. Ada juga VGA yang merupakan konektor analog yang menghasilkan tampilan dengan resolusi yang cukup tinggi. Di samping itu juga ada USA sebagai koneksi tambahan saja.

  1. Tipe Teknologi

Karena semakin berkembangnya zaman membuat banyak mengalami kemajuan termasuk sebuah monitor. Sekarang sudah banyak produk tersebut yang bertebaran di pasaran dengan berbagai jenis dan kualitas. Sehingga dengan begitu Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Namun karena banyak yang pilih terkadang membuat Anda ketika ingin membeli menjadi kebingungan. Jangan bingung, ketika Anda ingin membeli produk tersebut maka sebaiknya pilih yang memiliki tipe teknologi yang Anda inginkan. Karena banyak tipe teknologi yang sudah ada.

Seperti misalnya ada teknologi IPS yang cukup bagus dalam memberikan akurasi warna pada layar. Kemudian juga ada LED yang memberikan tampilan yang cukup bagus. Ada juga teknologi LCD yang sekarang banyak disukai karena memang memiliki tampilan yang baik. Kemudian ada juga Touchscreen yang merupakan teknologi terkini yang banyak digunakan.

  1. Harga

Jika Anda ingin membeli sesuai tentunya hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah harganya. Sebaiknya sebelum membeli monitor tersebut maka Anda sudah survey terlebih dahulu mengenai harganya. Maka dari itu persiapkan anggaran yang cukup untuk membelinya.

Walaupun terkadang kebanyakan barang dengan harga yang cukup mahal memiliki kualitas yang bagus tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mungkin bertanya yang sudah berpengalaman.

Tentunya sebaiknya pilihlah yang memang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. sehingga dengan begitu Anda tidak mengalami pembengkakan dalam pengeluaran yang tentunya akan merugikan Anda sendiri. Maka sebaiknya persiapkan hal tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi Anda bisa membeli produk yang benar-benar diinginkan.

Membeli sebuah monitor yang memiliki kualitas yang bagus itu susah-susah gampang. Karena Anda harus mempertimbangkan berbagai hal supaya barang yang Anda beli sesuai dengan keinginan dan tentu memiliki kualitas yang tidak mengecewakan. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan merasa salah memilih produk.

Tips membeli monitor berikutnya, cukup simpel. Bertanya. Bertanyalah pada orang yang benar-benar berpengalaman dan juga Anda juga bisa searching di internet tentang berbagai produk monitor saat ini. Sehingga dengan begitu Anda bisa membuat persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Maka Anda bisa mendapatkan apa yang memang diinginkan selama ini.

Semoga ulasan mengenai tips  membeli monitor ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda terutama yang memang akan membeli produk tersebut. Selain itu, juga semoga bisa menjadi tambahan wawasan yang baik bagi Anda dan semua yang membacanya. Semoga bermanfaat.

Comments

comments