Mie Polo Pontianak dan Mie Apolo Pontianak Kedai Mietiaw Bertetangga

https://www.unggulcenter.org/mie-polo-pontianak-dan-mie-apolo-pontianak-kedai-mietiaw-bertetangga/

Mie Polo Pontianak.

Kedai mie ini merupakan kedai kwetiaw siram pontianak yang terkenal. Walau di Jakarta, kita kenal banyak kedai warung kwetiaw pontianak misalnya Aciap di di sekitar Mangga Besar, Mie Polo Pontianak dan beberapa kedai kwetiaw pontianak sendiri tidak menyebut dirinya Kwetiau Pontianak loh.U

UC ngga tau ya, tapi nyatanya, dua kedai mie tiau pontianak yang bertetangga persis ini juga tidak menulis kwetiaw pontianak. Tapi Mie Tiaw atau Mie Tiau (pake U pulak).

mie polo pontianak
Nih, suasana di dalamnya. Ramai banget.

Eh bentar, tau Kwetiaw kan? Itu yang jenis “ketiga” kalau kita pesan mie goreng, bihun goreng, ada satu lagi jenis mie nya yang pipih dan agak besar dimensinya, dan terbuat dari tepung sagu, bukan gandum. Ya, kwetiaw itu.

Di Pontianak, Mie Polo Pontianak dan Mie Apolo Pontianak bisa ditebak, pasti ada hubungan dekat. Kabarnya, dulu si bapaknya buka kedai Apolo namanya. Laris manis, dan beliau buka bengkel mobil pula pula.

mie polo pontianak
Mie Polo Pontianak dan Mie Apolo Pontianak. Tetanggaan!

Anaknya, ngga mau meneruskan usaha mie bapaknya. Jadinya diserahkan ke ponakan bapak tersebut. Karena laris, si anak meminta untuk kedai mie tiaw menjadi miliknya dan mau dikelola. Akibatnya, si sepupu, terpaksa membuka disebelah, namanya Polo. Biar inget.

Ternyata, keduanya tetap konsisten hingga sekarang membuka warung tersebut. Saya sendiri menyaksikan kalau Polo lebih laris ketimbang Apolo disebelahnya. Dulu, konon si Apolo sempat membuat spanduk kalau TIDAK BUKA CABANG.

Sedangkan Polo, membuat spanduk PINDAHAN DARI SEBELAH. Hahaha entah benar atau tidak, ini semacam obrolan singkat dengan sopir yang mengantar saya ke Mie Tiau Polo. Yap polo, karena lebih laris.

Beda satu lagi, Mie Apolo menyebut Mietiaw sedangkan Mie Polo menyebut Mie Tiau pakai U hihi.. Sami Mawon sebenarnya. Biar beda aja.

Lalu, menunya ada apa aja?

Kwetiaw goreng, kuah, dan siram. Juga ada sop dagingnya. Selain kwetiaw, ada juga menu seperti nasi gorang. Oya, Polo dan Apolo ini halal loh ya, sudah berpuluh tahun pula berjualan dan memiliki banyak pelanggan.

Mietiau Polo
Mietiau Polo

Harganya standard ya untuk kualitas sajian yang enak, cocok lah. Apalagi, ada minuman jeruk “kecil” yang hijau yang bisa menambah kepuasan makan di tempat ini.

UC memesan beberapa menu, icip-icip bareng teman. Jadinya komplet, kwetiau atau mi tiaw goreng, rebus dan siram, plus sop. Lebih maknyus apabila memesan telor dadar lagi untuk menambah rasa.

Malam itu, ramai banget. Untung UC dapat tempat duduk. Memesan beberapa menu tersebut dan menikmatinya di tempat. Langsung.

Di Mie Polo Pontianak, pengunjung banyak juga yang antri berdiri dan memesan untuk dibawa pulang. Kalau di Mi Apolo tidak segitunya ya hehe.. entah kenapa.

Ini beberapa tampilannya, dan memang, gurih dan enak banget.

kwetiaw siram
Kwetiaw Siram yang khas pontianak — disini disebut Mie tiaw atau mie tiau

Mau yang goreng pun enak, Tambahkan juga dadar ya!

kwetiaw goreng
Kwetiaw goreng pontianak ala Polo

Rasa sopnya enak, namun saya harusnya memesan tanpa jeroan karena lengkap banget sapi yang ada didalamnya dari daging hingga “handuk” alias babat. Hehe.

Lihat postingan ini di Instagram

Di Jakarta orang kenal Kwetiaw Siram Sapi Pontianak. Di Pontianak sendiri, paling tidak di kedai mie yang terkenal ini, namanya Mie Tiaw. Ada dua yang terkenal, mie tiaw polo dan mie tiaw apolo. Dan, keduanya bersebelahan! Karena mewarisi dari sumber yang sama. Kabarnya, yang apolo adalah si anak, dan polo adalah si ponakan (sepupu pemilik Apolo). Yuk sudah pasti mie siram ini maknyusss. Jangan lupa icip juga menu lainnya seperti mie tiaw goreng, rebus, dan juga aop dagingnya. #kulinerindonesia #pontianak #mietiaw #kwetiaw #kwetiauw #chinesefood #chinesefoodhalal #serbamie #noodlelovers #cintamie #jalanjajan #halanhalan #bloggerkuliner #travelblogger #wisatarasa

Sebuah kiriman dibagikan oleh @unggulcenter (@unggulcenter) pada

Selain menu mie, ada pula nasi goreng, bakso dan juga minuman-minuman, dan salah satunya, jeruk pontianak.

Beralamat di jalan Pattimura, sentra kota yang paling ramai dari keluarga hingga anak nongrong di Kota Pontianak, makin malam, memang makin asyik! Yuk maree makan Mie Polo Pontianak, Mietiau Polo!

Es jeruk kecil pontianak dan mie tiau siram.. maknyusss!
mietiaw polo
Mietiaw Polo siram, sop daging, semua yang harus dicoba kalau ke Pontianak, jangan lupa dengan es jeruknya!

Oya kalau penasaran soal Pontianak mirip namanya sama Kuntilanak, UC pernah tulis ya DISINI.

About the Author: unggulcenter

Pengelola UC - Review Pengalaman Produk dan Perjalanan

You might like

11 Comments

  1. Itu beneran sebelahan persis gitu? Seru ya. Kalau saya makan di situ pasti nebaknya itu memang satu warung, ngga bakal ngira ada cerita ‘perseteruan’ sebelumnya.
    Anyway, saya suka banget kwetiaw siram.

  2. duhhh! yang ke Pontianak ngga ngasi tahu… tahu tahu udah sampai ke Polo ama apolo aja. Ntar kapan kapan aku ajakin ke kwetiaw yang lebih mantep lagi rasanya 🙂

  3. Belum pernah makan mie polo pontianak tapi lihat fotonya saja sudah menggugah selera, wajib coba nih apalagi nggak harus jauh ke Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.