Hoax Big Data Cyber Security (BDCS) Kominfo di Fitnah, Apa yang Akan Terjadi?

https://www.unggulcenter.org/hoax-big-data-cyber-security-bdcs-kominfo-di-fitnah-apa-yang-akan-terjadi/

Berita bahwa ada tim BDCS dari Wantanas RI yang memonitor kegiatan online kita semua sudah memviral. Itu membuat ketar-ketir banyak pihak sebenarnya. Beredar sejak tahun 2015 lalu, informasi sesat ini menjadi viral dan buah bibir, membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) segera klarifikasi. Klarifikasi dengan mengeluarkan Siaran Pers  NO.84/PIH/KOMINFO/10/2015 pada bulan oktober 2015 yang lalu.

Bad news travel fast. Berita siaran pers ini tenggelam dalam aktivitas Share, Klik dan Sebarkan yang dilakukan orang-orang Indonesia yang Pemalas. Namun demikian, tak sedikit netizen yang meng-counter dengan mempost status berita tersebut membalas siapapun di GRUP-GRUP Whatsapp yang mempost informasi sesat ini.

Namun, tahun 2016 ini ceritanya menjadi berbeda. Ketika salah satu orang pemalas ini mempost berita HOAX itu kembali, dengan, mungkin, mencoba berpikir positif, memberikan Informasi bahwa itu Hoax dengan menambahkan tautan rilis Siaran Pers Kominfo di bawahnya.

Sayangnya, mungkin yang bersangkutan lupa untuk menulis “berita ini hoax, ini penjelasan kominfo” sebelum menautkan URL. Mudah-mudahan begitu. Nah pesan berantai ini kembali berselancar di dunia maya, dengan tambahan URL Siaran Pers Kominfo di bawahnya.

Sayangnya, mereka yang membagi TAK PERNAH mengklik info URL tersebut yang isinya bertolak belakang dengan kalimat diatasnya. Jadi, seakan, url yang ada adalah SUMBER BERITA. Sesat sekali.

Pemalas satu bertambah banyak selain share, ada pula yang dengan YAKINNYA membuat GAMBAR yang tentu TIDAK BISA DIKLIK lagi. Ter-attach URL Siaran Pers Kominfo di bawah, dengan BERITA SESAT HOAX diatasnya.

Yang jadi masalah, si pembuat “poster” ini juga membuat seakan-akan berbentuk Berita dari FACEBOOK Page dengan Logo KOMINFO dan url Kominfo yang persis akan mengarahkan orang percaya, berita hoax tersebut adalah RILISAN dari KOMINFO!

Hoax dan Fitnah?
Hoax dan Fitnah?

Ini, fitnah. Bukan lagi soal Hoax. Ini, kalau Kominfo yang masih belum tuntas ke akar membahas soal UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) dengan revisi yang belum memuaskan, malah kena “tulah”. Dia, difitnah.

Saya geram dengan orang-orang yang melakukan hal seperti itu. Namun saya tak mau berandai-andai, apakah Kominfo akan MENGEJAR si pembuat hoax dan memfitnah ini. Pencemaran nama baik Kominfo haahaahaa.. Kita lihat saja nanti.

Yang pasti, ada ORANG yang membuat seakan-akan ini rilis dari Kominfo. Apa yang akan kominfo lakukan, kita tunggu saja. Pelajarannya, bukan soal kemerdekaan berekspresi.. bukan soal pemberangusan itu, tapi bagaimana mungkin, seseorang membuat informasi menyesatkan yang akan membuat banyak orang tersesat.

Dengan gambar, kita tidak bisa KLIK tautan url tersebut. Kita tidak bisa memverifikasi kecuali mencari di google, atau menulis satu persatu per huruf di browser untuk mengetahui isi sebenarnya.

jika ditelusuri, Siaran Pers Kominfo ini bisa kamu klik dan BACA. Iqro!
jika ditelusuri, Siaran Pers Kominfo ini bisa kamu klik dan BACA. Iqro!

Diperlukan kedewasaan setiap pengguna, dan sekali lagi, karena hingga hari ini beredar sudah dalam bentuk gambar, di beragam grup sosial media, menunjukkan, orang Indonesia lebih banyak PEMALAS daripada PENCARI-TAHU. Tidak sadar, itu kegiatan yang selain “berdosa” juga ada konsekuensi hukum.

Yuk cerdas, dan saya menunggu juga info lanjutan, apa yang akan dilakukan Kominfo?

Ini tautan yang dipakai digambar diatas :

https://kominfo.go.id/content/detail/6288/siaran-pers-no84pihkominfo102015-tentang-penjelasan-kementerian-kominfo-terkait-sistem-big-data-cyber-security-dan-cybercrime-police/0/siaran_pers

 

IQRO! BACALAH!

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.