Apa Pelajaran dari Profesional IT Termuda Sedunia yg Berumur 8 Tahun?

https://www.unggulcenter.org/apa-pelajaran-dari-profesional-it-termuda-sedunia-yg-berumur-8-tahun/

Profesional IT Termuda
Seperti diberitakan baru-baru ini, misalnya dari situs readwriteweb, Marco Calasan, Seorang bocah berusia delapan tahun asal Skopje, Negeri Macedonia, tetangga Yunani (Greece) telah menjadi profesional IT termuda sepanjang sejarah setelah melewati ujian untuk mendapatkan sertifikasi Microsoft Certified System Administrator (MCSA).


Mengenai latarbelakang marco, seperti dilansir situs berita inggris, telegraph pada Sabtu (17/01/09), Ibundanya, Ny Radica (37) mengatakan bahwa Marco kecil telah menunjukan “bakat belajar yang luar biasa sejak kecil” dan ia bersama suaminya yang menjalankan sekolah komputer sering meminta bantuan Marco saat mereka mengalami masalah teknis. “Ia jelas sangat berbakat, namun anak-anak yang berusia di atas enam tahun sudah dapat mempelajari komputer lebih cepat dari asumsi sebagian besar orang,” katanya.

Statement Marco

Diluar konteks pihak-pihak lain yang memberitakan ini, Sudut pandang dalam ulasan UC adalah pernyataan menarik Marco saat diwawancarai, yaitu “ingin menjadi ilmuwan komputer saat saya besar nanti dan membuat sebuah sistem operasi baru,” katanya. Ya benar, seorang MCSA Certified, artinya profesional TI (seperti judul berita ini) memang secara sederhana dipahami kalau ia hampir pasti paham benar, mengetahui seluk beluk sistem operasi yg dikuasainya, dalam hal ini microsoft-based. Dari beberapa kabar lain, ternyata Marco sudah mengenal sistem operasi lain, yaitu dari keluarga *nix (Unix dan sejenisnya) Ini yg mendasari pernyataan dia untuk membuat sistem operasi lain. Ya, untuk apa Microsoft, kalau bukan cuma buat cari kerja, berdasi dan keren hehe..
Marco dan Microsoft
Dari mana Marco memperoleh MCSA sehingga layak disebut “profesional TI” termuda? Ia memang gemar pelajaran matematika di sekolah, sudah belajar membaca dan menulis pada usia dua tahun, di mana ia pertama kali mulai menunjukan minatnya pada komputer. Dan sepertinya, Microsoft yang memang relatif mudah dan banyak bugs dalam setiap rilisnya tersebut, tentu bukan hal yang mustahil apalagi sulit, bagi bocah sejenius Marco.Setelah exam selesai pun, pihak Microsoft memberikan games XBOX 360 made in Microsoft yg populer buat marco. Namun setelah beberapa saat, Marco kurang suka. Tidak puas disana saja, Perusahaan milik Bill Gates ini mencoba membujuk Marco dengan menyediakan Laboratorium IT khusus buat bocah jenius ini, bekerjasama dengan pemerintah setempat. Yach namun apa daya, celotehan Marco yg ingin mengembangkan sendiri sistem operasi bisa membuat Microsoft pusing di masa depan. Entah apalagi yg diperbuat Kakek Microsoft dalam membujuk Marco. “Mainan” yg lebih banyak? sepertinya open source sudah menjadi tempat tersendiri di hari marco. Tentu, setelah dia lulus MCSA dan mungkin kita menebak dalam hatinya “yah, segini doank”.. “kok saya ngga dikasihtau sih jeroannya. Gak Asik ah maennya, mana suka hang” hehe..

Pemegang MCSA (Microsoft Certified System Administrator) berusia delapan tahun–rekor termuda sepanjang sejarah– ini sudah kebal dengan bujuk rayu Microsoft. XBOX 360 yang dianggap bisa menjadi permen manis untuk anak kecil cuma dimainkan beberapa menit. Kemudian Lab Komputer komplit sebagai fasilitas riset, malah akan digunakan untuk ngoprek sistem operasi baru! bener-bener, Microsoft kali ini dicuekin oleh seorang bocah lugu nan jenius. Yah, kita hanya berharap nanti Marco mendevelop OS yang berguna bagi banyak orang, paling tidak, mewakili semangat Free dan Open Source, yg saat ini diperlihatkan Marco Calasan, bocah biasa dengan intelektual luar biasa dari macedonia.
Profesionalisme?
Namun perlu diingat, dari judul ini jelas, yang dilabelkan ke Marco adalah “profesional” artinya sebagai seorang profesional, Anda dituntut sebuah selembar kertas menunjukkan Anda certified. Bukan Ijazah. Tidak perduli dia masih bocah dan belum lulus “SD”, kalau menyebut kata profesional , ya sertifikasi. IT Professional? ya IT Certified. Ijazah pendidikan formal? S1? Ke laut aja..Ini menjadi pelajaran kedua bagi kita untuk profesional di bidang IT. Pelajaran pertama, tentunya, yg sudah UC paparkan panjang lebar dimuka. Ibaratnya Marco berbahasa Indonesia dan berasal dari daerah Jawa Timur, pasti dia akan ngomong “setelah menimbang, mempelajari, dan mempraktekken.. MCSA itu ternyata ndak seru, ndak asek.. mending LPIC ” hehe.. *kabuur

president@unggulcenter.co.cc #edisi berita serius dan fakta yang dibalut dengan canda#

 

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.