Simcard di Thailand Kamu Pilih Mana? Yang Penting Tourist Simcard!

simcard di thailand
http://www.unggulcenter.org/2018/07/10/simcard-di-thailand-tourist-simcard/

Simcard di Thailand tak banyak. Jadi mudah saja bagi kamu yang traveler berada di Thailand beberapa hari bahkan beberapa pekan, bisa memilih dari 4 simcard di Thailand yang meng-cover 4G ini. Sangat berguna banget, terutama karena kalau kita jalan-jalan di Thailand, pastinya kita memerlukan koneksi internet, misalnya untuk google maps, memesan taksi online maupun untuk menelepon rumah di Indonesia.

Nah, pengalaman UC berada di Bangkok selama dua kali trip, ini tiga operator telekomunikasi yaitu dtac, TrueMove dan AIS. Saya ingat dtac berwarna biru, Truemove merah, dan AIS hijau. Namun belakangan, ada lagi yang keempat. Dworld kalau ga salah. Saya lupa, dia ber-brand identity warna “oranye”. Empat simcard di Thailand yang kamu bisa gunakan baik di Bangkok maupun ditempat lain di Thailand. Biasanya empat operator yang ada di Thailand ini-lah pilihan utama ketika kita traveling di Thailand.

Tips dalam memilih simcard di Thailand gampang. Ini pengalaman yang UC bagi untuk pembaca.

Beli tourist simcard. Karena untuk turis, mudah banget, ada paket 7 hari, 8 hari dan 15 hari. Ketika tiba di Bandara baik Don Muang ataupun Suvarna Bhumi, dua bandara internasional, kamu jangan langsung membeli simcard di counter toko yang ada, karena sesuai prinsip dagang, pasti akan lebih mahal karena tidak ada saingan.

Jika di Suvarna Bhumi, ketika keluar dari pesawat pasti kamu akan cari simcard di thailand. Di bandara ini, kamu akan langsung menemukan toko counter operator kalau tidak salah namanya D World. Sebelum menuju imigrasi dan pengambilan bagasi. Kalau ngga salah di sebelah kanan adanya. Disini, ada paket tourist simcard yang seharga 399 THB. Bisa juga 299 THB. Namun ketika UC cek, yang murah hanya dapat sekitar 750 mb saja. Jadi, tahan dulu. Operator ini kayaknya ekslusif.

simcard di thailand
Booth simcard thailand dtac persis di depan belt pengambilan bagasi. Jadi setelah imigrasi selesai, baru deh cari simcard. Kalau yang World (berwarna orange) dia ada di dalam. Saran saya tahan dulu kecuali emang pas mendarat kamu harus CALL or ngabarin via WA orang kantor or orang rumah πŸ˜€
simcard di thailand
Booth dtac langsung terlihat di pengambilan bagasi. Mereka selalu pasang tulisan Tourist Simcard jadi ada paket-paket yang untuk turis. Jangan lupa siapkan paspor.

Ambil bagasi dulu, setelah proses imigrasi. Mengapa, karena setelah selesai urusan imigrasi (menulis form dan menunjukkan passpor) maka ada tiga counter simcard di sebelah kanan. Ada dtac, AIS, dan True. Tiga operator ini berdekatan. Silakan cek harganya dengan puas.

tourist simcard thailand
Booth TRUE warna biru dan booth AIS warna hijau berdekatan. Lokasi ini di dekat pintu keluar. Β Baca aja paket tourist simcard nya dan cari antrian yang ga panjang. Jadi ngga usah buru-buru, banyak banget booth nya kalau di Bandar besar Suvarna Bhumi.

dtac mengklaim yang terbaik di Thailand, Truemove juga. Demikian iklan billboard yang saya lihat di bandara. Juga bersaing harga termurah. Saya mendapatkan simcard True dari telco Truemove dengan harga 200 THB dengan paket yang ampir sama, AIS dengan harga 219 THB. Kira-kira setara dengan 80 ribu dan 90 ribu.

