Wisata di Palembang yang Bisa Dilakukan Dalam Satu Hari!

https://www.unggulcenter.org/wisata-di-palembang-dalam-satu-hari/

Wisata di Palembang memang bukan sekedar mengetahui inilah  ibukota Sumatera Selatan yang merupakan bekas ibukota kerajaan paling megah di Asia Tenggara, Sriwijaya maupun Kesultanan Palembang yang terkenal.

foto : julianadewi.com

Atau, inilah pertama kali LRT (Light Rail Transport) dioperasikan di Indonesia. Pun Kota ini menyimpan banyak potensi wisata budaya sejarah maupun kuliner yang akan membuat kamu rindu kembali ke tempat ini.

Namun, ada kalanya, pembaca UC ke Palembang tidak secara khusus berwisata, namun tujuan bisnis misalnya. Atau dinas dan sejenisnya. Bisa jadi, mengunjungi kolega. Waktunya, tentu tak banyak.

Mungkin pula, dengan tujuan hendak mengeksplorasi beragam tempat wisata di Sumatra Selatan seperti Gunung Dempo, Sungai-sungai dan tempat-tempat lain di kabupaten yang ada. Jadi, di Kota nya sendiri hanya paling tidak sebagai pintu masuk dan pintu keluar dari tempat yang terkenal dengan Jembatan Amperanya.

Anggaplah, dalam tiga hari, dua hari kegiatan “serius” dan ada kesempatan satu hari untuk berjalan-jalan di kota ini dan melakukan wisata di kota palembang. Lalu, bisa ngapain aja di Palembang? Ini rekomendasi UC berdasarkan alternatif waktu ya.

Berdasarkan waktu tiba, anggaplah, malam, kamu bisa melakukan beberapa hal, kemudian esok harinya satu harian, melakukan hal lain secara optimal.

Ini rekomendasi UC soal urutan-urutannya. Maklum, saya besar di Palembang sana jadi kurang lebih rekomendasi ini memang sepengalaman saya ya gais.

Wisata Malam

Malam ketika tiba, kamu bisa langsung Wisata Kuliner. Jika pembaca sudah kelaparan duluan dari BANDARA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II, langsung saja gercep naik jemputan atau taksi atau grab makan di Kedai PEMPEK CANDY  yang di dekat bandara. Tempatnya cozy banget. Dulu sih lum ada ya gais.

Kalau khawatir urusan perut kena pedas, belum makan “nasi”, bisa menuju ke MARTABAK HAR. Lokasi favorit, adanya di Simpang SEKIP, buka kurang lebih hingga jam 10 sampai 11 malam. Kadang ada beberapa outlet yang buka hingga Jam 12 malam.

wisata di palembang

Kalau tujuan kamu ke arah JEMBATAN AMPERA, wah dalam malam saja, sudah bisa mendapakan beberapa spot wisata loh. Pertama, tentu saja, kerlip kemilau Jembatan Ampera di Malam Hari.

Sebelum ke area pinggir sungai musi yang ramai dan bisa berfoto dengan pemandangan latar jembatan Ampera, kamu juga bisa mencicip ROTI KOMPLIT kaki lima di depan ruko-ruko jalan jenderal Sudirman. Itu jalan raya persis sebelum Air Mancur di depan Jembatan Ampera.

Roti ini khas dari Bangka, dan hanya ada di Palembang. Roti tawar aneka selai. Cukuplah dibungkus untuk bekal sambil menikmati semilir angin di depan BENTENG KUTO BESAK, persis ditepian SUNGAI MUSI dan Jembatan Ampera.

Disini, bisa makan MI TEK TEK dan berfoto di depan TUGU IWAK BELIDO yaitu ikan khas dari Sumsel yang hampir punah. Malam, memang lebih bagus di seputaran Benteng dan Jembatan ini.

Agak tengah malam, bisa berburu DUREN di SEKANAK. Di sekitar Sekanak ini juga ada NASI GORENG MERAH yang dibuat sekaligus di wajan besar dan dimasak ala pedagang kaki lima.  

