Lahan Bekas Tambang Semen di Citeureup Jadi Wisata!

https://www.unggulcenter.org/lahan-bekas-tambang-semen-di-citeureup/

Lahan bekas tambang semen bukan berarti tak berguna, tanahnya tidak bisa ditanami dan gersang. Itu mitos. Sebab, pada Ultah Indocement ke-44 kemarin, Jumat, 16 Agustus 2019 sehari sebelum Hari Kemerdekaan RI ke- 74, Indocement menepis hal tersebut dengan pembuktian di “Quarry Walk”.

quarry walk indocement

Ya, Ultah Indocement yang ke 44 tahun ini lebih beda. Karena walaupun rangkaian ulang tahun Indocement ini dimeriahkan dengan beragam lomba untuk karyawan dan manajemen Indocement, pabrik yang sudah selama 44 tahun berdiri dan semakin kokoh hingga kini, ada yang namanya “quarry walk”.

Quarry Walk ini kurang lebih artinya berjalan melintas alam melalui Quarry D, areal bekas pertambangan semen di Citeureup, Bogor sejauh 4,1 kilometer. Apa menariknya Quarry D ini? Yap, ini adalah lahan bekas tambang semen yang sudah dijadikan tempat wisata alam menarik.

Lintas alam seperti hiking (jalan-jalan diperbukitan) dan mountain bike (sepeda gunung) bakalan menjadi destinasi wisata yang diunggulkan di Bogor melalui Quarry Walk ini. Dibuka nanti tahun 2020, pada kesempatan kemarin, UC merasakan sendiri berjalan lintas alam di Quarry ini bersama rekan-rekan bloggers dan jurnalis serta karyawan Indocement.

Dulu UC pernah pula ke bekas tambang di Sulawesi Utara dan di NTB, Nah kali ini, bekas lahan tambang semen, ternyata juga bisa dijadikan lahan produktif dan bermanfaat, menepis mitos yang namanya “semen” itu artinya nanti tanahnya ga bisa dipakai lagi.

Spot-spot menarik seperti pohon-pohon mahoni yang berjumlah saat ini 730 pohon, 100 pohon tembesi, kembang, rucutan, salam, flamboyan, jati dan banyak banget ya pohon-pohon yang cakep buat ditelusuri dan difoto. Oya pohon-pohon ini pun tanaman produktif yang bekerjasama dengan masyarakat.

lahan bekas tambang indocement

Selain itu, ada kebun tanaman obat dan herbal, kebun “tanaman cinta” dan juga sungai mini dan beberapa spot selfie unik dan instagrammable, termasuk, traktor “Saranghaeyo” hahaha..

Sarangheyo

Jalan kaki seru memang gais. Banyak hal kita dapatkan, selain kontemplasi diri, mensyukuri hidup, juga bonus kesehatan dengan berolahraga, termasuk di lahan bekas tambang semen di Quarry D Citeureup, Bogor ini.

Pada kesempatan Ultah Indocement ke-44, merupakan rangkaian akhir dari beragam lomba untuk karyawan Indocement yang sepekan sebelumnya dilakukan. Tentu pas banget dengan tema tujuh belas agustus, hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

lahan bekas tambang semen

Penutupan rangkaian tersebutlah, pada jelang sehari sebelum perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, ada senam pagi, penanaman pohon oleh direksi, penurunan Banner jumbo selamat ultah Indocement dari puncak tebing, daan, tentu saja, quarry walk!

Quarry Walk yang ditempuh sekitar 1 jam ini, ya bisa lebih bisa kurang ya hehe itu enak banget. Alam segar, dan banyak tempat selfie menarik. Berbanding terbalik deh dengan persepsi orang mengenai alam bekas tambang. Apalagi, bekas tambang semen! Ciamik dan segar kok!

Bloggers, Jurnalis dan Karyawan menikmati banget perjalanan 4,1 kilometer tersebut. Acara yang dihadiri oleh direksi, karyawan dan undangan serta jurnalis dan bloggers ini  pada saat di jalur “Finish” ditutup dengan perform tarian barong dan juga pemotongan tumpeng oleh direksi PT Indocement  Tunggal Prakasa (ITP) yang sering kita sebut sebagai “tiga roda” dengan motto “bergerak, berkarya, bersama”. 

ultah indocement

Terimakasih ITP yang melakukan berbagai kegiatan untuk masyarakat, karena sebutan “kokoh membangun negeri” tak hanya dalam hal material infrastruktur, tapi juga melalui CSR dan pemanfaatan Lahan Bekas Tambang Semen untuk kepentingan masyarakat di negeri ini.

