Pilih Mana Membeli Rumah Baru atau Bekas?

https://www.unggulcenter.org/membeli-rumah-baru-atau-bekas/

Rumah saat ini menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, karena selain berfungsi sebagai tempat berlindung, rumah juga bisa dijadikan tempat untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis.

membeli rumah baru

UC mencatat nih, berdasarkan data dari Bank Indonesia, minat untuk membeli rumah di Indonesia menujukan tren yang positif, berdasarkan data BI pada kuartal I tahun 2018 penjualan residensial meningkat sekitar 6,85 jika dibandingkan kuartal sebelumnya.

Data tersebut juga diperkuat info dari Managing Director Lamudi Indonesia, katanya, minat untuk mencari informasi tentang rumah dijual saat ini terus bertambah, Hal tersebut ditandai dengan semakin banyaknya jumlah pengunjung yang mengakses portal properti Lamudi. Contohnya seperti tahun 2017 ada kenaikan jumlah pengunjung sebesar 40 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016 dengan mayoritas pencari rumah dijual

Dari pengunjung Lamudi Mart mengatakan, mayoritas pencari rumah atau sekitar 51 persen lebih memilih untuk membeli  rumah baru, sisanya atau sekitar 49 persen lebih memilih untuk membeli rumah bekas.

Namun tentunya, membeli sebuah rumah tentu tidak semudah yang dibayangkan ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, salah satunya adalah dilema untuk memilih membeli rumah bekas atau rumah baru.

Nah, bagi Anda yang saat ini bingung untuk memilih untuk membeli rumah baru atau bekas, berikut ini UC infokan nih keunggulan dan kekurangan membeli rumah baru dan bekas.

Keunggulan Membeli Rumah Baru                                               

Jika Anda membeli rumah baru, salah satu keunggulan yang akan didapatkan adalah bisa mendapatkan desain arsitektur yang lebih terkini, selain itu dengan membeli rumah baru Anda juga tidak perlu merenovasi rumah dan biasanya pengembang akan memberikan jaminan perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Hal lain yang akan Anda terima dari membeli rumah baru adalah mendapatkan promo menarik dari pengembang, bisa dalam potongan cicilan DP ataupun hadiah langsung berupa peralatan rumah tangga.

Kekurangan Membeli Rumah Baru

Tentu ada kekurangannya jika Anda membeli rumah baru, yaitu harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah bekas dengan tipe yang sama dan berada di sekitar lokasi rumah baru.

Selain itu, biasanya perumahan baru dibangun di kawasan berkembang yang jauh dari pusat kota dan karena perumahan baru rata-rata suasana rumah masih sepi, serta banyak kasus ditemukan rumah yang dibangun oleh pengembang dalam bentuk indentatau belum siap dihuni.

Keuntungan Beli Rumah Bekas

Jika Anda membeli rumah bekas ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan yakni harga rumah dijual masih bisa dinego dengan pemiliknya langsung, sehingga kesempatan untuk mendapatkan rumah yang lebih murah bisa terjadi. Tidak hanya itu, biasanya jika kita membeli rumah bekas, rumah tersebut bisa langsung dihuni dengan catatan jika tidak ada kerusakan yang parah.

Lokasi di sekitar rumah bekas biasanya sudah ramai dan fasilitas sudah tersedia seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan transportasi umum sehingga dapat memudahkan segala aktivitas.

Kekurangan Rumah Bekas

Membeli rumah bekas tentunya juga memiliki kekurangan, salah satunya seperti Anda harus teliti melihat kondisi bangunan, karena banyak terjadi rumah dijual dengan kondisi yang mengkhawatirkan, selain itu Anda juga harus teliti untuk melihat legalitas pemilik rumah, pastikan orang yang menjual tersebut memiliki berkas legalitas yang sah.

Gaya arsitektur rumah bekas biasanya juga kurang up to date sehingga bisa saja Anda harus merombak ulang bangunan dan membangun kembali rumah dengan arsitektur. Boleh banget tuh.

Jadi itu ya kelebihan dan kekurangan membeli rumah baru atau rumah bekas yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

 

 

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.