Memang, untuk Simcard di Thailand, kocek standar berkisar 10 USD. Atau 399 THB untuk puas. Itupun bisa di top up dimana aja di convenience store dimana-mana. Oya Kalau pake kurs kita sih, sudah jadi 145 ribu hihi.. tapi itung aja 100 ribu. Nah dengan membandingkan ini maka kamu bisa pilih.

Mana yang terbaik, ampir sama sih paketnya. Yang mana aja, yang antriannya lebih sedikit hihi. Tapi saya rekomen TRUE karena emang saya ga butuh banyak, karena akan dibagi dengan koneksi Wifi Hotel.

simcard di thailand
Di depan belt, sudah terlihat booth True dan AIS berdekatan. Lihat, True harganya ada 200 THB sedangkan AIS dengan paket ampir sama, harganya 210 THB. Bebas saja. Karena ada perbedaan bonus. Kalau saya pilih UNLIMITED 4 Mbps speed dari TRUE. Toh butuhnya cuma sosmed. Jadi kecil kemungkinan lewat FUP (biasanya ada FUP yaitu batas gigabite pemakaian, Β kalau diatas itu speed akan turun, tapi tetap konek)

Disini, kamu bisa dapatkan paket 4G Unlimited loh dengan harga murah. 100 THB atau 120 THB saja. Kalau merasa perlu banget berinternet, beli saja paket tourist simcard yang 299 THB atau 199 THB atau 399 THB. Kamu sudah dapat bergiga-giga paket data. Bandingkan dengan yang pertama!

Lalu, ingat juga tujuan kamu ke Thailand. Kalau saya, selalu ada beberapa hari urusan kerjaan, jadi tentu akan dapat Free WIFI di hotel. Jadi, saya beli simcard di Thailand yang murah saja.

simcard thailand
Promosi di billboard simcard dari operator Truemove.

Cara membelinya juga gampang. Kamu tinggal pilih saja yang ada di “menu”. Siapkan uang, siapkan paspor untuk dicatat oleh petugas booth/counter. Kemudian berikan handphone kepada petugas yang ada. Langsung di buka, disetting sedemikian rupa. Puas banget saya, tanpa ribet. Mereka sudah sangat profesional. Jadi kagum, semua tipe hape kok ya dia bisa tau cara setting, bahkan cara buka hape.

simcard di bangkok
Promosi di billboard simcard dari operator DTAC. Semua klaim terbaik.

Hape saya yang ber bahasa indonesia set nya pun dengan gampang si mba setting. Tak perlu keluarkan colokan (biasanya hape baru yang nano atau simcard kecil ada colokan). Tunggu aja dia beraksi. Setelah itu, si mba memberikan kembali simcard Indonesia saya dengan ditempel ke kertas pembungkus simcard. Bayar, selesai! Restart dulu ya.

Oya entah kenapa, si operator oranye tidak ada di luar imigrasi. Mungkin bukan operator lokal? Entah lah.

Nah, kamu sudah siap untuk menjelajah Thailand dengan simcard di bangkok atau simcard di thailand yang bisa digunakan tanpa khawatir!

Comments

comments

38 thoughts on “Simcard di Thailand Kamu Pilih Mana? Yang Penting Tourist Simcard!

  1. Wah…. Semudah itu ya.

    Btw, terima kasih banget tipsnya. Sangat jelas dan aplikatif. Mereka yg mau ke sana tinggal lakukan.
    Sipp… Semoga suatu saat aku bisa ke sana. Aamiin…

  2. Meski sebelahan counternya dan beda harganya, tapi memang punya kelebihan masing-masing yang ditawarkan ya. Jadi tinggal kita aja butuh paket yang mana. Makasih Mas sharingnya, bermanfaat banget pastinya buat yang mau menjelajah Thailand πŸ™‚

  3. Demi kelancaran berinternet, harus pintar pilih simcard ya… Info yang berguna sekali.
    Selesaikan imigrasi, baru cari simcard. Perlu diperhitungkan juga, kalau di hotel sudah ada wifi ya..

