CeKLIK Dulu Sebelum Ceklik di Hari Raya, Nyaman dan Aman Pangan Kita!

http://www.unggulcenter.org/2018/06/12/ceklik-aman-pangan-di-hari-raya/

Ceklik! Bunyi jepretan kamera depan atau belakang. Biasanya tanda atau kode kalau kita mau bernarsis ria di tempat yang spesial, anggaplah istilah jaman sekarang, instagrammable.

Idul Fitri 1439 H yang bakal kita temui beberapa hari lagi pun menawarkan kemeriahan yang sama. Foto-foto bersama keluarga besar di kampung halaman, maupun bersama teman-teman reunian yang lengkap dengan ceklak ceklik. Foto merayakan momen yang tentunya tak sering didapatkan. Hanya setahun sekali. Itupun kalau rutin bisa berkumpul mudik.

Nah, selain itu, soal berkumpul bersama keluarga adalah soal berbagi makanan, berbagi ceria. Penjualan kue-kue di saat ramadan dan lebaran memang meningkat gratis, hingga 20%.

Yang perlu diperhatikan adalah soal makanan dan minuman ini. Kasus-kasus yang menjadi kekhawatiran kita semua adalah produk-produk yang ternyata tidak layak konsumsi. Hal ini mengakibatkan dampak kesehatan yang cukup serius. Apalagi, di bulan ramadan ini, kita juga siap-siap mengemas beragam makanan dan minuman kemasan, utamanya untuk parsel lebaran.

Kebetulan, beberapa waktu lalu, UC diundang untuk menghadiri acara Pangan Aman Jelang Lebaran yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia.

Apa itu BADAN POM?

Badan POM merupakan otoritas yang menangani mengenai obat dan makanan di Indonesia. Sehingga makanan olahan dapat dikonsumsi dengan aman.

Misalnya, kasus dulu yang ada isu cacing di kemasan kaleng, wah, perlu informasi terkini nih dari Badan POM. Apalagi, saat ini ada banyak peningkatan belanja penganan khususnya makanan kaleng untuk keperluan parsel lebaran. Mesti tau bagaimana sih cara memilih yang aman!

Kalau kamu ragu tentang makanan dan obat, bisa ke websitenya Badan POM disana banyak informasi mengenai obat dan makanan yang benar,  yang sudah dapat ijin edar, jadi ngga deh kemakan berita HOAX kalau langsung rujuk disana!

Statistik produk yang mendapat ijin edar dari Badan POM

Merespons aktif hal-hal yang meresahkan masyarakat, info soal hoax atau tidak, bisa kamu cek juga disini loh.

Klarifikasi Badan POM soal isu-isu yang beredar! Cek berkala ya gais terutama kalau ketemu kabar yang membingungkan

Pangan Aman Lebaran

Acara bertajuk Pangan Aman Lebaran ini diadakan oleh Badan POM di Pejaten Village dan dihadiri oleh pejabat Badan POM, yaitu langsung Kepala Badan POM Ibu Dr Ir Penny Lukito  dan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Bapak Drs Suratmono, MP. Dua narasumber lain yaitu dari bisnis, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI), Adhi Usman dan Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Roy N Mandey.

ceklik

Acara ini seru banget, karena para peserta bisa mengetahui cara mudah untuk mengecek produk pangan olahan untuk kita berlebaran. Selain paparan dari narasumber, peserta juga diajak untuk games mengecek produk-produk mana yang tidak layak untuk dijadikan parsel.

Pak Suratmono dan Pak Adhi

Setelah acara selesai, Ibu Penny sebagai Badan POM juga mengajak kita semua untuk “sidak” Hypermart Pejaten Village untuk mengecek produk-produk kemasan yang ada. Penting, karena menurut informasi dari Balai Besar POM DKI Jakarta, dalam beberapa waktu terakhir, banyak didapati barang kadaluarsa dan palsu di pasaran yang meresahkan.

Ibu Penny di Hypermart
Jurnalis dan Bloggers mengikuti sidak bu Penny disertai dengan dialog soal pangan aman untuk lebaran yang mencerahkan

Yuk CEKLIK sebelum Ceklik!

Lalu, seperti apa cara kita mengecek dan “mengamankan” pangan kita? cara yang mudah yaitu cek KLIK. Cek empat hal dari makanan olahan yang kita beli. Gampang banget, dengan CEKLIK. Cek KLIK yaitu K-L-I-K. Mudah diingat gais. Ini dia deskripsinya:

ceklik

  • Cek KEMASAN.

Cek kemasan pangan olahan yang kita beli. Jika botol plastik, lihat apakah ada bocor, atau jika kaleng apakah penyok, atau jika kemasan kotak dus/karton, lihat apakah kembung. Ini bisa mengindikasikan kondisi cairan ataupun bahan dalam kemasan yang sudah tidak layak.

  • Cek LABEL.

Cek label kemasan. Disana lengkap loh, komposisi apa saja isinya. Termasuk, ada call center dari industri makanan tersebut, jadi wajib loh dicantumkan. Lihat dengan jeli apa yang kita beli. Bahan-bahan pun harusnya lengkap ada di label kemasan.

  • Cek IZIN EDAR.

Nah, ini juga penting. Kalau ngga ada ijin edar dari Badan POM, artinya barang yang kita beli itu barang ilegal alias tidak berijin. Konsekuensinya, kita ngga ada jaminan dari Badan POM soal garansi isi bahan dari makanan kemasan tersebut. Belum ada ijin edar berarti ngga jelas loh. Untuk mengecek ini juga mudah, kalau ngga ada tulisan berbahasa Indonesia yang diwajibkan, wah hati-hati loh!

  • Cek KADALUARSA.

Terakhir, cek tanggal daluarsa kemasan. Ada istilah expiry date maupun best before, pada prinsipnya hampir sama. Tapi rata-rata kita “menganut” expiry date (tanggal kadaluarsa) bukan best before (baik sebelum) yang masih ada toleransi soal kandungan bahan yang ngga serta merta tidak bisa digunakan esok hari ketika best beforenya lewat.

Dengan memahami CeKLIK, maka kita bisa loh menjadi pengawas obat dan makanan kita sendiri.  Membeli susu murni misalnya, jadi bisa kita cek sendiri. So, jadi nyaman dan aman ketika membeli bahan-bahan untuk dijadikan parsel maupun untuk konsumsi hari raya misalnya minuman kaleng.

Saya juga coba di rumah. Kebetulan ada beberapa bingkisan yang didapat dari kolega dan kantor. Mau saya bagi ke keluarga dan juga untuk parsel mini ke sahabat. Hmmm mari kita ceKLIK!

beragam pangan olahan yang saya dapatkan
Nah yuk kita lihat. Cocok, ada info soal BPOM di kantong, catat nomer2 nya ya!
Yay, ternyata ada yang ngga layak. Ini ternyata sudah kadaluarsa gais! SIngkirkan!

Jadi, ceKLIK ini bermanfaat banget. Kalau kita sudah aman dengan pangan kita di hari raya, niscaya, ceklik ceklik sana sini untuk berhari raya akan lebih bergembira. Apalagi, makanan dan minuman yang disuguhkan mengandung nilai kebaikan dan keramahtamahan, selain bebas dari dampak kandungan yang tidak layak makan!

bloggers di acara ceklik bersama Badan POM

Bloggers yang pastinya hobi ceklik ceklik dan nulis, Yuk ceKLIK sebelum ceklik!

Yuk Hubungi Badan POM Jika Perlu Informasi lebih lanjut, dijamin tuntas!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.