5 Wisata Alam di Pulau Jawa Destinasi Menarik untuk Liburan Selanjutnya

https://www.unggulcenter.org/5-wisata-alam-di-pulau-jawa-menarik/

Meski pandemi masih berlangsung, namun dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh, kamu masih bisa kok liburan ke berbagai kota menarik di Indonesia. Ada banyak kota-kota menarik yang bisa kamu kunjungi untuk refreshing. Contohnya di Pulau Jawa yang punya banyak destinasi wisata alam yang keren dari ujung barat sampai timur.

Nah, buat kamu yang ingin berlibur, berikut ada rekomendasi 5 destinasi wisata alam populer di Pulau Jawa yang bisa kamu kunjungi nih!

Kawah Putih

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit dan populer di Bandung, Kawah Putih memang memiliki sejuta pesona. Setelah sempat ditutup di awal-awal pandemi, kini Kawah Putih sudah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ketat bagi pengunjungnya. Selain itu jam bukanya menjadi pukul 07.00 -17.00 WIB setiap harinya.

Kawah putih sendiri merupakan kawah bekas letusan Gunung Patuha sekitar abad ke-10. Disebut Kawah Putih karena warna kawahnya yang berwarna putih, belum lagi jika kabut tipis turun, pemandangan wisata alam di kawah putih di sini pun semakin eksotis.

wisata alam di pulau jawa
foto : wikipedia

Jika berkunjung kesini kamu akan disuguhkan indahnya danau yang berwarna putih kebiruan, pohon-pohon kayu yang membuat tampilan danau ini sangat estetik. Ada juga spot foto di tengah danau yang bisa dimanfaatkan.

Untuk harga tiket masuknya juga ramah di kantong. Hanya Rp25.000 per orang. Namun harga ini dapat berubah-ubah sesuai pengelola ya.

Gunung Bromo

Berada di Provinsi Jawa Timur, gunung yang satu ini sudah lama menjadi destinasi favorit wisatawan untuk wisata alam di pulau jawa lho! Ada banyak hal menarik yang bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari menikmati indahnya matahari terbit di Puncak Penanjakan atau Bukit Cinta, dan berburu foto menarik di spot savana Bukit Teletubies.

Pengunjung biasanya menyewa jeep untuk berpindah-pindah dari satu spot ke spot wisata lainnya dengan mudah. Oh ya, jika ingin berkunjung ke Gunung Bromo di masa pandemi ini, kamu harus melakukan pemesanan tiket online dulu ya.

Kamu juga harus menyertakan surat keterangan sehat untuk bisa masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadi jika berniat kesini, kamu harus baca peraturan berkunjung terbaru dengan saksama ya! Jangan sampai sudah jauh-jauh datang malah tidak bisa masuk.

Oh ya, kuota harian pengunjung juga dibatasi yang merupakan salah satu penerapan protokol kesehatan di tempat wisata ini. Jadi segera booking tiket masuk ke Bromo sebelum kehabisan kuota.

Blue Fire Kawah Ijen

Berada di Banyuwangi, Kawah Ijen wajib masuk dalam list tujuan wisata kamu nih! Disini kamu akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang cantik, belum lagi blue fire yang hanya satu-satunya di Indonesia lho!

Untuk bisa melihat blue fire, pihak pengelola menyarankan wisatawan mendaki mulai pukul 1 malam karena dari pintu masuk wisata hingga mencapai blue fire dibutuhkan waktu hiking selama kira-kira 2 jam tergantung kondisi fisik kamu. Yang terpenting, kamu harus mencapai kawah Ijen sebelum jam 5 pagi agar tak kelewatan menyaksikan fenomena alam yang sangat keren ini.

Di pagi hingga sore hari, kamu bisa melihat aktivitas penambang batu belerang yang memikul puluhan kilogram belerang dari dalam kawah untuk dijual.