Jika tidak mau ke arah Sekanak yang agak jauh ke permukiman, atau mau “nongkrong” santai kekinian, maka bisa belok ke KAMBANG IWAK dengan menikmati kafe-kafe terdekat (bukan di kambang iwaknya ya tapi disekelilingnya) yang ada disana yang cocok untuk anak muda nongkrong. Setelah puas, bisa pulang ke hotel.

wisata di palembang
Kambag Iwak pagi hari, cocok untuk lari pagi.

Oke, itu alternatif malam hari sebelum kamu nyenyak tidur di Hotel ya. Nah, urusan kota Palembang dan segala wisata kuliner dan budaya sejarahnya, cari Hotel-hotel yang strategis. Mungki di sekitar kambang iwak boleh juga, agar pagi bisa lari pagi. Kalau minggu, wah, pas, banyak makanan!

Banyak sekali Hotel di Palembang yang bagus dan strategis karena Palembang sendiri kota yang city centered planned. Berpusat di tepian Musi. Ambil aja Hotel yang dekat dengan Jalan-jalan Utama Arteri, atau dekat dengan atraksi yang kamu mau datangi, Insya Allah gampang kemana saja.

Penginapan murah di Palembang juga banyak, namun biasanya alternatif harga hotel di Palembang pun tidak terlalu mahal, jadi hotel di palembang sangat mungkin kamu dapatkan dengan reasonable price dan yang penting, dekat ke mana-mana.

di aplikasi ini, bisa langsung ketik dekat ikon utama mana. Kemudian bisa urutkan apakah terdekat, harga rendah, nilai ulasan hingga rekomendasi pegi-pegi.

Aplikasi yang saya coba misalnya, Pegi-pegi ini memudahkan banget. Dengan fitur memfilter pencarian, kamu bisa temukan alternatif hotel terdekat, direkomendasikan, dan juga dengan rating terbaik sehingga bisa mudah menentukan tujuan.

Saya pilih rekomendasi pegi-pegi, dan muncul hotel-hotelnya
dan banyak promonya pula!

Selain itu, diskonnya besar. Haha. Betul, ini ada satu hotel yang sejak saya SD sampai sekarang ini menjadi “hotel legendaris” mahal dan wah banget yaitu Swarna Dwipa. Di Pegi-pegi, saya coba, diskonnya besar loh di bulan ramadan ini hehe. Jadi pengen mudik, tapi nyoba nginep hotel satu hari 😀

Haha ini contoh hotel idaman sejak kecil, eh dari 1.6 juta diskon menjadi 300 ribuan saja di aplikasi pegi-pegi! Mantab!

Udah dapat hotel? Nah, yuk mari kita lanjutkan.

Wisata Pagi ke Siang

Nah, setelah melepas penat, atau misalnya sudah hari ketiga dari pelatihan, bisnis dan apapaun itu, saat nya sarapan pagi di Hotel dan berangkat eksplorasi lagi satu hari.

Pada pagi hari, kamu bisa cus ke Kambang Iwak, jalan-jalan cari kesegaran. Tak jauh, kamu bisa menemukan tempat makan berikutnya target hari ini. MIE CELOR 26 ILIR. Ada beberapa cabang, utamanya di Jalan Radial. Tidak jauh dari Kambang iwak.

Apabila belum icip MARTABAK HAR bisa cari juga, karena HAR ini semacam martabak india yang cukup mengenyangkan. Kalau hari JUMAT, kamu malah bisa pesan Nasi KEBULI dan seterusnya.

Dari Makan, kamu bisa menuju MUSEUM BALAPUTRA DEWA dan MONUMEN AMPERA (MONPERA) yang satu kompleks dengan Benteng Kuto Besak (BKB). Jika pada malam hari, kamu nikmati suasana di depannya, nah hari ini cocok untuk masuk ke dalamnya.

