Panduan Lengkap Mengoperasikan Macbook Air

http://www.unggulcenter.org/2018/07/06/panduan-lengkap-mengoperasikan-macbook-air/

Macbook Air merupakan salah satu laptop yang sebenarnya dibuat secara sederhana agar penggunaannya lebih mudah dan nyaman. Namun karena orang telah terbiasa menggunakan tampilan Windows, maka menggunakan Macbook dirasa sangat sulit. Sebenarnya, mengoperasikan Macbook Air tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, sebab terdapat berbagai fitur dan tombol yang mudah untuk digunakan.

macbook air

Nah, bagi Anda yang baru saja membeli Macbook Airnamun belum bisa mengoperasikannya, maka simak penjelasan berikut ini tentang cara menggunakan Macbook Air bagi pemula:

Mengenal Tampilan Macbook Air

Agar dapat mengoperasikan Macbook Air, tentunya Anda perlu memahami tampilan serta setiap fitur yang ada di dalamnya. Beberapa tampilan yang wajib Anda ketahui yaitu:

  1. Menu Bar

Menu bar dalam Macbook Air sama dengan Windows Explorer, dimana menu tersebut merupakan indikator yang menunjukkan aplikasi apa yang sedang digunakan. Selain itu, di samping menu bar juga terdapat pilihan menu lainnya seperti halnya dalam Windows, hanya saja pada Macbook Air  semua menu terdapat di menu bar.

  1. Ikon Menu Bar

Jika di Windows dikatakansebagai Tray, maka dalam Macbook Air dikatakan sebagai ikon menu bar. Beberapa aplikasi yang terdapat pada menu ini yaitu FuzzyClock, Batteray, Flux serta berbagai menu lainnya.

  1. Dock

Dalam Macbook Air, Dock merupakan sebuah wilayah yang menampilkan aplikasi apa yang sedang aktif. Sama halnya dengan Taksbar pada Windows, Dock dalam Macbook Air ini dapat digunakanuntuk memasukkan aplikasi yang sering dijalankan, sehingga Anda bisa menjalankannya tanpa harus membuka menu terlebih dahulu.

  1. Spotlight

Salah satu menu unggulan dalam Macbook Air, yang tak dimiliki oleh Windows adalah Spotlight. Dimana kegunaannyaadalah membantu Anda untuk menemukan file, menjalakan aplikasi, mengakses konfigurasi, melakukan perhitungan serta berbagai kegiatan lainnya.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa melakukannya denganmenekan cmd+space atau juga bisa melalui tombol lensa pembesar yang terdapat di pojok kanan atas.

Menavigasi Dengan Gerakan dan Pintasan

Hal lain yang perlu Anda pahami tantang Macbook Air adalah bagaimana menavigasi dengan gerakan dan pintasan. Sama halnya dalam Windows, Macbook juga bisa menggunakan pintasan keyboard, contohnya tombol Command+C untuk menyalin, caranya yaitu dengan tahan tombol command dan tekan C, kemudian lepaskan.

Dengan demikian, jika dalam Windows menggunakan Alt atau CTRL, maka dalam Macbook menggunakan Command untuk melakukan pintasan.

Selain pintasan tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa tombol spesial dalam keyboard, diantaranya kecerahan layar, volume dan beberapa tombol lainnya. Dan untuk melakukan fungsi tersebut, hanya dengan menekan tombol ikon, atau dipadukan dengan tombol Fn atau tombol fungsi standar lainnya.

Selain berbeda dalam fiturnya, antara Macbook dan Windows juga memiliki perbedaan dalam OS-nya. Beralih dari Windows ke Mac OSX memang tak semudah kelihatannya, namun juga tak sesulit yang dibayangkan.

Nah, bagi Anda yang belum terbiasa dengan tampilan Mac OSX, maka berikut ini beberapa konsep dari cara menjalankan Mac OSX yang perlu Anda pahami:

  1. Menu Bar Dalam Mac OSX

Jika di Windows terbiasa dengan menu bar seperti File, edit, Help, View dan lainnya dari setiap aplikasi yang dibuka, maka tidak dalam Mac OSX. Sebab setiap aplikasi yang Anda buka dalam Mac OSX memiliki menu bar yang berbeda, artinya berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan.

  1. Icon Merah (x)

Jika klik tanda (x) merah pada Windows menutup program, maka tidak dalam Mac OSX. Karen tanda (x) merahdalam setiap aplikasi di Mac OSX berbeda fungsinya. Misalnya ikon tersebut hanya menutup program, namun program itu sendiri masih berjalan dalam background.

  1. Double Klik Title Bar Untuk Maximize

Bagian paling atas dalam Mac OSX dan Windows biasa disebut dengan Title bar. Meski memilikitampilan yang hampir sama, namun ikon pada Widows dan Mac OSX memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya dengan melakukan double klik pada daerah tersebut di Windows, maka akan memaksimalkan jendela, sedangkan dalam Mac akan meminimalkan jendela serta mengirimkannya ke Dock.

Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan Macbook Air, pasti akan mengatakan sulit untuk mengoperasikannya. UC awalnya juga begitu. Namun jika Anda telah terbiasa, maka untuk mengoperasikannya akan semudah ketika mengoperasikan Windows.

Comments

comments

9 thoughts on “Panduan Lengkap Mengoperasikan Macbook Air

  1. Semoga kelak punya MacBook ..kalo baca Review nya keren banget….,
    Tapi sekarang masih pake notebook butut..ngeblog banyak pakai hp..he2..

  2. Pantas jadi idola, keren dan lengkap ya…
    Eh btw maaf oot. Mau tanya kalau laptop terbaru tapi punya fasilitas bisa putar CD/DVD merek/type apa tahu gak? Yg sekarang kan rata2 tipis ya, ga ada CD/DVD room nya. Kalau tahu yg ada, minta infonya ya…

    Nuhun

    1. Nah betul tu teh okti.. skrg sudah jarang yang pake DVD CD.. memang berubah jamannya.. skrg storage orang pake flashdisk yang makin lama makin murah. Solusinya beli aja external. Aku juga gitu. colok ke usb drive di laptp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.