Gua Gong

Berada di Pacitan, Jawa Timur, goa yang satu ini dikenal memiliki stalaktit dan stalakmit berusia ratusan tahun yang begitu cantik yang membuatnya mendapat julukan sebagai gua terindah se-Asia Tenggara.

Gua yang terbentuk dari aktivitas vulkanik yang terjadi ribuan tahun lalu ini memiliki panjang lorong sekitar 256 meter yang bisa dijelajahi pengunjung. Di dalamnya juga dipasang instalasi lampu berwarna warni yang membuat gua ini terlihat semakin cantik.

Di ujung lorong terdapat kubah raksasa yang akan membuat kamu berdecak kagum. Untuk menjelajahi lorong ini diperlukan waktu sekitar 2 jam lho! Tapi di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan Gua Gong yang memikat.

Gua Jomblang

Berada di Yogyakarta, gua vertikal dengan kedalam sekitar 90 meter ini cocok bagi kamu pecinta alam dan juga kegiatan penuh adrenalin. Pasalnya untuk mencapai dasar gua, kamu akan diturunkan menggunakan alat khusus lengkap dengan pengaman.

Sesampainya di bawah, kamu bisa melihat vegetasi hutan purba yang asri dan berjalan menelusuri lorong gua hingga menemukan spot ‘cahaya surga’ yaitu spot di dalam gua yang disinari cahaya matahari secara alami dengan begitu indahnya.

Nah, 5 wisata alam di pulau Jawa ini bikin kamu mau liburan kan? kamu jadinya mau liburan kemana nih? Bus bisa jadi pilihan transportasi aman, nyaman dan murah untuk bepergian. Pastikan untuk memilih operator andal seperti Primajasa agar perjalanan kamu lebih nyaman dan aman ya! Yuk pesan tiket bus Primajasa sekarang juga untuk mengeksplorasi berbagai destinasi wisata menarik di Pulau Jawa!

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

50 Comments

  1. Salah satu wishlist-ku ngajak anak-anak keliling Bromo. Semogaaa bisa kesampaian 😀 Kawah Putih juga bikin kangen, pingin lagi buat ke sana. Waktu itu ke pas ke sana foto-fotoku dikit haha dan cukup ramai jadi kurang puas… Ngomong-ngomong Primajasa, bus ini bersejarah banget buat aku dulu waktu kuliah. Tarifnya dulu pun cukup terjangkau dan nyaman. 😀

  2. Dulu saya udah pernah ke Kawah Putih waktu SD, mbak. Udah lama sekali saya jarang jalan-jalan ke luar kota seperti ke Bandung atau ke Bogor.

  3. Sudah lama sekali saya ke Kawah Putih dan Goa Gong 😁😁
    Sekarang tambah pertimbangan karena mesti bawa krucils.
    Belum lagi pandemi dan waktu libur yang pendek 😁😁

  4. Dari destinasi di atas, aku baru ke Bromo aja. Yg lain belum pernah aku kunjungi. Wah pengen buru2 traveling nih kalo pandemi corona udah kelar nanti

  5. Duuuh, jadi bikin pengin buru-buru jalan-jalan neh Mas Unggul, rasanya udah setahun lebih bertahanus di rumah akibat pandemi

  6. Di antara semua yang tertulis di atas, tak satupun yang aku pernah kunjungi
    Makanya pengen sekali ke sana
    Eh Corona, batal deh

  7. Saya belum kesampaian juga pergi ke Kawah Ijen itu, padahal dah lama direncanain, gara-gara pandemi semua jadi gagal. Hiks! 🙁

    Baca tentang Kawah Ijen saya jadi penasaran untuk bisa segera ke sana. Pandemi, cepatlah enyah.

  8. Saya belum kesampaian pergi ke Kawah Ijen, padahal dah lama direncanain, gara-gara pandemi semua jadi gagal.

    Baca tentang Kawah Ijen saya jadi penasaran untuk bisa segera ke sana. Pandemi, cepatlah enyah.

