Wah Penipuan Bukalapak, Seller Mencatut Foto Founder!

http://www.unggulcenter.org/2018/05/15/wah-penipuan-bukalapak-seller-mencatut-foto-founder/

Penipuan Bukalapak oleh toko gadungan alias seller palsu, baru pertama ini saya mengalami. Yup, setelah bertahun-tahun di berbagai marketplace online, bahkan jaman FJB.  UC sebagai penggila belanja online dan blogger remahan khong guan akan coba share di artikel ini dengan tujuan mudah-mudahan tidak terjadi lagi.

Karena saya juga salut dengan Bukalapak yang langsung tanggap dengan laporan saya waktu itu. Jadi, beberapa waktu lalu ada transaksi mencurigakan yang kudapati di situs marketplace Bukalapak. Parah ini mah. Memanfaatkan kelengahan karena adanya waktu terbatas yang di setup oleh seller yang melakukan PENIPUAN DI BUKALAPAK!

Saya, memang sedang begadang waktu itu. Jadinya ampir ketipu. Sebab si seller penipu memasang iklan diskon hanya hari ini saja dan berakhir jam 2 pagi.  Kebetulan, memang saya lagi cari barang elektronik dan mulai membanding-bandingkan harga.

Ketemu lah yang cocok. Jari sudah pencet beli sih. Tapi akhirnya saya mikir lagi. Kebetulan waktu itu toko penipu tersebut elektronik jualannya. Saya mau beli televisi dan wajar sebagai penggila belanja online saya membandingkan harga termurah.

Modusnya, diskon. Lalu ketika kita beli maka dia akan menghubungi. Untuk memberikan link ke situs diluar Bukalapak agar pembeli mengklik. Dalihnya, voucher diskon bisa diambil disana. Dengan tulisan di toko bahwa hanya hingga pukul dua pagi, maka diharapkan akan lolos dari sistem Bukalapak dan akan tertipu. Abis itu mungkin akunnya dia ganti atau hapus.

Nah, kronologisnya setelah saya melakukan pencet “Beli”, kemudian ada misscall. Ya dia cuma berani miscall dari Whatsapp. Untuk memastikan kalau saya memang sedang online dan akan ditipu. Parahnya, nomor WA yang menghubungi saya menggunakan gambar profile founder Bukalapak. Ahmad Zaki!

penipuan bukalapak
Seller penipuan bukalapak dengan memanfaatkan foto Ahmad Zaky founder buka lapak!

Bagi yang ngga tau akan tertipu. Saya pernah liat foundernya dan pernah juga bertemu di suatu forum. Plus dia juga pernah jadi bintang iklan bukalapak. Biar hemat katanya waktu itu hihi..

Dia mengatakan bahwa “Saya Supplier Bukalapak”. Nomer Hapenya jelas nih. Apa saya adukan aja ya ke Kominfo? Hehe..

Eniwei, saya akhirnya report. Alasannya, barang too good to be true. Pas saya cek, toko tersebut pun baru buka HARI INI dan gambar-gambarnya saya dapati mencomot serta deskripsi barang pun copas. Jadi saya makin curiga. Saya report ke Bukalapak.

Untungnya pihak BL tanggap. Saya langsung diemail untuk tiket komplain dan report. Tak berapa lama ada info kalau akun seller ditutup karena indikasi penipuan. BL juga mengatakan di email kalau jangan sampai pembeli melakukan transaksi DILUAR sistem buka lapak, termasuk meng-KLIK Tautan lain dari hasil chat. Akhirnya seller akunnya disuspend. Dan uang saua kembali. So, ati ati ya kalau belanja di marketplace!

penipuan bukalapak
Modus penipuan di Bukalapak, dengan penawaran diskon (barang sudah murah banget kok diskon lagi)

Kelihatan kan mau nipunya?

Oya, ini WA muncul mungkin karena aku ngga angkat telpon or memang pertama di telepon (pakai WA) itu untuk mengecek aktif ngga. Ngga tau sih. Yang pasti sudah tak laporkan duluan ke BL, baru ini muncul WA.  Jadi di email hasil laporan, BL sudah ngasih tau hati-hati kalau disuruh ngeklik!  So, ketika ini WA sampai, saya sudah senyum-senyum aja.

Aku punya tips.

  1. Perhatikan seller, klik tokonya. Kelihatan tuh dia bikin akun kapan dan transaksi apa aja.
  2. Cek juga bintangnya dan reputasinya. Juga komentar dan ulasannya ada atau tidak. Jika ada, apakah positif.
  3. Harga barang juga cek. Jika terlampau murah, alias too good to be true (gak mungkin beneran ada semurah ini), skip saja.
  4. Laporkan ke sistem bukalapak. Agar bukalapak investigasi. Jika tidak menipu akan ada penjelasan dari Bukalapak.
  5. Sabar. Jangan langsung klik beli, selalu waspada dan kalau bisa, jeda waktu untuk beli. Masukkan dulu aja ke daftar Favorit untuk dicek lagi.

Namun demikian, karena waktu itu saya pakai kredit dari salah satu penyedia, dan ngga sadar kena penipuan bukalapak oleh penjual palsu, maka jadinya saya nunggu beberapa hari hingga barang tidak dikirim (ya iyalah tidak akan dikirim soalnya nipu) baru dana saya dikembalikan. Rada repot karena terhambat belanja barang lain.

Tapi ngga papa, daripada kena tipu beneran. Untung sistem marketplace sudah menjamin adanya uang yang kita beli setelah barang sampai dirumah dan kita selesaikan tanpa masalah.

Jadi, selamat berbelanja di marketplace, dan semoga kejadian saya seperti penipuan bukalapak oleh seller gadungan ini tidak lagi terjadi. Amin!

 

Comments

comments