Siang bolong di Palembang, memang panas. Lebih baik langsung jalan kaki ke MASJID AGUNG dan sholat dhuhur, bisa jamak qashar Ashar sekalian.  Menikmati masjid tertua yang didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I (pertama di awal abad 18).

foto : tribunnews

Wisata Siang ke Sore

Selesai ke wisata sejarah dan budaya, kamu bisa MAKAN PINDANG PATIN di Kota Palembang. Beberapa Alternatif, misalnya Pindang Pegagan, Pindang Musi Rawas dan di daerah Kertapati ada PINDANG SOFIA yang tak begitu jauh. Cobain pindang dengan tempoyaknya makin maknyusss.

kuliner palembang
foto : infopalembang.id

Alternatif Pindang membawa kita untuk lanjut ke spot wisata berikutnya, yaitu “wisata reliji” ke AL QURAN RAKSASA di kawasan GANDUS. Tepatnya di Pesantren Al Ihsaniyah. Al Quran Al-Akbar ini terdapat 30 Juz yang dipahat/ukir khas Palembang dalam lembar kayu dalam 30 meter kubik kayu Tembesu.

wisata di palembang

Selesai wisata religi, sholat ashar di lokasi apabila belum, kamu bisa tuntaskan satu hari wisata di palembang dengan mampir ke PUSAT OLEH-OLEH Dan SUVENIR PALEMBANG misalnya Kaos Palembang NYENYES atau MUSIMANIA yang outletnya ada di kawasan KAMBANG IWAK maupun di Kapten A RIVAI.  

Wisata Malam Hari bisa kamu lanjutkan lagi ya kalau ada yang kelewat spot-nya dari tips wisata di malam hari pada paragraf awal rekomendasi UC ini.

Selamat ber wisata di palembang mepet dalam satu hari!

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

28 Comments

  1. ini saya udah rencanakan banget maen ke palembang min 3 hari lah… apalagi skrg udah gampang banget bisa pake via TOL dan kereta api..

  2. kalau ada yg ngomongin palembang pasti yg ada di kepala ku langsung empek-empek 🙈
    hehehe
    favorit banget deh makanan yg satu ini.
    pengen banget ngerasain empek-empek langsung di palembang. semoga nnt bisa kesana

  3. Waah…pempek ternyata tadinya pakai ikan belido..
    Aku sungguh baru tahu.
    Aku kira ya…memang pakai tengiri.
    Dan mantaapp banget kalau pempek aseli Palembang.
    Ga ada lawan kelezatannya.

  4. Selama ini mendengar keindahan Palembang dari kakak sepupu saja yang pernah tinggal di Palembang.
    Kayaknya liburan ke sana puas sekali ya, karena dari pagi hingga malam ada tempat wisata dan kulineran yang bisa dinikmati ya…

  5. Jembatan Ampera itu adalah destinasi yang harus banget didatengin kalau ke Palembang. Aku belum pernah, jadi pas baca ini jadi tambah pengen ke Palembang.

  6. Siap mas, palembang jadi salah satu wish list kota yang akan aku kunjungi, karena aku suka banget makan pempek, jadi pengen makan langsung pempek dari kota palembang langsung.. sudah aku catat tempat wisata disana untuk aku kunjungi suatu saat nanti

  7. wadaw palembang banyak banget tempat tempat jajanan gitu ya mas, dan kesana juga sebenernya sih tidak cukup sehari karena kta bsa mengexplore wisata alam serta makanan disana. ajak aku kesana dong mas biar bisa icip icip makanan khas palembang

    1. yang mana pusatnya di jakarta? Yang asli ngga ada di Jakarta loh. Yang di gadjah mada, ada HAR itu mirip juga. Namanya nulis HAR tapi aslinya bukan yang di palembang..

      Di palembang, HAR itu singkatan dari Haji Abdul Rojak itu imigran India muslim yang ke Palembang dan menetap sejak 1947an… di Jakarta martabak India hampir mirip, tapi sebenarnya bukan HAR asli.

        1. Ya ampun kirain wisata doank. Kenapa mesti ada roti komplit di siang bolong di tengah puasaaaa. Hahahaha.. Ingin ku berkata “berapaan harganya mas?”

  8. Iya ini tips juga ya kak ambil Hotel yang dekat dengan Jalan-jalan Utama Arteri, atau dekat dengan atraksi yang mau kita datangi, Insya Allah satu hari sampai juga di kota ini, Amin

  9. Asyiiik bangat sih wisata-wisata di Palembang ini, saya sih pengen jajal wisata malamnya itu, pengen lihat jembatan Ampera di malam hari plus menikmati wisata kuliner hehehe

  10. Wah, bisa juga ya berwisata di Palembang satu hari. Kalo aku, kayaknya kurang puas deh. Minimal 2 hari deh. kepengen nyobain semua kuliner Palembang soalnya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.