  9. Belasan tahun yang lalu pernah ke Bromo, tapi belum musim menikmati bukit teletubbiesnya. Dulu taunya ya naik gunung aja gitu hehehe.. pasirnya itu loh luar biasa keren. Kalau ke gua agak takut euy, karena kan letaknya di bawah gitu kan ya yang Gua Jomblang itu.

  10. Aku baru ke Bromo aja..belum yang lainnya, padahal yang di luar Jawa malah udah kemana-mana. Betapa memalukan. huhuhu. Wishlist semua ini, Kawah Putih aja cuma dari Jkaarta belum jadi-jadi pergi. Hm padahal enak juga kalau pakai bis ya, ga capek..sudah bisa datangi wisata alam yang menarik

  11. Wah baru pernah ke Kawah Putih sama Bromo doang. Yang lain emang terkenal bgt tuh tapi blm ada kesempatan, semoga suatu hari nanti..terutama kalau dah kelar pandemi hehehe
    yang di pacitan itu penasaran banget. Suami suka cerita soal wisata pacitan, katanya keren-kereen
    makasih sharingnya kak

  12. Paling mupeng ke Kawah Ijen, Mas Unggul. Pernah hampir ke sana pas ada kemah sastra tahun 2018. Sayang saya pas ga enak badan jadi batal deh. Mendaki dini hari rasanya ada sensasi tersendiri, terutama bareng teman-teman. Esoknya ngopi osing yang enak banget, cuma dikirimikopinya waktu itu. Makasih ya dah bikin mupengke Bromo juga 🙂

  13. Kawah Ijen mah emang udah gak diragukan lagi. Apalagi soal bluefire nya yang buat menikmatinya butuh perjuangan dan berangkat mendaki dari dini hari atau bahkan malam hari. Tapi hal itu sebanding banget dengan panorama dan pengalaman yang bakal didapetin pas udah sampe di lokasi

    gokss abis

  14. Jujur dari semua tempat wisata yang disuguhkan di artikel aku belum satu tempat pun yang aku kunjungi kak. Semoga one day bisa ke sana. Paling pengen ke kawah putih dlu kali yah yang dekat ama jakarta.

  15. Aku belum pernah kesana semua huhu doakan aku ya semoga suatu saat nanti bisa ke tempat wisata diatas bersama keluarga setelah pandemi nanti.

  16. Indonesia kaya banget ya ini baru pulau jawa lho belum lagi pulau lainnya dan sayang banget aku belum pernah ke 3 tempat wisata alam disana huhu. Semoga saya dan sekeluarga bisa kesana juga nanti setelah pandemi.

  17. Wisata alam memang menarik. Bosen sama lihat gedung bertingkat apalagi ada wisata adrenalin yang memang menantang tapi mpo takut. Ya sudahlah mpo lihatin aja dari bawah

  18. Anak keduaku lagi keranjingan juga pengen ke pacitan dan banyuwangi. Kayanya asik juga kalo aku ajak ke wisata blue fire dan gua gong itu ya. Karena wisata begitu ga ada di kalimantan

  19. Kangen explorasi alam yaah…
    Rasanya segar menghirup udara yang masih segar apalagi wisata yang terletak di lokasi dataran tinggi seperti Gunung Bromo, Kawah Ijen dan Kawah Putih.

  20. Dari semua wisata alam itu yang udah pernah kukunjungi cuma goa gong haha
    Pas sebelum nikah, mengunjungi nenek di sana trus mampir.
    Masih keinget di sana ada yang jual nasi pecel dibungkus sama daun jati nikmat banget.
    Kawasan lain2 mungkin nyusul kukunjungi pas gak pandemi deh haha aamiin

  21. Kalo baca wisata dalam negeri seindah indah ini, ngiriiii deh ama yang bisa jalan jalan mewujudkannya
    aku dong, punya suami cuman jalan jalan ke mall

  22. nggak kebayang tracking jam 1 pagi di Banyuwangi, bisa ketemu apa aja itu termasuk kuntilanak, pocong dan sekutunya 😀
    kok horor bngt cuma liat blue fire aja hehee