  4. Simple ya kalau mau milih simcard di thailand. Ga sebanyak di Indonesia. Ada pilihan tourist simcardnya lagi. Terima kasih reviewnya mas unggul, berguna bgt nih kalau mau ngetrip ke Thailand.

  5. Kalau di sana nggak perlu daftarin biodata kita kan ya? Kemarin aku di Malaysia ditawarin beli simcard sana ato beli paket LN Telkomsel . Eh suamiku nyaranin beli paket yg 250ribu buat 7 hari.akhirnya tinggal daftar via hp aja tuh Telkomsel paket LN nya

  6. Wah info penting nih, kali aja nanti bisa ke Thailand dan sudah nggak bingung lagi cari simcard kalau mau telp atau internetan di thailand

  7. Dulu aku sempat miqir juga gimana ya kalo di luar negeri? Pake kartu apa?
    Eh ternyata nemu ini. Ga bingung lagi deh.

  8. Waw, jadi begitu. Kalau ke LN baiknya beli simcard yg murah2 aja biar internetnya tetap jalan. Catet deh buat nanti kalau jelajah ke luar negeri. Aku jg pengen ke Thailand!

  9. Aish menarik ya ini infonya berkaitan dengan hal yang terlihat sepele tapi buat sikon sekarang penting banget. Kapan2 harus sampai sana nih. Secara suka di bilang mirip orang Thailand hahaha.

  10. Informasi yang sangat bermanfaat nih walau aku lbh suka pake wifi hotel. Hahaha..Lbh suka matiin paket data saat di luar. Kl mau update, pas di hotel aja.

  11. Melalui tulisan ini saya jadi tahu bagaimana mendapatkan sim card baru di luar negeri Karena dimanapun berada kita berada yang namanya terhubung dengan dunia Internet sangat penting sehingga tetap bisa berkomunikasi dengan yang lainnya

  12. Waaaah belom pernah nih ke thailand.. hihi. Tapi infonya langsung aku simpen di kepala, siapa tau nanti bakal ke Thai juga kaaan.. hihi. Makasi infonya ya mas Unggul..

  13. Aku barusan kemarin nulis tentang air terjun Thailand. Jadi nambah info lagi ini. Mati gaya kan kalo ga ada sinyal di sana

  14. Noted kalau ke Thailand pake tourist simcard. Tapi kapan ya ke Thailand? Hehe.. Itu pesen mobil online pake bahasa thailand atau bahasa inggris? Keren bisa jalan-jalan ke Thailand.

  15. Wow makasih infonya mas, berguna banget buat kapan2 ke Thailand.
    Jd kalau di hotel dah ada wifi beli aja yg murce yak, biar hemat #travelerdompettipis haha

    1. betcuuuul hihi.. perlunya pas mau jalan-jalan, perkiraan aja kira2 kalau jalan keluar itu berapa lama kan butuh yaa utk maps gitu dan cari jalan or translate atau googling sesuatu.

  16. Pr banget kalau pakai kartu dari operator Indonesia di luar negeri. Biayanya sangat terasa. Menggunakan sim card lokal sangat meringankan…

  17. aku belum pernah ke thailand
    abis baca ini jadi pengen ngasih info ke teman2 yang lagi pengen ke thailand
    semoga kalau ada waktu kesana nanti bisa lgsg ke booth TRUE juga hihi

  18. aku pake true waktu ke sini, dan dapat harga 299 untuk seminggu dengan akses unlimited. belinya di sevel, ada yang bilang kalau mau lebih murah lagi beli kartunya dulu baru internetnya hihi

  19. Semua tipe hape kok ya dia bisa tau cara setting, bahkan cara buka hape… Yang pasti sudah terlatih dan terpilih untuk melayani perseting hape… πŸ™‚

  20. Serasa saya yg jalan dan lagi pilih simcard. Hehehe… Cerita gini saya suka. Jadi bacanya gak bosen.
    Trims juga infonya. Meski ga tahu kapan ada nasib ke thailand kalau ada ntar tinggal balik tanya ke sini. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.