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

24 Comments

  1. Tempatnya estetik banget nih mas. Padahal bekas tambang ya. Tapi dikelola dengan baik bisa jadi wisata yang keren.

    Nah, di tetangga desa juga ada mas. Bekas tambang jadi tempat wisata begini. Cuma lupa namanya apa ya. Hahaha

  2. Estetik banget tempatnya ini. Padahal bekas tambang tapi saat dikelola dengan baik bisa jadi wisata cantik begini ya mas.

    Nah, di tetangga dekat Lamongan juga ada nih mas. Tambang yang jadi wisata sekarang.

  3. Wah keren nih biasanya memang Bekas tambang Tak terawat Dan diterlantarkan begitu saja Karena Tak Tahu dibuat apa. Tanahnyapun biasa gersang. Dan ini berbanding terbalik keren banget nih

  4. Seneng kalo liat bekas tambang bisa ditanami dan beneran ditanami. Jadi nggak gersang. Selama ini kan image lahan bekas tambang ya gersang banget. Semoga kegiatan kayak gini diikuti oleh semua perusahaan untuk menghijaukan lahan tambang ya.

  5. Wahh ternyata ini sudah sangat lama sekali yaa.. Kirain baru di masa pandemi seperti ini, soalnya rame banget berkumpul dan tidak ada yang menggunakan masker. Tapi salut banget sih, tetap ada melakukan penghijauan di sekitar lingkungan masyarakat. Semakin banyak pohon yang tumbuh semakin baik.

  6. Lokasi semen jadi wisata, orang indonesia tu kreatip kreatip ya. Bisa aja bikin lokasi jadi wisata. emang anak indonesia suka banget hiburan. Jadi kira kira lokasi mana lagi dijadiin wisata ya? haha

  7. Emang ya orang indonesia tu kreatip kreatip ya. Bisa aja bikin lokasi jadi wisata. Hehe emang anak indonesia suka banget hiburan. Jadi kira kira lokasi mana lagi dijadiin wisata ya? haha

  8. Mantap nih, tetap diupayakan penghijauan lingkungan sekitar tambang semen ya. Selain bisa untuk pariwisata, alam tetap terlindungi jika pihak penambang melakukan upaya cinta lingkungan seperti ini.

  9. Traktor saranghaeyo. Hahaha…. Ada-ada aja 😀 Semoga penghijauannya berkesinambungan ya. Meski udah ada ratusan pohon, di mataku masih terlihat panas. Mesti datang langsung nih kayaknya biar bisa merasakan sendiri kesejukannya 🙂

  10. Jalan jalannya juga pasti gak jenuh dan gak terasa berat. karena yang berat itu selalu saja rindu. hehe. Ini kegiatan sebelum masuk pandemi ya?

  11. eggak ngira ini lahan bekas tambang semen ya…keren banget. Apalagi pas difoto, jaid kayak dimana gitu
    Senang sekali bisa dimanfaatkan masyarakat lewat kegiatan CSR ITP…mengembalikan lagi apa yang jadi milik alam ini

  12. Ga menyangka ya ide Indocement keren banget. Inovasi yang hebat menyulap tempat/lahan bekas semen menjadi tempat wisata yang unik. Seru sekali Quarry Walk deh. Kepengeeen ah kapan2 bisa berkunjung ke sini.

  13. Ternyata baru tau aku, kalo lahan bekas tambang semen bisa difungsikan utk hal2 produktif semacam ini.
    Kalo di Jogja kan ada tuh tebing breksi, seingatku juga semacam bekas tambang semen gitu kan ya?

  14. Jadi after beforenya bikin aman nyaman nih. Mau mampir juga kalau kapan lewat sini. Liat langsung yang begini bakal.puas deh

  15. walah udah 44 tahun yaaaaa.. happy anniversary Indocement.. saya tuh kalo liat pohon banyak gitu jadi pengen poto poto

  16. Selama ini juga saya taunya kalau lahan bekas tambang gak bisa ditanami. Ternyata pemahaman saya keliru, ya? Meskipun untuk menjadi hijau mungkin butuh waktu panjang, tetapi saya apresiasi langkah Indocement ini 🙂

  17. Contoh kegiatan tambang yg bertanggung jawab. Setelah diambil bahan tambang, kondisi alam dikembalikan ke semula. Smoga banyak perusahaan tambang yg jg melakukan hal serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.