  23. Baru ke Gunung Bromo Aku mas dan itupun udah lama banget 2 th sebelum pandemi jadi Kangen kesana walaupun panas2an tapi pema dangannya bikin betah

  24. Duh kangen banget traveling aku tuuuuu
    Udah setahun lebih gak kemana-mana hiks
    Pengen naik gunung, pengen susur goa, pengen ke pantai
    Mas Unggul malah bikin makin mupeng dengan artikelnya
    Semoga pandemi lekas berlalu

  25. baca postingan ini jadi mupeng banget pengen traveling tapi masih takut dengan coronces. Btw, dari tujuan wisata tersebut hanya satu yang pernah saya kunjungi yaitu gunung bromo, hehehe. Pernah ke bandung tapi gak sempat ke situ, hiks. Setelah corona hilang kayaknya pengen balas dendam deh jalan-jalan kemana gitu, hehehe

  26. Wah hampir semua yang disebutkan diatas sudah pernah kunjungi sih, cuman yang goa-goa itu belum tauu, tapi mungkin akan menjadi list perjalanan selanjutnya,, Tempatnya keren bangett

  27. Bus primajasa memang armada yang nyaman dan harga pas dikantong sehingga liburan ketempat wisata alam jadi ada pengalaman tersendiri

  28. April tahun lalu rencananya pengen ke Bromo, sekalian honeymoon, apa daya dihantam pandemi. Setelah nyaris setahun berlalu, belum berani travelling ke luar provinsi, ngider aja main deket-deket rumah wkwkw

  29. Duh lima destinasi ini cuma jadi wishlist aja. Belum ketemu waktu yang tepat buat ke situ. Semoga pandemi lekas usai jadi gw bs liburan ke 5 tempat impian gw ini.

    1. Saya blm pernah ke Goa Gong sm Goa Jomblang. Pengen deh nanti ke sana. Lebih penasaran sama Goa Gong sih, mungkin nanti ke sana sklian silaturahmi sm keluarga di jawa timur.

  30. Harusnya 2020 kemarin aku udah mampir tuh ke Kawah Ijen. Wishlist banget soalnya dari lama. Btw kalo ke Kawah Putih lumayan deket dari rumahku tinggal naik elf aja dari terminal Leuwi Panjang ke Ciwidey hahaha.

  31. Wah aku masih penasaran nih dg Kawah Putih dan Blue Fire Ijennya. Aih semoga bisa segera tuntaskan rasa penasaran ini..

  32. Beberapa aku udah pernah kesana, catet dulu ah buat jadi tujuan wisata selanjutnya, bagus semua sih wisatanya

  33. Sampai sekarang aku belum pernah wisata ke gua.
    Waktu kecil dulu, rasanya pernah, pas ke Palembang.
    Aku sejujurnya, takut berwisata ke tempat yang gelap dan tertutup.
    Hiiks~
    Padahal salah satu bentuk menikmati keindahan alam yaa..

  34. Aku penasaran sama kawah putih dan gua gong. Karena sudah banyak banget dengar kisahnya, jadi pengen kesana langsung. Semoga bisa segera kesana

    1. Sama kak Ruli, aku pun pengen ke kawah putih. Dahulu kuliah di Bandung belum sempat-sempat ke sana. Padahal dahulunya lagi hits banget yah.

  35. Whoaaa, destinasi yg super duper menariiik ya Kak.
    Aku pernah ke Goa Gong jaman masih SD dulu.
    soale eyangku asli Pacitan.
    Asik dah lihat stalaktit stalagmit di sana

  36. Alhamdulillah sudah ke Goa Gong, saat kecil dan muda. Kebetulan ada keluarga di kota tersebut dan melewati saat perjalanan. Jadi kangen ke sana, nih.
    Btw, saat baca Kawah Putih sempat bingun apa ada di Jateng-Jatim.
    Ya ampun… kalau menyebut Jawa, pikiran saya yang non Sunda. Hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.